Manfaat sayur Brokoli bagi Kesehatan

Food Daily - Brokoli mempunyai nama latin Brassica oleracea varitalica. Brokoli merupakan salahsatu sayuran yang berkhasiat sebagai obat. Sayuran brokoli termasuk kedalam sayura yang rendah kalori dan kaya akan berbagai kandungan gizi yang sangat bagus.

Brokoli mengandung energi, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh, 156 gram brokoli terdapat 43.68 kalori, 4.66 g protein, 0.20 g asam lemak dan omega 3, 8.19 g karbohidrat, 0.55 g lemak, 74.72 mg kalsium, 505.44 mg kalium, 102.80 mg  fosfor, 1.37 mg besi, 0.62 mg zinc, 39 mg magnesium, 228.07 RE vitamin A, 0.09 mg vitamin B1 (Thiamin), 0.18 mg Vitamin B2 (riboflavin), 0.22 mg vitamin B6 (pyrodoxin), 0.94 mg vitamin B3 (Niasin), 0.79 mg vitamin B5, 93.91 mcg vitamin B9 (folat), 123.40 mg vitamin C, 0.75 mg vitamin E, 155.20 mg vitamin K, 4.68 g serat, 0.34 mg Mangan dan 0.05 g triptofan.
Brokoli merupakan sayuran rendah kalori, lemak, dan sodium, bebas kandungan lemak jenuh, tinggi kalium, dan tidak mengandung kolesterol. Sayuran brokoli yang tumbuh di daerah beriklim dingin dan tanah yang lembab ini merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat dalam brokoli bahkan lebih banyak daripada serat yang ada dalam roti gandum. Serat ini sangat baik untuk sistem pencernaan.

Vitamin C di dalam brokoli sangat tinggi bahkan Vitamin C yang terdapat dalam brokoli lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk. Vitamin C yang tinggi akan mempermudah tubuh dalam meyerap zat besi. Pemaparan dibawah ini menjelaskan tentang berbagai manfaat dari sayuran brokoli:

1. Sebagai Anti Kanker
Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk melawan dan mencegah kanker. Zat anti kanker yang terkandung di dalamnya yaitu indoles, sulforaphane (zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi), Isothiocyanate, glukosinolate, ditihiolthione, dan beta karoten.

Khasiat sayuran Brokoli dalam melawan kanker ternyata tidak hanya mampu mencegah perkembangan tumor sekitar 60%, tetapi juga mampu mengecilkan ukuran tumor yang sudah ada sekitar 75%. sulforaphane merupakan zat yang dapat menaikkan enzim detoksifikasi di dalam tubuh yang mampu mengubah expresi gen, sehingga berpotensi lebih cepat dalam menghilangkan zat-zat karsinogenik. Sulforaphane yang terdapat dalam sayuran brokoli juga dapat melindungi gen-gen yang rentan terkena penyakit kanker kolon. Efek dari senyawa ini akan mengecilkan tumor, memperlambat pertumbuhan tumor, dan lebih banyak membunuh sel-sel tumor.

2. Menyehatkan Mata
Brokoli yang mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan komponen penting dalam tubuh kita, sebaiknya jagalah makanan yang masuk kedalam mulut dengan asupan makanan yang mengandung vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

3. Menjaga Kesehatan Kulit
Anda tentu menginkan kulit yang cantik dan sehat serta tak ada masalah pada kulit yang di idamkan semua orang. Dalam brokoli terdapat kandungan senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Vitamin B6 dan Asam Folat yang terkandung dalam brokoli terbukti bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi sayuran brokoli ini dan menyeimbangkan gaya hidup, tubuh akan terjaga kesehatannya dari berbagai macam penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kalsium tinggi yang ada pada brokoli ternyata mampu melindungi kesehatan tulang dan gigi. Selain kalsium, vitamin K juga dapat mencegah osteoporosis. Rutinlah memakan sayur brokoli untuk kesehatan tulang dan gigi Anda.

Brokoli juga sering digunakan oleh banyak orang untuk menu diet mereka dengan cara digado atau dimakan langsung. Proses memasaknya pun mudah, yaitu dengan cara dikukus. Jika anda adalah orang yang suka dengan sayuran Brokoli ini, maka selain anda menjadi sehat, secara tidak langsung anda telah melakukan pola diet yang sehat. Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat sayur Brokoli bagi kesehatan menurut Food Daily yang diambil dari berbagai sumber. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Manfaat sayur Brokoli bagi Kesehatan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar