Amankah makan buah saat perut kosong?

Amankah makan buah saat perut kosong? - Menjaga nutrisi dalam tubuh merupakan kebutuhan penting bagi seseorang yang mengidamkan hidup sehat. Salah satu cara agar kebutuhan nutrisi terus terpenuhi adalah dengan mengkonsumsi buah.

Buah merupakan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, terkadang makan buah juga dapat menimbulkan masalah tertentu, seperti meningkatnya asam lambung karena buah tertentu yang terlalu asam sementara perut dalam keadaan kosong, sehingga dapat menyebabkan sakit perut atau kadang terserang diare.
Gambar Makan Buah
Dikutip dari Boldsky, efek meningkatnya asam lambung atau diare setelah makan buah bukan karena anda memakan buah yang tidak tepat, namun mengenai waktu memakannya yang kurang tepat.

Setiap buah mengandung nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh, pertanyaan yang muncul adalah sudahkah anda makan buah pada waktu yang tepat?

Seperti mengenai kasus perut kosong yang diisi dengan buah akan menyebabkan meningkatnya asam lambung ternyata tidak sepenuhnya benar. Justru terkadang saat perut telah terisi, beberapa buah yang masuk dalam tubuh menyusul makanan yang telah anda makan membuat seseorang terserang maag dan menimbulkan masalah gas dalam tubuh.

Pagi hari menjadi waktu yang dianggap paling baik oleh pakar kesehatan untuk mengkonsumsi buah. Cobalah saat anda bangun dari tidur, minum segelas air, berikan jeda sekitar 10 sampai 15 menit lalu makan buah pilihan anda. Tentunya dalam keadaan perut kosong dari makanan lain, maka tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam buah.

Namun, jika anda berkeinginan makan buah setelah makan besar, sebaiknya bersabarlah beberapa menit untuk memberi jeda tubuh agar makanan yang sebelumnya masuk dalam tubuh dapat terserap oleh tubuh, baru sekitar 30 menit kemudian makan buah yang anda inginkan.

Studi mengklaim, ketika seseorang suka makan buah saat perut kosong dapat membuang racun di sistem pencernaannya. Anda juga lebih mudah terbebas dari gangguan pencernaan. Para ahli menyarankan agar anda makan buah di waktu pagi hari. Jangan konsumsi sumber karbohidrat lebih dulu jika ingin kenyang tahan lama.

Makan buah saat perut kosong juga cepat diserap oleh tubuh. Anda pun menjadi lebih sehat dan bebas dari ancaman radikal bebas. Semua buah-buahan yang dikonsumsi yakni mengandung tinggi antioksidan.

Selain juga, buah kaya serat, vitamin dan mineral penting. Maka itu, biasakan untuk mengonsumsi buah segar di pagi hari. Jika Anda bosan makan buah potong, bisa konsumsi jus buah yang berampas. Dengan makan buah, Anda mendapatkan nutrisi serat alami yang tidak dapat diganti dengan makanan lain.

Dapat diambil kesimpulan bahwa makan buah saat perut kosong sangat dianjurkan terutama di pagi hari, namun sebisa mungkin menghindari buah yang terlalu asam apabila anda seorang penderita maag, agar asam lambung tidak naik dan anda dapat selalu beraktifitas sepanjang hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai memakan buah saat perut kosong yang diambil dari berbagai sumber, semoga penjelasan tersebut bisa memberikan manfaat bagi pembacanya. Salam sehat untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

1 komentar untuk Amankah makan buah saat perut kosong?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar