Kenali tanda Susu tak layak Konsumsi

Food Daily - Susu, sejak kecil mungkin orang tua kita sudah membiasakan kita untuk meminumnya, bahkan minuman ini tidak mengenal batas usia, dari bayi hingga orang yang lanjut usia pun bisa memminumnya, sehingga merupakan salahsatu minuman bernutrisi dengan banyak penggemar.
Gambar Susu
Susu memiliki jenis yang beragam, dari susu bubuk, susu cair, atau susu kental manis bahkan kita bisa menemukan susu dengan dengan aneka pilihan rasa. Tahukah anda, bahwa susu cair merupakan produk yang memiliki resiko kerusakan tinggi? Serta memiliki waktu kadaluarsanya yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, terdapat cara penyimpanan yang harus anda lakukan untuk menjaga susu tersebut agar tetap dapat dikonsumsi. Menurut buku Mikrobiologi Pangan, berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa susu cair yang anda miliki sudah tidak layak untuk dikonsumsi, diantaranya :

Muncul bau Busuk
Salah satu tanda bahwa protein dan lemak yang terkandung dalam susu sudah rusak tidak hanya ditandai dengan timbulnya busa saja, namun juga muncul bau yang tak sedap. Kerusakan protein dan lemak tersebut juga disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada susu.

Terdapat Lendir atau Gumpalan
Lendir yang muncul pada susu cair tidak hanya berada di permukaan saja, namun juga bisa terbentuk dalam susu secara keseluruhan. Penyebabnya sama dengan muncul bau busuk atau tengik, akibat bakteri yang berulah.

Terdapat Buih
Buih atau busa yang terdapat pada susu salahsatunya menandakan bahwa telah terdapat akumulasi gas yang diproduksi oleh bakteri. Oleh karena itu, sebaiknya jangan anda konsumsi lagi. Buih bisa saja muncul saat awal anda menyeduh susu atau mengaduknya, namun jika muncul buih ketika susu yang anda punya sudah beberapa lama, maka dapat dipastikan itu sudah tidak layak konsumsi.

Warna Susu berubah
Warna susu yang umumnya sering anda jumpai pada susu pastinya adalah warna putih atau jika diberikan pewarna makanan menjadi warna coklat ataupun pink. Namun, jika susu putihmu mengalami perubahan warna menjadi selain warna tersebut diatas, seperti warna biru, kuning, merah dan coklat, maka anda harus berhati-hati. Kemungkinan besar susu yang anda miliki tersebut sudah tercemar oleh berbagai macam bakteri.

Susu terasa Pahit dan Asam
Susu pastinya identik dengan rasanya yang tawar (susu murni) ataupun manis (susu olahan). Rasa pahit yang timbul pada susu tentu menjadi tanda bahwa telah terjadi kerusakan dalam susu tersebut. Hal tersebut mengindikasikan adanya bakteri yang dapat merusak protein pada susu sehingga menimbulkan rasa yang pahit.

Selain itu, produk susu memang ada yang dibuat khusus dengan citarasa asam, seperti contohnya Yogurt. Namun, jika yang dimaksud bukanlah yogurt, melainkan susu cair biasa, anda patut curiga. Rasa asam pada susu tersebut disebakan oleh bakteri penghasil asam, sangat berbeda dengan bakteri yang digunakan untuk membuat Yoghurt.

Sekarang anda sudah tahu mengenai beberapa tanda kerusakan pada susu, sebaiknya sebelum meminum susu yang anda miliki, harus terlebih dahulu memperhatikannya dengan seksama. Jangan langsung anda minum begitu saja. Apalagi jika susu tersebut sudah anda beli beberapa hari yang lalu.

Lihat tulisan lain mengenai Tips pilihan dan Info menarik yang ada di blog ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Sehat selalu untuk kita semua!

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Kenali tanda Susu tak layak Konsumsi.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar