Makanan untuk Penderia Hepatitis

Food Daily - Hepatitis adalah peradangan pada hati atau liver, terganggunya fungsi hati ini dapat merusak kesehatan secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain, akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.
Penyakit hepatitis ini bisa disebabkan jika seseorang mengkonsumsi minuman alkohol dalam jumlah yang banyak atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan menyebabkan fungsi hati jadi rusak. Akan tetapi banyak kasus hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh penderita hepatitis. Ada 5 jenis virus yaitu virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD), dan yang terakhir virus hepatitis E (VHE). Dari 5 macam virus yang paling banyak menyerang manusia adalah virus hepatitis B.

Adapun gejala yang timbul jika seseorang terkena hepatitis yaitu penderita biasanya mudah lelah, kurangnya nafsu makan, mual atau muntah, gatal-gatal atau alergi pada kulit, perut membuncit, bagian tubuh tertentu menguning biasanya mata, dan ada pembengkakan di kaki.

Pemilihan makanan bagi penderita hepatitis penting sekali karena jika salah pilih makanan bisa memperburuk kondisi kesehatan. Hindari makanan yang dapat menimbulkan gas, seperti timun, ubi, singkong, kol, sawi, lobak, nangka, durian dan lain-lain. Orang yang mengidap penyakit hepatitis juga harus menghindari makanan yang telah diawetkan seperti sosis, ikan asin, kornet, dan lain-lain. Minuman softdrink dan alkohol juga tak baik dikonsumsi oleh penderita hepatitis. Adapun makanan yang disarankan untuk penderita hepatitis antaralain.

Brokoli
Brokoli dapat meningkatkan kesehatan hati. Jika penderita hepatitis setiap hari atau secara teratur mengkonsumsi sayuran ini, berbagai bentuk racun dapat dibersihkan sehingga fungsi hati dapat kembali normal.

Pare
Sayuran yang rasanya pahit ini ternyata bagus untuk penderita hepatitis, yang dapat menyehatkan fungsi hati. Mengkonsumsi secara rutin dapat mempercepat penyembuhan hepatitis.

Kacang Kedelai
Konsumsilah kacang kedelai yang terdapat di tahu dan tempe karena kandungan protein di dalamnya sangat tinggi yang dapat memperbaiki fungsi hati.

Kunyit
Rempah yang satu ini biasanya digunakan sebagai campuran berbagai masakan. Tak hanya menambah cita rasa masakan saja tetapi kunyit juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya adalah hepatitis. Mengkonsumsi secara rutin dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Wortel
Wortel tak hanya baik untuk mata tapi juga baik untuk hepatitis karena mengandung vitamin A yang tinggi. Jika penderita hepatitis mengkonsumsi secara rutin dan teratur  dapat memulihkan fungsi hati yang rusak.

Minyak Zaitun
Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun sangat tinggi terlebih lagi mempunyai manfaat sebagai antioksidan. Segala penyakit yang berhubungan dengan fungsi hati bisa disembuhkan. Minyak ini adalah jenis minyak yang baik untuk kesehatan.

Bayam
Mengkonsumsi bayam secara teratur setiap hari bisa menjaga kesehatan organ hati. Bayam juga tak punya efek samping jadi aman di konsumsi dan memberikan manfaat yang bisa membantu mengembalikan fungsi hati yang rusak.

Beras Merah
Vitamin dan antioksidan beras merah cukup tinggi sehingga menjadi alternatif pengganti asupan karbohidrat ketimbang beras putih. Tak hanya membantu menyehatkan fungsi hati, tapi juga bisa menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.

Kayu Manis
Kayu manis ternyata mampu menyehatkan organ hati termasuk penderita hepatitis. Dengan menambahkan kayu manis sebanyak 1 sendok teh pada hidangan minuman atau makanan, maka proses metabolisme bisa meningkat dua puluh kali lipat jauh lebih baik.

Buah Apel
Selain dapat menyehatkan jantung, buah yang rasanya enak ini juga mampu mengobati penyakit hepatitis. Dengan mengkonsumsi buah apel anda bisa merasakan manfaat lainnya bagi tubuh seperti bisa menurunkan kolesterol, mengontrol gula darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asparagus
Asparagus ternyata sayuran yang baik untuk orang yang terkena peradangan hati. Dengan mengkonsumsi asparagus secara teratur dapat menyembuhkan hepatitis dan bisa membuat kondisi menjadi lebh baik.

Jika anda atau orang sekitar anda adalah seorang penderita Hepatitis, jangan berkecil hati dulu, cobalah mengkonsumsi makanan untuk penderita Hepatitis tersebut diatas. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan untuk Penderia Hepatitis.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar