Manfaat Penting Sayur Bayam bagi Kesehatan

Food Daily - Bayam memiliki nama latin Amaranthus spp. dan termasuk dalam famili Amaratohideae. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Daun bayam biasa dimasak dengan cara dijadikan sayur bening. Namun sekarang ini olahan bayam semakin beraneka, bahkan ada yang membuatnya menjadi keripik.

Bayam memiliki kandngan nutrisi yang banyak. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam 200 gram daun bayam adalah 4,6 gram protein; 6,4 gram karbohidrat; 6 gram besi dan 162 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, tak heran jika sayur bayam memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah:
1. Dapat Melawan Sel Kanker
Kandungan Flavonoid pada bayam yang memiliki sifat anti kanker mampu menurunkan resikokanker dan mencegah perkembangan sel kanker ke seluruh tubuh. Flavonoid dalam bayam, mampu menurunkan risiko terkena penyakit kanker hingga 34%.

Dengan mengkonsumsi bayam, beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, kanker rahim dan beberapa jenis kanker lainnya, tidak dapat melakukan pembelahan sel kanker di dalam tubuh, sehingga tidak dapat berkembang menjadi jenis kanker yang dapat menggerogoti tubuh manusia.

2. Melindungi Kesehatan Mata
Karotenoid dan vitamin A yang terdapat dalam bayam mampu membantu menjag akejernihan pandangan mata dan mencegah terjadinya katarak serta degenerasi makula mata. Dengan mengonsumsi bayam kesehatan mata akan terpelihara dengan baik.

3. Membuat Jantung Lebih Sehat
Seiring modernnya gaya hidup yang malah tidak sehat seperti memakan makanan yang siap saji atau junk food ternyata dapat memicu penyakit jantung dan berpotensi besar terserang serangan jantung. Jika anda mengonsumsi sayur bayam secara teratur, itu artinya anda dapat mencegah resiko terkena serangan jantung. Dengan nutrisi yang ada pada sayur bayam dapat membuat jantung lebih terpelihara.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bayam memiliki kandungan kalium yang tinggi dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang yang tentu sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Folat yang terdapat pada sayur bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mempertahankan kelancaran sistem aliran darah.

5. Mencegah Diabetes
Kandungan magnesium yang ada pada bayam dapat membantu dalam pencegahan komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan memakan bayam secara rutin dan teratur dapat membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.

6. Menjaga Kesehatan Otak
Ketika pertambahan usia, manusia secara alami akan menurun daya ingatnya. Maka oleh karena itu dengan mengonsumsi bayam dapat menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat. Konsumsilah bayam secara rutin agar otak kita tetap sehat walau bertambah usia.

7. Menutrisi Tulang
Bayam memiliki kandungan mineral, seperti magnesium, seng, fosfor dan tembaga. Kandungan mineral inilah yang mampu menjaga kesehatan tulang dengan menjaga tulang agar tetap kuat. Fosfor sendiri juga mampu menjaga kelenturan tulang, sehingga tidak hanya keras, namun juga dapat terhindar dari keretakan tulang. 

8. Menurunkan Berat Badan
Jika anda sedang diet dan membatasi konsumsi makanan terutama daging, solusi yang baik adalah memakan banyak sayuran. Anda bisa memilih sayur bayam untuk menu diet Anda karena bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bagus untuk membantu menurunkan berat badan ini disebabkan kandungan serat di dalam bayam.

9. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Bayam memiliki kandungan vitamin A, tidak hanya bermanfaat untuk mata. Vitamin A pada bayam juga dapat berfungsi sebagai salah satu komponen yang prosuksi limfosit, atau sel darah putih. Dimana sel darah putih ini mampu memerangi penyakit atau infeksi yang menyerang tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

10. Menceah Terjadinya Sembelit
Kandungan serat dalam sayuran bayam cukup tinggi, yakni sekitar 20% kandungan serat yang ada dalam bayam. Serat yang terkandung dalam bayam ini baik untuk mencegah terjadinya sembelit, sehingga mampu membantu melancarkan buang air besar.

Selain manfaat diatas, mengkonsumsi sayur bayam juga dapat menjadikan badan anda kuat menyerupai tokoh kartun Popeye hehe. Semoga manfaat penting sayur bayam bagi kesehatan dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

1 komentar untuk Manfaat Penting Sayur Bayam bagi Kesehatan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

terimakasih atas informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com

Balas Hapus