Nutrisi Kol Merah Lebih Tinggi Dibanding Kol Hijau

Nutrisi Kol Merah Lebih Tinggi Dibanding Kol Hijau Nutrisi Kol Merah Lebih Tinggi Dibanding Kol Hijau

Nutrisi Kol Merah Lebih Tinggi Dibanding Kol Hijau - Seperti halnya bayam, kol juga ada yang berwarna hijau dan merah. Banyak digunakan untuk adonan salad, lalapan, ataupun tumisan. Tak cuma warnanya saja yang berbeda, ternyata kandungan nutrisinyapun tak sama.

Tiap harinya, insan disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayuran sekitar 5 porsi. Pasalnya, buah dan sayuran mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi dan bisa mencukupi kebutuhan badan akan vitamin dan mineral. Dari mulai serat, vitamin A, C, juga antioksidan dan nutrisi lainnya dalam buah dan sayur sangat menunjang kesehatan tubuh.

Termasuk kol, yang tersedia dengan warna merah dan juga hijau. Jika dibandingkan, per 80 gram, kol hijau mengandung 1,8 gram serat, sementara kol merah mengandung 1,5 gram serat. Serat sangat penting untuk menunjang kesehatan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Kandungan potassium di dalam kol juga tidak mengecewakan tinggi. Dalam 80 gram kol merah mengandung 170 mg potassium, lebih tinggi dibandingkan dengan kol hijau dalam jumlah sama yang mempunyai 119 mg potassium. Potassium sangat diperlukan untuk menjaga detak jantung dan juga baik untuk kerja otot serta tulang.

Sementara itu, kol juga diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Seperti dilansir dari Live Strong, 80 gram kol merah mengandung 39.9 mg, sementara kol hijau hanya mempunyai 25.6 mg. Nutrisi ini sangat diperlukan untuk mengatasi infeksi, serta menunjang kesehatan tulang, kulit, gigi, juga sel-sel darah.