Inilah kreasi Nasi Goreng paling populer

Food Daily - Bagi warga Indonesia, siapa yang tak mengenal nasi goreng? Dari tempat makan yang berada didalam Mall ataupun warung tenda dipinggir jalanan pun menyediakan masakan satu ini. Karena cara memasaknya yang tidak susah, nasi goreng menjadi masakan favorite anak kos setelah mie instan.  Selain itu, nasi goreng juga menjadi makanan khas Indonesia yang telah diakui dunia. Bahkan sejak zaman kolonial Belanda jenis menu ini sampai menjadi salah satu makanan yang populer.

Nasi goreng dapat di nikmati kapan saja, bahkan ketika sarapan maupun makan malam, akan terasa nikmat jika dibuat sedikit pedas saat cuaca sedang dingin dan hujan. Perlu diketahui bahwa nasi goreng ternyata memiliki berbagai macam kreasi yang tersebar dari sabang sampai Merauke. Apa sajakah kreasi itu? Berikut adalah kreasi nasi goreng popular Indonesia :
Nasi Goreng Kampung
Ini adalah jenis paling awal nasi goreng yang boleh jadi dikenal hampir di seluruh pelosok Nusantara. Dengan bumbu dasar cabai, bawang putih, bawang merah, dan sedikit terasi menjadikan masakan ini sangat nikmat disantap menggunakan lauk kerupuk, bahkan setiap orang bebas memasukkan bahan makanan lain sebagai pelengkap. Mulai dari telur, bakso, sosis, acar mentimun, wortel dan sebagainya.

Nasi Goreng Cabai Hijau
Mirip dengan nasi goreng kampung, sesuai dengan namanya, nasi goreng ini dominan menggunakan cabai hijau. Maka tak heran nasi putih yang menjadi bahan dasar akan ikut berubah warna menjadi kehijauan. Tapi tentu saja bagi sebagian orang yang sensitif dan kurang cocok dengan aroma cabai hijau yang agak langu harus membatasi jumlah cabai hijau yang dipergunakan.

Nasi Goreng Ikan Asin
Nasi goreng ini memadukan campuran pilihan ikan asin sebagai bahan dasarnya. Jika ingin yang lembut bisa digunakan ikan asin teri Medan yang sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya, bisa juga suwiran ikan jambal, atau ikan asin lainnya. Namun karena sudah menggunakan campuran ikan asin, penggunaan garam dalam proses pembuatannya harus dipertimbangkan sesuai dengan selera masing-masing.

Nasi Goreng Kambing
Jenis nasi goreng ini tampaknya sedikit terpengaruh dan memiliki kesamaan dengan kuliner dari Timur Tengah seperti nasi Kebuli maupun nasi Mandhi. Namun tentunya proses pengolahannya lebih sederhana dan bumbu yang digunakan lebih ringan dibanding masakan Timur Tengah yang sangat identik dengan bumbu rempahnya yang kuat.

Nasi Goreng Sea Food
Jika nasi goreng kambing ada pengaruh Timur Tengah, nasi goreng sea food sepertinya terpengaruh oleh kuliner China dan khas pesisiran Indonesia. Campuran yang terdapat dalam nasi goreng ini biasanya adalah berupa udang, cumi-cumi, atau apapun hasil laut lainnya. Dalam pengaplikasiannya, bumbu bawang putih digunakan lebih banyak dibandingkan pada jenis nasi goreng lainnya.

Nasi Goreng Jawa
Nasi Goreng Jawa biasanya menggunakan sambal ulek khas Jawa dengan cita rasa yang pedas. Di Semarang terdapat turunan nasi goreng Jawa dengan warna kecoklatan dan menggunakan daging babat sapi. Nasi goreng Jawa biasanya dipadukan dengan aneka sayuran, suwiran ayam kampong, dan telur, baik di dadar, di ceplok, atau diiris tipis.

Nasi Goreng Kunyit
Ada yang bilang nasi goreng kunyit ini lebih condong ke kuliner khas Sunda. Selain penggunakan kunyit atau kunir yang memiliki peran mengubah warna nasi menjadi kuning cantik, juga sebagai penambah cita rasa. Selain itu, penggunaan cabai dalam jumlah yang cukup banyak juga jadi ciri khas kuliner ini.

Nasi Goreng Mawut
Nasi goreng ini bisa kita jumpai di warung nasi dan mi goreng Jawa. Nasi goreng ini bakal sangat dihindari oleh mereka yang sedang memantang banyak karbohidrat. Pasalnya bahan utama masakan ini tak hanya nasi, namun terdapat campuran antara nasi, mie kuning, kol, sawi, suwiran daging ayam, dan berbagai bumbu lain.

Nasi Goreng Gila
Nasi Goreng ini terdiri dari nasi putih yang sudah digoreng, lalu dicampur dengan osengan bumbu berisi bakso, sosis, daging asap, telur dan sayuran seperti kol, sawi dan tauge. Dilengkapi dengan acar dan kerupuk atau emping, jenis nasi goreng ini pasti akan sangat mudah ditemukan disekitar kos-kosan.

Itulah beberapa kreasi nasi goreng populer menurut Food Daily yang diambil dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk banyak orang yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Inilah kreasi Nasi Goreng paling populer.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar