Buah ini justru berbahaya jika dimakan bersamaan

Food Daily - Kadang kala, ketidaktahuan dalam mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman sekaligus secara bersama-sama membuat tubuh kita yang seharusnya fit dan sehat justru membuat rusak tubuh dan menimbulkan penyakit. Perlu kita ketahui bahwa mengkonsumsi buah dan sayur, atau makanan yang bernilai gizi tinggi sangat bagus untuk tubuh.

Bahkan makanan laut yang kaya gizi juga sangat baik untuk otak kita, namun bisa berdampak buruk pada tubuh kita jika di konsumsi secara bersamaan dengan minuman yang mengandung vitamin C. Karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Oleh karena itu sebaiknya selain kita rajin mengkonsumsi buah dan sayur, Anda juga harus tahu jenis makanan dan buah apa saja yang tidak boleh di makan secara bersamaan, karena dapat menimbulkan penyakit.

Ada beberapa aturan dalam menjaga jenis makanan yang akan anda konsumsi, diantaranya :

Jangan mencampur buah berasam tinggi dan berasam rendah dengan makanan tinggi karbohidrat. Buah asam seperti jeruk, lemon, kiwi, strawberi dan asam rendah seperti pir, apel, mangga, ceri sebaiknya tidam dicampur dengan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, jagung, lentil, kukis atau labu.

Dengan mengkonsumsi jenis makanan ini secara bersamaan dapat membuat organ pencernaan kita sulit mencerna karena bekerja terlalu berat. Lebih baik jika Anda mencampurkan buah asam dengan makanan protein tinggi seperti daging merah, ayam, ikan, telur, keju dan kacang-kacangan.

Buah manis sebaiknya hanya dicampur sesama tipe buah manis. Buah manis adalah buah yang tidak mengandung asam sama sekali, seperti: pisang, buah kering, mangga matang dan anggur manis. Buah manis sebaiknya hanya dimakan bersama dengan buah manis.

Jika buah manis dicampur dengan buah asam akan memperlambat pembentukan glukosa dan memungkinkan terbentuknya toksin. Jangan mencampur buah manis dengan keju, yogurt, kacang-kacangan, ayam, ikan, daging merah, telur dan kelapa.

Buah netral hanya bisa digabung dengan sesama buah netral. Buah netral adalah jenis buah-buahan yang kaya protein, vitamin, garam mineral dan minyak. Buah netral termasuk alpukat, pepaya dan kacang-kacangan. Buah netral hanya bisa dikonsumsi bersama dengan buah netral.

Jika buah netral dicampur dengan buah manis, jelas akan susah dicerna dan merusak hati. Minyak dari buah netral jika bertemu dengan gula dari buah manis akan membentuk toksin yang berbahaya bagi sel tubuh. Pada buah pomelo apabila dicampur dengan protein yang terdapat dalam susu akan membuat perut terasa kembung. Asam ini juga dapat merangsang perut secara berlebih dan menyebabkan diare.

Susu dengan berbagai buah. Kita tentu sering memakan sup buah yang didalamnya terdapat berbagai macam buah-buahan seperti stroberi, apel, buah naga, kolang kaling, kelapa, melon dll.

Buah-buahan ini seharusnya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu. Buah-buahan banyak mengandung asam sehingga tidak baik dikombinasikan dengan susu yang tinggi protein. Asam akan mengikat protein sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh.

Daging dengan buah semangka. Semangka disebut buah yang dingin dalam makanan, sedangkan daging (misalnya daging kambing) merupakan sebaliknya (panas). Ketika dikonsumsi bersamaan, efek bergizi dari daging kambing akan menurun secara drastis.

Bagi penderita asthenia limpa, hal ini dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa dan lambung.

Buah kesemek dengan kentang manis. Asam hidroklorik yang dihasilkan oleh kentang dapat menyebabkan buah kesemek mengendap dalam tubuh apabila dikonsumsi bersamaan. Hasil endapan tersebut tidak dapat larut, sehingga akan mengganggu pencernaan.

Beberapa buah-buahan dengan makanan laut. Beberapa jenis buah, misalnya buah anggur, delima atau kesemek, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut, karena akan menyebabkan mual dan perut kembung serta rasa sakit pada perut dan diare.

Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah-buahan tersebut dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

Kesemek dan Ubi Jalar. Memakan kesemek dan ubi jalar pada saat yang sama dapat menyebabkan berbagai efek negatif. Selain penyumbatan di perut, proses fermentasi gula yang terdapat pada ubi jalar di dalam perut, juga akan meningkatkan asam lambung. Di lain sisi, memakan buah kesemek dengan ubi jalar bersamaan dapat menyebabkan perdarahan lambung atau tukak lambung.

Selain berbagai jenis makanan dan minuman di atas, masih terdapat makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan karena akan menimbulkan keracunan, yaitu:

Buah semangka dengan Susu. Setelah memakan buah semangka jangan langsung meminum susu. Buah manggis dengan minuman yang mengandung gula. Setelah memakan buah manggis jangan langsung meminum minuman yang mengandung gula.

Buah Durian dengan Bir. Setelah memakan buah durian jangan langsung meminum bir. Buah pir dengan madu. Setelah memakan buah pir jangan langsung meminum madu. Hal ini akan merusak lima organ penting dalam tubuh dan beresiko kematian.

Setelah anda mengetahui beberapa kombinasi buah diatas, sebaiknya anda menghindarinya agar tidak membahayakan tubuh anda. Semoga bermanfaat dan Sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Buah ini justru berbahaya jika dimakan bersamaan.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar