Makanan untuk Penderita Asam Urat

Food Daily - Penderita asam urat atau bisa disebut juga gout bisa merasakan kondisi nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Sebenarnya semua sendi ditubuh bisa terkena asam urat, tetapi yang paling banyak terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.
Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat  (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik. Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga.

Jika anda penderita asam urat anda harus menghindari makanan yang beresiko menambah sakit persendian anda seperti minuman beralkohol, makan jeroan, minuman manis dengan kadar gula yang tinggi, seafood, makanan ringan. Jika makanan harus memakai minyak, gunakan minyak nabati seperti minyak kanola, minyak zaitun, dll.

Sebisa mungkin Anda jangan mengkonsumsi makanan tersebut. Sebaiknya lakukanlah aktivitas seperti olahraga teratur untuk menjaga berat badan anda, jika anda kegemukan lakukanlah diet yang seimbang, dianjurkan pula untuk memperbanyak minum air putih. Mengatur pola makan penting bagi penderita asam urat, makanan yang di sarankan antara lain.

1. Jus sayuran
Jus sayuran, misalnya, jus wortel dicampur dengan buah bit dan mentimun bisa Anda pilih. Ini juga efektif untuk menurunkan asam urat Anda.

2. Stroberi 
Anda bisa mengomsumsi buah stroberi yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan bisa menurunkan asam urat Anda. Selain stroberi Anda juga bisa memanfaatkan khasiat yang sama dari buah acai berry dan blueberry. 

3. Buah dan Sayur ber vitamin C
Banyak buah yang kaya vitamin C. Misalnya, jambu, kiwi, jeruk nipis, jeruk, lemon, tomat dan jenis sayuran hijau yang bisa Anda makan tanpa takut resiko asam urat bertambah. Makanan ini bisa membuat kelebihan asam urat keluar dari tubuh Anda.

4. Makanan yang berserat
Oats, brokoli, apel, jeruk, pir, mentimun, seledri, wortel, serat akasia, dan barley adalah contoh makanan atau buah yang tinggi serat yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan asam urat Anda. Selain itu gandum, kentang, dan beras merah juga sebagai karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat.

5. Pisang
Anda juga bisa menurunkan asam urat dengan mengonsumsi pisang. Makan 8 – 9 buah pisang per hari selama tiga-empat hari. Pembengkakan dan peradangan pada sendi akan turun.

6. Cokelat hitam
Senyawa teobromin yang dikandungnya sangat baik untuk menjaga kadar asam urat Anda. 

7. Air putih 
Biasakanlah meminum air putih secara teratur yaitu sepuluh sampai dua belas gelas setiap harinya, ini merupakan cara yang mudah dan murah untuk mengurangi kadara asam urat anda. Ganti kebiasaan anda minum kopi atau teh yang memiliki banyak kafein dan gula. Air putih bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, termasuk membuang kelebihan asam urat.

8. Susu
Produk susu dan yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak dapat meminimalisir kadar asam urat  Anda.

9. Buah Ceri
Buah ini mempunyai zat anti-inflamasi (antosianin) yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda. Konsumsi buah ini juga bisa mencegah terjadinya penumpukan kristal pada persendian Anda.

10. Jeruk Nipis
Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa Anda gunakan melarutkan asam urat secara alami. Anda cukup minum satu gelas air perasan jeruk nipis per hari dua kali.

Selain menghindari makanan yang dilarang untuk penderita asam urat, sebaiknya anda juga mengkonsumsi makanan untuk penderita Asam urat diatas agar Asam Urat yang anda alami segera berangsur pulih. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan untuk Penderita Asam Urat.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar