Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah Makan

Food Daily - Makan adalah kebutuhan pokok manusia. Setiap hari kita makan agar mendapatkan energi dan bisa beraktivitas. Bukan hanya bisa mendapatkan energi saja tapi makan juga diperlukan untuk memperoleh pertumbuhan dan mengganti sel yang rusak. Banyak orang yang memperhatikan jenis makanan atau olahan apa yang sehat untuk di makan, tetapi jarang orang yang memperhatikan aktivitas apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan setelah makan. Hal ini sangat penting karena bisa saja aktivitas yang kita lakukan setelah makan justru akan membahayakan kesehatan kita dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Nah berikut beberapa ulasan kegiatan yang tidak boleh dilakukan setelah makan.
Menyikat Gigi
Anda tidak bisa langsung menyikat gigi setelah makan, alih-alih bisa mengangkat bakteri dan sisa makanan yang menempel pada gigi justru bisa merusak gigi. Anda bisa menyikat gigi lima belas atau dua puluh menit setelah makan. Ini dikarenakan bisa memberi kesempatan kepada air liur untuk membantu proses pencernaan. Jika anda setelah mkan langsung sikat gigi, maka struktur alami saliva (air liur) tersebut akan rusak dan mempengaruhi fungsinya terhadap proses pencernaan. Keburukan lain saat langsung menyikat gigi setelah makan adalah dapat melemahkan email gigi. Lebih baik berkumur dengan air putih matang setiap kali selesai makan.

Mandi
Saat mandi, suhu tubuh kita akan sedikit naik. Untuk mengatasinya, tubuh mengirim sedikit lebih banyak darah ke kulit dibanding biasanya. Hal ini bisa merusak proses pencernaan dan memperlambat metabolisme. Waktu terbaik untuk mandi adalah tiga puluh menit setelah makan. Setelah makan langsung mandi juga dapat terganggunya fungsi lambung. Hal ini dikarenakan mendadaknya perubahan suhu tubuh yang diakibatkan mandi. Jika hal ini terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kinerja dan fungsi lambung akan melemah.

Hati-hati juga karena setelah makan langsung mandi bisa menyebabkan kram pada perut. Ini terjadi karena sebagian besar volume darah akan terkonsentrasi menuju saluran pencernaan. Pernahkah anda mengamati ketika selesai makan bagian perut akan terasa lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya ? Oleh karena itu jika kita langsung mandi akan terjadi proses pendinginan suhu tubuh secara mendadak dan tubuh akan merespon perubahan suhu yang mendadak dengan terjadinya kram pada perut.

Tidur
Bahaya tidur setelah makan adalah anda akan kelebihan berat badan atau bisa terjadi obesitas. Obesitas bisa membuat badan anda melar berkali kali lipat. Ini terjadi karena setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh anda memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Ketika asupan kalori masuk ke dalam tubuh anda, dan tidak ada aktivitas lain yang anda lakukan, maka kalori tersebut tidak akan terbakar, dan malah akan menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Lemak yang menumpuk di dalam tubuh tanpa adanya proses pembakaran akan menambah berat badan andasecara drastis, dan akhirnya anda akan mengalami kegemukan. Karena penumpuka lemak itu akan muncul penyakit baru yaitu diabetes. Telah kita ketahui bahwa salah satu faktor penyakit diabetes adalah penumpukan lemak yanga ada di dalam tubuh anda. Tak hanya diabetes yang diakibatkan penumpukan lemak, resiko lainnya adalah penyumbatan bagian-bagian pembuluh darah anda dan terjadinya serangan jantung. Penumpukan lemak tersebut terjadi karena kebiasaan buruk setelah makan langsung tidur, yang membuat lemak dan kalori tidak terbakar.

Olahraga
Dilarangnya berolahraga setelah makan ini karena berolahraga dengan perut penuh bisa menyebabkan asam lambung naik, tersedak bahkan sampai mual dan muntah. Idealnya berolahraga sekitar satu atau dua jam setelah makan. Ada baiknya dengan mengawali olahraga dengan jalan kaki.

Makan Buah-buahan
Kita harus merubah anggapan bahwa buah-buahan adalah pencuci mulut yang di konsumsi setelah makan. Mengonsumsi buah-buahan setelah makan justru membuat perut menjadi kembung karena buah-buahan bersifat memfermentasi makanan yang baru saja kita konsumsi. Ada baiknya mengonsumsi buah-buahan satu jam sebelum atau satu jam sesudah makana agar nutrisi dari buah akan terserap oleh tubuh kita.

Jika anda masih melakukan kegiatan diatas setelah makan, sebaiknya anda berfikir untuk menguranginya, karena ternyata kebiasaan tersebut kurang baik untuk tubuh anda. Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah makan menurut Food Daily yang diambil dari beberapa sumber. Semoga Tulisan ini bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

2 komentar untuk Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah Makan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

paling sering saya no 3 tuh udah makan tidur, biasanya kalau makan malam

Balas Hapus
.

Hal-hal tersebut terlihat sepele dan bahkan sebagian ada yang dijadikan kebiasaan, seperti sikat gigi dan makan buah. Ternyata cukup berbahaya juga.

Balas Hapus