Ramuan Tradisional Penambah Nafsu Makan

Food Daily - Banyak di antara kita bermasalah dengan menurunnya selera makan. Penyebabnya pun beragam bisa karena kondisi psikologis seperti kecemasan yang berlebih atau depresi atau juga karena pola hidup dan faktor usia. Bahaya dari hilangnya nafsu makan bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi terganggu yang bisa mempengaruhi sistem pertumbuhan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh sebagai penopang kesehatan dan menambah energi agar dapat beraktifitas. Hilangnya nafsu makan yang dialami seseorang akan menyebabkan kebutuhan nutrisi dan gizi pada tubuh seseorang berkurang.
Makanan merupakan faktor yang sangat penting, di dalam tubuh makanan akan diolah dan diambil sari-sarinya yang memiliki fungsi penentu tumbuh kembang seseorang dan sumber energi. Jika tidak memiliki nafsu makan yang baik, maka hal ini bisa menjadikan tubuh kita akan terasa lemas dan membuat konsentrasi menjadi terganggu hingga juga membuat tubuh kita mudah terserang penyakit. Memang bukan hal yang mudah untuk meningkatkan nafsu makan. Tapi jika anda mau mengolah, ada berbagai tanaman yang berkhasiat untuk menambah nafsu makan dianataranya adalah sebagai berikut.

Daun Pepaya
Memakan buah pepaya pasti terasa enak, tapi beda halnya dengan daun pepaya. Walaupun daun pepaya rasanya sangat pahit tapi nyatanya bisa menjadi cara untuk menambah nafsu makan. Caranya cukup sederhana, daun pepaya tinggal ditumbuk dan diminum airnya. Minumlah setiap pagi hari sampai nafsu makan anda kembali normal. Manfaat lainnya dari daun pepaya adalah bisa mengobati anda dari masuk angin. Tumbukan daunnya pun bisa menjadi obat penyembuhan jika anda tersiram air panasatau minyak panas.

Temu Ireng
Anda bisa memanfaatkan khasiat temu ireng sebagai penambah nafsu makan dengan cara menumbuk temu ireng lalu ambil sarinya dan minumlah. Rasanya memang sangat pahit tapi jika anda teratur mengkonsumsinya maka akan meningkatkan kembali nafsu makan anda. Temu ireng ini pun alternatif terbaik jika anda mempunyai tubuh kurus karena rimpang ini akan membuat tubuh anda bertambah gemuk dan berisi.

Temulawak
Temulawak merupakan tanaman rempah-rempah tradisional yang sangat terkenal dengan manfaatnya sebagai penambah nafsu makan. Jika Anda salah satu orang yang memiliki masalah dengan nafsu makan segeralah untuk mengonsumsi temulawak. Caranya adalah cukup menghaluskan 3 rimpang temulawak setelah itu peras dan ambil airnya. Kemudian anda bisa menambahkan 2 sendok gula, lalu minum setiap 3 kali sekali sampai nafsu makan anda kembali normal.

Pare
Buah yang satu ini memang sering dijadikan pelengkap dalam masakan. Biasanya buah pare ini dijadikan sayur atau bisa dimakan dengan cara direbus atau bisa juga disatukan dengan siomay. Khasiat pare ini selain menambah nafsu makan juga bisa mencegah kanker dan menghilangkan jerawat.

Ginseng
Ginseng adalah salah satu tanaman obat yang memiliki berbagai macam manfaat seperti memulihkan dan meningkatkan stamina. Ginseng juga bisa menjadi obat alami penambah nafsu makan. Telah kita ketahui bahwa salah satu hilangnya nafsu makan adalah karena stress, nah tanaman ginseng ini bisa mengurangi stress. Cara membuat ramuan herbal ginseng ini adalah sebagai berikut. Dua gram ginseng cina dicampurkan dengan bunga cengkeh dan juga daun sage, tuangkan air panas kedalam bahan-bahan yang telah dicampurkan tersebut, diamkan selama 15 menit kemudian minum ramuan selagi masih hangat. Anda bisa minum sehari satu kali.

Jahe
Jahe merupakan bahan herbal tradisional alami yang telah diakui memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan terutama untuk membantu menambah nafsu makan, jahe mengandung minyak atsiri yang dapat meningkatkan pencernaan, merangsang nafsu makan dan membantu menghilangkan gas pada usus yang dapat menyebabkan rasa kenyang berlebihan ketika mengkonsumsi makanan. Sebagai jamu untuk menambah nafsu makan anda dapat mengambil setengah sendok makan jahe bubuk kemudian mencampurkannya dengan sejumput garam dan seduh pada air hangat lalu meminumnya setengah jam sebelum makan setiap hari selama 8 - 10 hari. Untuk memaksimalkan jahe sebagai penambah nafsu makan anda juga dapat menjadikan jahe sebagai bahan campuran masakan anda sehari-hari.

Itulah beberapa Ramuan Tradisional yang dapat menambah Nafsu Makan menurut Food Daily yang dihimpun dari berbagai sumber. Jika anda termasuk orang yang perlu untuk menambah nafsu makan, ramuan diatas layak anda coba. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Ramuan Tradisional Penambah Nafsu Makan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar