Makanan untuk tumbuh kembang Bayi

Food Daily - Memiliki anak yang tumbuh sehat, cerdas, dan ceria adalah impian setiap orang tua. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan pengasuhan dan stimulus yang sesuai dengan usianya, agar anak dan bayi anda dapat tumbuh dengan baik sesuai usianya. Salah satu usaha yang dapat diberikan untuk tumbuh kebang bayi adalah dengan memberikannya asupan makanan yang bergizi demi masa depannya.

Upaya yang dilakukan orang tua harus dimulai sejak dalam kandungan. Sejak usia kandungan 0 bulan anda sudah harus mempersiapkan serta memilih makanan yang baik dan sehat untuk tumbuh kembangnya, sehingga anak anda tumbuh menjadi bayi yang sehat dan cerdas.
Beberapa kandungan zat yang diperlukan sejak dalam kandungan diperoleh dari makanan yang ibu konsumsi seperti makanan yang mengandung energi dan protein yang berasal dari nabati seperti kacang-kacangan atau hewani seperti daging sapi, makanan tersebut merupakan makanan yang baik untuk tumbuh kembang janin. Kemudian vitamin yang mengandung asam folat yang dapat anda peroleh dari bayam, daging sapi, hati ayam, ikan kembung, kepiting, brokoli, stroberi dan buah-buahan.

Makanan untuk tumbuh kembang bayi juga harus mengandung mineral yang bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi serta persendiannya, makanan tersebut dapat diperoleh dari susu, telur, keju, kacang-kacangan.

Zat besi juga berguna untuk pembentukan hemoglobin dan kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kemampuan konsentrasi otak bayi, zat besi dapat anda peroleh dengan mudah dan murah dari sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli.

Selain mineral, makanan untuk tumbuh kembang bayi yang dikonsumsi sejak dalam kandungan adalah asam lemak esensial seperti DHA, Omega 3 dan Omega 6. Kandungan ini dapat anda dapatkan dari sayuran hijau, minyak kedelai dan minyak ikan. Beberapa makanan untuk tumbuh kebang bayi diantaranya adalah : 

Ikan
Ikan merupakan makanan yang sangat bagus untuk tumbuh kembang bayi karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, selain itu kandungan mineral dan vitamin menjadi sumber protein tertinggi terdapat pada ikan. Ada beberapa jenis ikan yang bisa anda berikan untuk bayi anda, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung dan ikan kakap. Anda juga bisa memberikan ikan patin. Ikan tersebut dapat menghindari bayi anda dari alergi. 

Daging
Daging yang baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi adalah daging sapi, atau bisa juga menggunakan daging ayam atau hati ayam. Daging merah tanpa lemak membuat bayi tercukupi nutrisinya dan tidak memiliki efek samping terhadap perut bayi. 

Susu
Susu merupakan minuman pendamping atau makanan tambahan untuk memperoleh sumber kalsium. Jika bayi anda masih menggunakan ASI sebaiknya tidak memberikan susu lain, karena ASI lebih baik dan praktis serta murah, namun kandungan gizinya lebih tinggi. Namun jika bayi anda sudah mengkonsumsi susu tambahan anda juga bisa memberikannya. Susu formula memiliki kandungan kalsium, protein dan lemak yang berguna untuk tumbuh kembang bayi. 

Telur
Salah satu makanan yang terjangkau dari harga dan mudah didapatkan adalah telur, namun sebelum anda memberikan makanan ini pada bayi, sebaiknya Anda telusuri dulu apakah mengalami alergi atau tidak.  Telur memiliki kandungan vitamin,protein , zat besi dan  mineral yang bagus untuk tumbuh kebang bayi 

Sayuran
Sayuran merupakan makanan utnuk tumbuh kembang bayi. Karena sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Anda dapat memberikan sayuran yang berwarna. Contoh sayuran berwarna merah seperti tomat, bayam merah, memiliki vitamin E yang bagus untuk melindungi kerusakan sel tubuh.

Sayuran berwarna hijau mengandung klorofil yang dapat membantu produksi sel darah merah, anda bisa menggunakan sayur bayam, brokoli, buncis, kacang polong dan daun katuk. Sayuran berwarna cerah lain seperti wortel, yauge, asparagus juga bagus untuk mencegah infeksi perut dan kemampuan melihat dengan baik 

Buah-buahan
Buah-buahan yang berrwarna seperti papaya, jeruk, apel, anggur hijau, semangka, stroberi juga memiliki mineral yang bagus untuk tumbuh kembang bayi.
Sekian artikel saya tentang makanan untuk tumbuh kembang bayi.

Jika bayi anda sudah tercukupi kebutuhan gizinya sejak dalam kandungan, maka insyaallah bayi Anda akan tumbuh dengan sehat. Selanjutnya tugas Anda harus memberikan asupan makanan untuk tumbuh kembang bayi dari ASI eksklusif selama 6 bulan tentunya ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk tumbuh kembang bayi.

Selanjutnya diberikan MPASI dengan memberikan makanan yang sesuai WHO. Memberikan makanan bergizi secara rutin dan konsisten dapat membantu bayi anda untuk menyukai makanan sehat dan bergizi.

Jika anda sedang mencari referensi mengenai makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil demi tumbuh kembang Janin dan bayinya kelak, semoga tulisan Makanan untuk tumbuh kembang Bayi ini bisa menjadi solusinya. Sehat selalu untuk kita semua!.

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan untuk tumbuh kembang Bayi.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar