Sakit Maag? Konsumsilah Makanan Berikut Ini

Food Daily - Kebiasaan makan secara tidak teratur dapat menyebabkan gangguan pencernaan, salah satunya adalah lambung. Jika anda terbiasa makan tidak teratur,  maka lambung anda akan bingung dengan sistem kerjanya. Untuk mencerna makanan yang menuju lambung, makanan akan di cerna oleh enzim, namun jika saat jam makan ternyata tidak terjadi aktifitas seperti semestinya, maka asam lambung akan memenuhi lambung anda yang kosong dan dapat merusak dinding lambung yang menyebabkan sakit pada lambung. Hal ini akan berakibat fatal jika tidak segera diobati.
Penyakit yang menyerang perih pada lambung ini biasa kita menyebutnya dengan nama penyakit maag. Jika anda mengalami sakit maag, anda perlu memperhatikan pola makan dan makanan yang boleh serta tidak boleh anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang bisa anda konsumsi jika mengalami sakit maag, diantaranya :

1.    Buah-buahan.
Buah yang boleh dikonsumsi saat sakit maag adalah buah yang mengandung vitamin, mineral, serat, fitokimia, serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh. Jika punya sakit maag, Anda perlu mengonsumsi 2-4 porsi buah-buahan per hari. Pilihan buah yang baik yakni apel, pisang, persik, pir, anggur, melon, dan kiwi. Anda mungkin harus menghindari beberapa jenis buah tertentu karena bisa menimbulkan rasa sakit dan iritasi lambung. Buah-buahan ini termasuk jeruk, buah ara, buah beri, dan buah-buahan yang dikeringkan.

2.    Sayur-sayuran.
Sayur yang boleh dikonsumsi saat sakit maag  harus mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh dan membantu mempertahankan berat badan ideal. Anda perlu mengonsumsi 2-4 porsi sayur-saryuran setiap hari. Namun berhati-hatilah karena beberapa jenis sayuran memproduksi gas sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Cobalah beragam jenis sayuran dan tentukan mana yang harus dihindari. Misalnya jus sayuran, paprika, cabai, bawang merah, bawang putih, dan produk olahan tomat adalah yang paling sering menimbulkan masalah perut.

3.    Susu.
Susu merupakan sumber nutrisi yang bagus karena mengandung kalsium dan vitamin D. Meski begitu, Anda tetap harus membatasi konsumsi susu maupun produk olahan susu maksimal 2-3 porsi dalam sehari. Sebagai tambahan, ada baiknya memilih produk susu rendah atau bebas lemak agar tidak banyak asam lambung yang diproduksi.

4.    Daging
Daging yang baik ialah daging tanpa lemak, daging yang lembut, daging unggas tanpa kulit, seafood, ikan, dan kerang. Anda juga bisa mengganti daging dengan produk kacang kedelai seperti tahu dan tempet. Hindari cara pengolahan yang digoreng atau yang dibumbui pedas.

5.    Air Mineral
Air adalah minuman utama yang berfungsi untuk mengisi ulang tubuh tanpa kalori tambahan. Minuman buah, minuman tidak berkafein, dan teh-teh herbal juga dapat diminum jika lambung Anda masih mentolerirnya. Tapi hindarilah kopi, teh hitam, minuman bersoda, cokelatpanas, dan alkohol karena dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan lambung.

Sedangkan makanan yang sebaiknya anda hindari saat sakit maag adalah :

1.    Makanan berlemak
Makanan berlemak seperti gorengan dan biskuit jenuh dapat menyebabkan selaput lambung terluka. Asam lemak trans biasanya terdapat dalam kue-kue, donat, dan biskuit yang dipanggang. Makanan olahan seringkali memiliki asam lemak trans yang lebih tinggi daripada makanan segar. Selain itu margarin merupakan sumber dari asam lemak trans berkadar tinggi.

2.    Makanan Olahan
Dokter di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar pasien dengan gastritis (maag) menghindari makanan olahan yang mengandung gula (selain lemak trans). Beberapa contoh makanan olahan yang tidak boleh dikonsumsi saat sakit maag adalah roti putih, donat, burger dan mie instan

3.    Makanan Pedas
Jika Anda memakan makanan pedas secara berlebih dapat menyebabkan selaput lambung Anda terluka dan pedih. Beberapa contoh makanan pedas yng tidak boleh di makan saat sakit maag adalah sambal dan rendang pedas. Anda juga harus memilih cabai yang segar bukan yang layu untuk memasak.

4.    Sayuran Mentah
Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat anda sakit maag adalah sayuran mentah. Sayuran mentah biasanya terdapat pada lalapan.  Diantara sayuran yang biasa disajikan mentah adalah kubis, mentimun dan kacang panjang. Sebaiknya makanan ini harus dihindari karena bakteri dalam sayuran mentah masih banyak dan menyebabkan iritasi lambung.

Jika anda telah mengetahui makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi saat sakit maag, sebaiknya anda harus mematuhi aturan ini dan menerapkan dalam hidup anda. Agar lambung anda tetap terjaga. Karena jika dibiarkan dapat berakibat lebih parah dan menyebabkan kanker lambung.

Itulah ulasan mengenai beberapa makanan yang boleh dan sebaiknya anda hindari saat mengalami sakit maag menurut Food Daily. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Sakit Maag? Konsumsilah Makanan Berikut Ini.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar