Makanan berikut ini ternyata beracun jika dipanaskan kembali

Food Daily - Bagi sebagian masyarakat pada umumnya, terutama ibu rumah tangga yang tergolong ingin hidup hemat dan praktis, apalagi dengan segala aktivitas yang padat yang harus dilakukan pada hari itu, biasanya menyiapkan makanan sehari untuk tiga kali makan, atau selama seharian. Apakah anda demikian?

Karena ingin hidup hemat dan praktis, sehingga anda memasak dalam jumlah banyak lalu menghangatkan kembali makanan yang sudah dingin. Prinsip anda asalkan tidak asam dan basi maka makanan tersebut masih dapat dikonsumsi, padahal berdasarkan penelitian dari Martin Goldberg, ahli mikrobiologi, menjelaskan bahwa memanaskan kembali makanan yang telah basi tidak drekomendasikan.
Beberapa jenis makanan ini biasa anda panaskan kembali, padahal makanan ini ternyata beracun jika dipanaskan kembali, diantaranya :

Nasi
Bagi Anda yang terbiasa memasak nasi dalam jumlah banyak didalam alat elektronik khusus memasak nasi, lalu menghangatkan kembali di dalam kompor maupun penghanagt nasi di hari berikutnya perlu waspada dan segera meninggalkan kebiasaan buruk ini, karena ternyata berdasarkan penelitian dari Martin Goldberg, seorang ahli mikrobiologi, menjelaskan bahwa nasi yang dipanaskan kembali mengandung vakteri Bacillus cereus.

Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang membuat organ pencernaan Anda terganggu. Menurut Food Standars Agency, yang membuat beracun adalah cara penyimpanan nasi yang tidak benar, sebaiknya disimpan di dalam kulkas dan ditutup rapat, lalu dimasak kembali

Ayam
Mahalnya harga ayam, membuat Anda harus menghemat dalam proses memasak, biasanya untuk lebih praktis, anda menggoreng dalam jumlah banyak dan memanaskan kembali di hari berikutnya, padahal hal ini dapat menghilangkan kandungan protein yang ada dalam ayam berkurang.

Berdasarkan penelitian dari Dian Sundari danAlmasyuri dari pusat Biomedis dan Teknologi Dasar kesehatan dan Astuti Lamid dari pusat teknologi terapan Kesehatan dan Epidemiologi klinik menyebutkan bahwa pemanasan akan membuat protein bahan terdenaturasi.

Telur
Jika anda menggoreng telur yang masih utuh secara berulang  akan memunuculkan resiko racun yang tinggi dan mengganggu system pencernaan kita. Telur yang biasa kita goreng berulang merupakan makanan yang ternyatan beracun jika dipanaskan kembali. Anda sebaiknya berhati-hati.

Bayam
Sudah banyak yang mengetahui bahwa dengan mengkonsumsi bayam yang sudah disimpan dalam waktu lebih dari enam jam maka bayam tersebut sudah mengandung racun. Sayur bayam mengandung nitrat dengan konsenstrat tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Eufict.Od, semakin tinggi nitrat tersebut dapat membahayakan tubuh. Bayam yang tampak hitam setelah dimasak dan mengendap terlalu lama menyebabkan zat nitrat mulai terbentuk, dan memicu kanker.

Jamur
Jamur yang kaya akan protein, mineral, asam amino  dan antioksidan ternyata dapat membahayakan pencernaan kamu terganggu jika dipanasskan. Makanan yang ternyata beracun jika dipanaskan kembali seperti jamur juga membuat kandungan dan nilai gizinya menghilang.

Kentang
Kentang memiliki kandungan zat besi yang ytinggi sebagai nutrisi otak, selain mengandung karbohidrat yang praktis dan enak. Anda bisa mengolahnya menjadi sajian kentang goreng yang gurih, namun kentang menjadi makanan yang ternyata beracun jika dipanaskan kembali.

Dari penelitian yang dilaporkan oleh Badan engawas Makanan Nasional Swedia dan ilmuan dari universitas Stockholm pada tahun 2002, diketahui bahwa pembentukan akrilamida selama proses pengolahan makanan yang cukup tinggi terutama makanan yang mengandung karbohidrat seperti kentang goreng.

Untuk mengurangi resiko tersebut Anda bisa merebus kentang, mengukus atau menmanggang tanpa mengupas kulitnya dan merendamnya terlebih dahulu didalam air sebelum dimasak.

Seledri
Makanan yang ternyata beracun jika dipanaskan kembali adalah seledri. Biasanya Anda memasak sup untuk dikonsumsi anak-anak karena praktis dan bisa dihangatkan secara berulang. Seledri menjadi bumbu masakan sup yang lazim digunakan untuk pelengkap sup karena kandungan vitamin B, C, K dan E serta A yang sangat baik untuk imunitas tubuh.

Sup dapat menjadi salah satu makanan yang baik untuk Anda yang sedang sakit. Namun Anda perlu waspada jika anda sering menghangatkan sup dalam kondisi masih terdapat seledri. Karena jika dipanaskan secar berulang seledri dapat teroksidasi. Kandungan nitrat akan berubah menjadi nitrit yang bersifat racun

Gorengan
Gorengan selain menjadi makanan favorit juga merupakan makanan yang ternyata beracun jika dipanaskan kembali, selain mengandung kolesterol yang cukup tinggi dan bersifat racun. Sebaiknya Anda mengurangi mengkonsumsi gorengan.

Berhemat memang suatu hal yang baik, menjadi tidak baik jika dengan menghemat anda memasak lebih banyak untuk dipanaskan kemudian. Sekarang anda tahu beberapa makanan yang ternyata berbahaya jika dipanaskan kembali, maka dari itu dari sekarang hindari memanaskan makanan tersebut diatas.

Sebaiknya anda juga perlu tahu mengenai Bagaimanakah makanan dikatakan baik? Agar anda tidak salah dalam memilih dan mengolah makanan tersebut :).

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan berikut ini ternyata beracun jika dipanaskan kembali.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar