Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Food Daily - Buah yang terkenal di Indonesia ini ternyata memiliki segudang manfaat. Alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih dari pada buah lainnya. Alpukat juga mempunyai nutrisi yang cukup tinggi. Buah ini juga mengandung antioksidan karetanoid utama dan memiliki serat yang cukup tinggi.

Alpukat juga dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, K &, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Manfaat alpukat bagi kesehatan diantaranya adalah menyehatkan jantung, mengontrol tekanan darah, anti inflamasi, menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan mata, mengontrol kadar gula darah, mengurangi resiko stroke, mencegah kanker, melawan radikal bebas, merawat kulit dan manfaat lainnya. 
Selain manfaat yang disebutkan diatas, alpukat juga nyatanya berkhasiat untuk ibu hamil. Berikut sejumlah manfaat alpukat untuk ibu hamil:

1. Mencegah cacat lahir
Alpukat kaya akan folat, unsur vitamin B yang biasa dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir bagi waninta yang mengandung.

2. Mencegah komplikasi
Saat hamil kondisi seorang ibu pasti mengalami kelelahan, maka asam folat dikenal untuk mencegah komplikasi, anemia, insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak dan preeklamsia. Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil, penyebab kematian yang tinggi pada bayi, karena menyebabkan keracunan pada bayi. Kasus tersebut dapat terjadi 5-8% pada kehamilan.

3. Asupan Kalsium
Pada masa kehamilan kebutuhan asupan makanan wanita hamil naik berlipat ganda. Maka harus diperhatikan asupan kalsiumnya. Disinilah peran alpukat untuk memenuhinya, sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

4. Kandungan vitamin C
Ibu hamil sering mengeluhkan mengalami anemia. Untuk itu Vitamin C yang ada pada buah alpukat bagi ibu hamil sangat diperlukan karena bisa mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika ibu hamil mengonsumsi vitamin C dari obat-obatan dikhawatirkan dapat mengalami kelebihan. Karena vitamin C yang berlebihan justru akan menyebabkan keguguran, hal ini disebabkan vitamin C memberikan tekanan yang lebih besar pada progesteron.

5. Kandunag Vitamin E dan Vitamin K
Vitamin E berfungsi dalam pembentukan sel darah merah. Sementara vitamin K berguna untuk pembentukan darah dan juga berperan dalam pembentukan tulang bagi janin, sebagai asupan gizi ibu hamilyang harus dipenuhi.

6. Penuh dengan Vitamin B1, B2 dan B6
Saat hamil muda tentunya Ibu hamil akan merasakan mual yang hebat dan sering, dengan kandungan vitamin B1 dan B2 serta B6 yang terdapata pada buah alpukat bisa mengurangi morning sickness pada ibu hamil. B1 atau dikenal sebagai Tiamin, dikenal untuk mengurangi rasa mual dan muntah dipagi hari.

Terutama pada akhir kehamilan untuk mempersiapkan kelahiran dan paska menyusui. B2, dikenal dengan riboflavin. Hal ini menjadi elemen penting untuk membantu penguraian zat makanan untuk janin. Vitamin B6 sering dikenal sebagai Pridoksin, dimana penting sebagai daya tahan ibu yang sedang hamil.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan
Buah alpukat yang banyak serat membantu ibu hamil untuk mencerna makanan dengan baik dan dapat meningkatkan pergerakan usus yang lebih baik.

8. Mengatasi Kram
Banyak terjadi pada ibu hamil yang merasakan kram di kaki atau tangan atau bisa terjadi di keduanya, hal ini sebenarnya dianggap sangat wajar tetapi alangkah baiknya bila dilakukan pencegahan. Dengan memakan buah alpukat yang didalamnya terkandung potasium dapat mencegah atau mengobati rasa kram, nyeri atau sakit selama proses kehamilan.

9. Dapat Memberi Perlindungan pada Penglihatan Ibu hamil
Kurangnya lituein biasanya bisa meningkatkan risiko katarak dan gangguan penglihatan lainnya, maka dengan mengonsumsi alpukat, lituein akan secara otomatis meningkat sehingga segala gangguan penglihatan bisa dicegah.

10. Asupan Gizi Otak pada Ibu Hamil
Menurut Dr Daniel G, mengonsumsi alpukat adalah sebagai salah satu makanan otak terbaik dan mengurangi resiko Alzheimer. Omega 3 pada asam lemak serta vitamin E yang ada didalam alpukat terbukti dapat menghentikan penyakit Alzheimer.

Jika anda sedang dalam masa hamil, sebaiknya mencoba untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Itulah beberapa manfaat buah Alpukat untuk Ibu Hamil menurut Food Daily yang diambil dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar