Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Food Daily - Dari sekian banyak jenis kacang-kacangan yang memiliki khasiat kesehatan bagi tubuh, kacang merah merupakan salah satu kacang-kacangan yang tergolong cukup banyak manfaatnya. Kacang merah sering dijumpai sebagai campuran makanan atau minuman populer. Tapi, sekedar makan saja tidak cukup. Anda patut tahu apa saja manfaat yang didapatkan dari konsumsi kacang merah sehari-hari. Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat kacang merah :
Jantung Lebih Sehat
Kalau mau kadar kolesterol jadi lebih terkendali, kacang merah jadi solusi yang paling tepat dikonsumsi. Kacang merah mengandung protein Nabati berkualitas rendah lemak yang menghindarkan jantung anda dari resiko penyakit berbahaya. Kandungan tiga jenis mineralnya pun membantu mengontrol kestabilan tubuh lebih baik, kandungan tersebut adalah Kalsium, Magnesium, dan Potasium.

Mencegah Kanker 
Mengutip dari sebuah penelitian tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics, kacang merah terbukti dapat mencegah Kanker, terutama Kanker Payudara. Membiasakan mengkonsumsi kacang merah sejak usia muda dapat menghindarkan perempuan dari resiko kanker payudara di kemudian hari. Artinya, kacang merah tepat dikonsumsi bagi perempuan yang merasa begitu takut terserang kanker payudara sejak dari muda.

Terhindar dari Diabetes
Dari sekian banyak penyakit tidak menular, Diabetes adalah salah satu yang paling membunuh. Namun, anda tidak perlu khawatir jika rutin mengkonsumsi kacang merah. Dari penelitian tahun 2004 yang dirilis di American Society for Clinical Nutrition, serat yang terkandung dalam kacang merah mampu memperlambat laju Glukosa dan mecegah lonjakan Insulin. Resiko untuk terserang Diabetes pun jadi mengecil.

Pencernaan Jadi Lancar
Mungkin banyak yang belum tahu bahwa dalam setengah gelas kacang merah mengandung 7 hingga 8 gram serat. Serat itu mampu membersihkan saluran pencernaan secara efektif dan memberi makan bakteri baik yang tinggal di dalam usus. Selain itu, kandungan serat dan protein kacang merah dapat membantu anda yang sedang menjalani Diet untuk bentuk tubuh ideal.

Mengoptimalkan Fungsi Otak
Sebagai sumber vitamin B, kacang merah sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak. Saraf-saraf otak dapat dipelihara oleh vitamin B pada kacang merah, terutama kandungan vitamn BI (Thiamin). Thiamin berkontribusi terhadap reaksi enzimatik, sebagai pusat produksi energi dan juga penting untuk fungsi sel otak / kognitif. Thiamin diperlukan dalam proses penting Neurotransmitter untuk memori otak. Hubungan ini telah ditemukan, mengenai faktor yang signifikan dalam penurunan fungsi mental (pikun) dan penyakit kepikunan seperti Alzheimer.

Proses memasak kacang merah yang benar, sangat menentukan bagaimana nutrisi kacang merah yang akan diperoleh. Berikut ini adalah cara memasak kacang merah yang sehat : 

Pertama, Kacang kalengan mungkin dapat dengan mudah didapat, namun juga sering mengandung natrium dalam jumlah yang tinggi, termasuk zat aditif lainnya. Untuk mengurangi natrium, bilas kacang kalengan sebelum dimasak. 

Kedua, Memasak kacang merah kering, dapat menjadi pilihan kedua yang juga mudah dimasak. Pertama bilas kacang kering, buang setiap batu atau kacang rusak, kemudian rendam semalam dalam dingin, air tawar. Di pagi hari ganti air rendaman kemudian dan didihkan, masak sampai kacang matang, biasanya antara 15 menit dan 1 jam, tergantung pada jenis kacang. 

Ketiga, Kacang sayur dapat langsung direbus tanpa proses perendaman terlebih dahulu. tapi hati-hati agar kacang tidak berubah menjadi terlalu lembek. Jangan menambahkan garam atau bahan asam seperti tomat sebelum kacang benar-benar telah matang, atau kacang akan menjadi sulit untuk matang. 

Itulah beberapa manfaat Kacang Merah bagikesehatan dan cara memasaknya yang dirangkum Food Daily dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Salam sehat untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar