Selain Wortel, inilah makanan untuk Kesehatan Mata

Food Daily - Wortel merupakan salahsatu bahan yang umum digunakan pada banyak makanan hampir di seluruh dunia. Sayuran ini dapat diolah ke dalam berbagai macam bentuk, jus, makanan ringan, hingga dimasak bersamaan dengan sayuran lainnya. Namun yang terbaik dari wortel adalah kandungan nutrisinya yang tinggi serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, terutama mata anda.

Wortel sudah cukup dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan vitamin A serta mampu menjaga kesehatan mata dan menghindarkannya dari berbagai macam gangguan. Tapi, perlu anda ketahui tak hanya wortel saja yang memiliki manfaat serupa. Dikutip dari beberapa sumber, dalam sebuah studi mengenai Katarak, kesehatan mata akan terjaga dengan baik saat nutrisi dalam tubuh terpenuhi. Nutrisi tersebut meliputi Protein, Vitamin A, C, E, Niasin, Tiamin. Selain wortel, inilah beberapa makanan yang memiliki peran untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya :

Ikan Salmon
Banyak sekali jenis ikan yang ada, namun Ikan Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki beberapa kandungan yang diperlukan oleh Mata, yaitu kandungan Asam Amino berupa Omega-3 yang baik untuk kesehatan Retina Mata. Selain itu, Omega-3 juga dapat mencegah mata anda dari kekeringan yang membuat perih, sehingga akan menjaga mata anda tetap sehat.

Buah Alpukat
Buah Alpukat merupkan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan Lutein paling banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Fungsi Lutein adalah untuk mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu, buah alpukat memiliki peran sebagai penyerap Nutrisi penting seperti Alfa dan Beta-karoten  yang memiliki fungsi dalam proses pembentukan vitamin A agar dapat diserap tubuh dengan baik.   

Susu Murni
Susu dalam keseharian banyak kita temukan dalam bentuk olahan, seperti Keju ataupun Yogurt. Namun, tak banyak yang mengetahui manfaat susu, yaitu salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan Vitamin A dalam susu dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Susu mengandung banyak vitamin A yang berfungsi melindungi Korneo mata dan kandungan zat besinya berfungsi sebagai pengantar vitamin A dari hati menuju mata. Beberapa jurnal penelitian menerangkan bahwa Vitamin A membantu mata dalam beradaptasi terhadap perubahan cahaya. Sedangkan kandungan Vitamin B2 (Riboflavin) dalam susu dapat mencegah mata merah dan meningkatkan ketajaman pengelihatan anda.

Kacang-kacangan
Omega-3 tak hanya diperoleh dari mengkonsumsi ikan salmon saja. Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang Almon dan Kenari pun banyak mengandung omega-3 dan vitamin E yang cukup tinggi. Kandungan tersebut membuat kacang-kacangan bukan hanya berguna bagi kesehatan Kulit namun juga berguna untuk menangkal penyakit mata yang berbahaya.

Telur
Makanan yang sering kita dalam kehidupan sehari-hari ini merupakan makanan yang mengandung sumber nutrisi yang sangat baik untuk mata, diantaranya Lutein, B12, Vitamin D, Zinc, Vitamin A,  dan Cysteine. Kandungan Lutein serta Zeaxanthin yang terdapat dalam putih telur merupakan Antioksidan terbaik yang berfungsi untuk mencegah proses degenerasi makular dan penyakit katarak.

Degenerasi makular ternyata dapat menyebabkan terganggunya fungsi penglihatan mata, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Retina mata kita tersusun dari beberapa lapisan sel yang sensitif terhadap cahaya. Pada bagian tengah retina mata, terdapat daerah yang disebut makular yang terdiri dari banyak sel. Meskipun ukurannya kecil, sel-sel makular bertanggung jawab serta berperan penting agar mata kita dapat melihat dengan jelas, fokus, dan tajam.

Mata adalah asset berharga bagi setiap makhluk hidup, menjaganya dengan baik adalah salah satu cara kita bersyukur terhadap nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita. Itulah beberapa makanan untuk kesehatan mata yang kami rangkum dari berbagai sumber menurut Food Daily. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Salam sehat untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Selain Wortel, inilah makanan untuk Kesehatan Mata.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar