Minuman alami untuk memperlancar Haid

Food Daily - Haid atau menstruasi adalah pengeluaran darah secara berkala yang berasal dari rahim melaui jalan lahir perempuan yang dipengaruhi oleh hormon. Haid biasanya berlangsung selama tiga sampai lima hari. Wanita normal akan haid setiap bulannya, tetapi kadang bisa saja berjalan tidak lancar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi siklus mentruasi wanita. Salah satu faktornya yaitu terjadi pendarahan hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen pada endometrium secara rutin di setiap bulannya. Pendarahan ini juga disebut peluruhan dinding rahim wanita. Jika anda memiliki siklus haid yang tidak lancar berarti anda mempunyai darah kotor yang tertumpuk pada rahim.
Faktor yang mempengaruhi gangguan menstruasi diantaranya adalah kelebihan berat badan, melakukan pola diet yang salah, tidak seimbangnya hormon estrogen dan progesterone, bisa juga karena adanya suatu penyakit, untuk lebih jelas berikut pemaparannya.

1. Haid tidak teratur karena Stres
Kondisi tubuh yang tidak optimal karena terlalu banyak beban pikiran akan mempengaruhi siklus menstruasi, periode menstruasi yang selalu berubah-ubah. Jika kondisi tubuh dan pikiran tidak stabil kelenjar adrenal akan mengeluarkan kortisol. Tidak stabilnya kondisi pikiran akan berpengaruh pada hormon estrogen, progestrogen, dan penurunan gonadotropin relasing hormone yang memperlambat terjadinya menstruasi.

2. Tidak seimbangnya Hormon
Hormon yang tidak seimabng akanmemicu menstruasi yang tidak teratur, adapun yang mempengaruhinya yaitu gaya hidup, tiroid, obat-obatan dan perimenopause.

3. Adanya suatu Penyakit
Penyakit yang ada di saluran reproduksi adalah salah satu tidak teraturnya menstruasi. Seperti adanya kista, polip. Fibroid, infeksi pada saluran reproduksi, kelainan genetik dan masalah lain sebagainya yang berkaitan dengan reproduksi.

Banyak upaya yang dilakukan untuk kelancaran menstruasi. Yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup hormon estrogen dan progesteron yang ada pada tubuh akan tetap seimbang. Pemeliharaan yang kedua untuk memperlancar haidadalah dengan melakukan olahraga yang terbilang ringan seperti jalan kaki, berenang atau yoga.

Dengan melakukan olahraga akan memperlancar aliran darah dan haid. Tetapi jangan melakukan olahraga yang berat yang justru akan membuat haidtidak lancar karena kelelahan fisik. Upaya ketiga adalah dengan meminum minuman pelancar haid. Ada beberapa alternatif pilihan minuman untuk memperlancar haid, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Air Kunyit
Dengan kandungan-kandungan yang terdapat pada kunyit yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia membuat kunyit menjadi obat herbal tradisional yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Air kunyit banyak di manfaatkan untuk penyakit seperti usus buntu, amandel, ginjal dan diabetes.

Air kunyit juga ternyata bisa memperlancar menstruasi. Anda dapat mengkonsumsi air kunyit untuk memperlancar mesntrusasi dengan cara, menyiapkan 2 rimpang kunyit, ½ sdt ketumbar, ½ sdt biji pala dan setengah genggam daun sri gading, tumbuk halus semua bahan yang telah disiapkan kemudian rebus dengan satu liter air hingga mendidih, saring air rebusan dan minum sebanyak 1 gelas dalam sehari.

2. Pepaya
Pepaya banyak di manfaatkan untuk kecantikan yaitu sebagai masker yang baik untuk kulit. Namun bukan hanya sebagai masker saja, pepaya juga bisa digunakan untuk memperlancar haid. Kandungan vitamin C yang ada pada buah pepaya bisa dijadikan sebagai anti oksidan, sehingga sangat baik untuk kulit dan melancarkan haid. Anda bisa mengkonsumsi pepaya ini sebagai jus segar dan di minum 2 kali dalam sehari yakni pagi dan sore hari. Dengan mengonsumsi jus pepaya haid dan pencernaan menjadi lancar.

3. Yoghurt
Yoghurt memiliki khasiat meningkatkan nilai kesehatan alat reproduksi dan kecantikan. Pendekatan non-ilmiah dari kesaksian banyak perempuan Eropa mempercayai bahwa mengkonsumsi yoghurt secara rutin memang membantu meredakan rasa sakit saat menstruasi dan memperlancar haid. Konsumsi yoghurt setiap hari untuk memperlancar siklus haid.

4. Asam Jawa
Tahukah anda bahwa bumbu dapur yang satu ini bisa memperlancar aliran darah haid yang menggumpal. Asam jawa menjadi salah satu ramuan herbal yang dapat berguna untuk mencegah tidak lancar atau terlambatnya menstruasi. Caranya adalah dengan meminum campuran kunyit dan juga asam jawa yang telah di rebus.

Semoga tulisan dengan judul minuman alami untuk memperlancar haid dapat bermanfaat bagi kaum hawa yang membutuhkan. Salam sehat untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Minuman alami untuk memperlancar Haid.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar