Nikmatnya Kopi Wine dari Lampung, halalkah?

Food Daily - Lampung merupakan salah satu pusat penghasil kopi terbaik di Indonesia. Namun sepertinya menikmati kopi dengan cara yang itu-itu saja sudah kurang ada sensasi gregetnya bagi sebagian orang. Demi memuaskan cara meminum kopi yang berbeda itu, kini telah hadir kopi yang mungkin akan menjadi sesuatu yang menghebohkan, yaitu Kopi Wine Lampung.
Meski namanya mengandung kata Wine, sebenarnya Kopi ini tidak ada campuran anggur di dalamnya dan bahkan tidak mengandung alcohol sama sekali. Menurut peraciknya, diberikan nama Wine karena olahan minuman yang bahan dasarnya adalah murni kopi Robusta ini mirip dengan cara meminum Wine, yaitu dengan diseruput. Hal itu dibenarkan oleh sosok pencetus ide pariwisata Halal dan chairman Halal Lifestyle Center di Indonesia, Sapta Nirwandar. "Memang terasa seperti minum wine," kata Sapta kepada Lampungpro saat mencicipi racikan kopi wine di Jakarta.

Terkesan akan nikmatnya kopi wine, mantan Wakil Menter Pariwisata itu menyarankan kopi wine akan segera dipatenkan. Sosok yang dikenal sebagai tokoh Lampung ini tak ingin kopi wine menjadi seperti kopi luwak yang sembarang orang bisa menggunakan namanya. "Tak usah ragu dengan embel-embel wine, karena di Spanyol juga ada wine halal," kata Sapta yang juga cucu seorang petani kopi ini. Dia mengisahkan dalam sejarah kopi Lampung hanya untuk oleh-oleh yang dibungkus dengan sederhana dengan kertas kopi. Awalnya dianggap belum bisa menyaingi merek kopi Toraja maupun kopi Gayo. Dia berharap dengan inovasi seperti kopi wine ini, brand kopi Lampung akan membaik kedepannya.

Kekhawatiran akan istilah wine muncul karena selama ini orang mengenal wine sebagai minuman keras atau mengandung alkohol. Namun sang peracik kopi wine Khairullah yang ditemui saat berkunjung ke HalalifeStyle mengatakan, kopi hasil fermentasi ini tidak mengadung alkohol sama sekali sehingga bisa dikatakan sebagai produk Halal. Apalagi saat ini merek ini sedang dalam perjalanan menuju sertifikasi Halal dari MUI.

"Sebenarnya ini bukan wine seperti yang dikenal masyarakat. Proses fermentasinya yang membuat kopi ini seperti wine. Kami sebut kopi wine karena sensasi meminumnya seperti wine," kata Khairullah. "Ini 100 persen berasal dari biji kopi robusta Lampung. Dengan teknologi fermentasi mampu meningkatkan enzim yang menghasilkan efek rileks."

Kopi wine difermentasi menggunakan mikroorganisme aktif yang memproduksi enzim, sehingga mampu meningkatkan kualitas kopi menjadi grand premium. Hasilnya, mampu menimbulkan rasa efek kopi luwak yang dijamin Halal dan lebih higienis. "Kami menggunakan pupuk organik dan sejak penanaman dibekali enzim. Teknologi kami mampu menurunkan kadar kafein hingga 0,76 persendan acidity yang seimbang. Itu sebabnya, kopi wine ini bisa untuk enjoy dan obat," kata Khairullah.

Bagaimana? apakah anda tertarik? Selain namanya unik, kopi wine juga halal kok, jadi patut anda coba :). Itulah penjelasan mengenai Kopi Wine dari Lampung yang Halal menurut Food Daily. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

1 komentar untuk Nikmatnya Kopi Wine dari Lampung, halalkah?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Hmmm jadi pengen ngerasain gan , sayang jauh di Lampung

Balas Hapus