Bagaimana Makanan Yang Dikatakan Baik?

Food Daily - Makanan yang baik adalah makanan yang sehat di cerna oleh tubuh kita, bukan hanya enak di makan saja tetapi kandungan gizi dan kebersihannya harus di perhatikan sehingga ketika makanan masuk ke tubuh kita tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk. Pola makan yang sehat ternyata sulit sekali di terapkan di sebagian masyarakat, kondisi ini di perparah dengan banyaknya makanan cepat saji. Makanan cepat saji sebenarnya kurang baik untuk kesehatan, tapi kebanyakan orang memilih sesuatu yang cepat karena lebih efektif. Padahal tubuh kita memerlukan makanan yang sehat agar daya tahan tubuh kita kuat. Berikut cara memilih makanan sehat yang baik untuk tubuh kita.
Kenali apa yang perlu dan tidak perlu dalam tubuh anda
Tubuh mempunyai caranya sendiri untuk menentukan nutrisi apa dan seberapa banyak nutrisi yang ia butuhkan. Begitu pula dengan tubuh Anda. Tidak semua makanan, nutrisi, dan pola diet cocok untuk Anda. Oleh karena itu sebelum menentukan makanan, jenis nutrisi, dan pola diet ada baiknya Anda mengenali tubuh Anda terlebih dahulu.

Sayur-sayuran
Anda tak boleh malas untuk mengonsumsi sayur-sayuran karena tubuh sangat memerlukannya. Sayur-sayuran banyak mengandung gizi dan segala jenis zat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut ada yang tidak dapat kita peroleh dari hewan, jadi kita sangat perlu untuk mengkonsumsi sayur-sayuran.

Roti Gandum
Roti gandum adalah salah satu makananan yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh dan bisa sebagai pengganti nasi. Semakin putih warna roti gandum yang anda makan maka semakin tinggi manfaat untuk kesehatannya.

Bahan makanan yang segar
Memebeli bahan-bahan makanan ke pasar atau supermarket maka pastikanlah makanan yang anda beli masih dalam kondisi segar dan enak dimakan karena jika tidak maka itu akan berpengaruh untuk badan dan kesehatan anda. Jika anda memilih bahan makanan yang tidak segar maka bisa jadi bakteri pada bahan makanan yang anda beli itu akan masuk pada tubuh anda jika anda memakannya dan rentan menimbulkan penyakit.

Porsi yang pas di piring
Sesuaikan kemapuan anda untuk menyerap makanan, jangan sampai porsi makan anda di pring sangat besar tapi perut anda tidak mampu untuk mencerna, karena berlebihan mamakan pun tak baik untuk kesehatan.

Mengelola rasa lapar
Rasa lapar yang terjadi bukan hanya karena Anda benar-benar lapar. Rasa lapar bisa saja terjadi karena perasaan emosional anda seperti sedang stress atau bosan. Anda harus pikir dua kali anda makan apa karena belum makan atau hanya sekedar stress, karena rasa lapar yang tidak di atur bisa menyebabkan tidak terkontrolnya makanan berlebihan yang masuk ke dalam tubuh hingga dapat menyebabkan obesitas.

Matang
Makanan yang matang adalah makanan yang lebih sehat, meski memang beberapa dari Anda mungkin adalah penggemar dari makanan jepang seperti sushi yang banyak olahannya  mentah atau setengah matang. Makanan mentah memang terjaga dengan baik kandungan gizinya, namun tetap saja makanan mentah itu rentan terhadap kuman. Banyak orang yang akhirnya mengalami gangguan kesehatan seperti diare dikarenakan virus atau bakteri dari makanan tersebut. Ada juga kasus keracunan makanan karena olahan mentah. Bahkan kuman pada makanan setengah matang pun berpotensi belum seluruhnya mati, jadi Anda perlu lebih waspada.

Penggunaan minyak goreng
Anda harus berhati-hati dengan makanan yang di masak menggunakan minyak goreng bersuhu tinggi karena mampu merusak gizi alami makanan. Anda tak boleh menggunakan minyak yang sudah di pakai berkali-kali hingga warnanya menghitam karena hal tersebut memicu kanker sebab terdapat lemak trans yang meningkat pada minyak jelantah, apalagi jika di konsumsi dalam waktu jangka panjang.

Tidak terlalu pedas
Walaupun cabe merupakan salah satu sumber vitamin C tapi jika di konsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan malah akan menimbulkan penyakit. Walaupun rasa pedas bisa anda tahan tapi saluran pencernaan anda tidak akan kuat hingga akhirnya menimbulkan iritasi.

Itulah beberapa ciri makanan yang dapat dikatakan baik menurut Food Daily yang diambil dari berbagai sumber. Apakah makanan yang anda konsumsi selama ini sudah dapat dikatakan baik? Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Bagaimana Makanan Yang Dikatakan Baik?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar