Makanan yang dilarang dan dianjurkan saat Diare

Food Daily - Penyakit diare sering menyerang anak-anak dan orang dewasa. Penyakit satu ini kelihatan sepele dan tidak diperhatikan padahal dampaknya besar dan bisa menyebabkan kematian.
Penyakit diare merupakan penyakit saluran pencernaan akibat serangan bakteri Ecoli.

Bakteri ini masuk ke dalam makanan atau minuman yang kita makan, atau bisa juga seseorang terjangkit penyakit diare akibat tertukar baik melalui alat makan, makanan yang dimakan secara bersama-sama, melalui pola hidup yang tidak bersih, tidak mencuci tangan dengan sabun baik setelah BAB ataupun ketika hendak makan.
Diare sangat membahayakan tubuh penderitanya karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi.  Sehingga Anda yang mengalami diare sebaiknya memperhatikan asuhan makanan yang harus di konsumsi dan menjadi pantangan.

Makanan yang dilarang saat diare diantaranya

Buah yang rasanya Asam
Makanan yang dilarang saat diare adalah buah yang rasanya asam. Karena dapat meningkatkan asam lambung dan membuat saluran pencernaan anda bekerja lebih keras dan terganggu. Sebaiknya hindari makan jeruk yang rasanya asam.

Makanan Pedas
Makanan yang dilarang saat diare yaitu makanan pedas. Makanan pedas yang berasal dari cabai, lada maupun paprika dapat menyebabkan lambung terasa sakit dan penyerapan di usus halus menjadi terganggu

Sayuran Kubis
Makanan kubis tidak dianjurkan saat diare karena kubis merupakan sayuran yang dapat menghasilkan gas yang menyebabkan perut menjadi kembung, sehingga akan terjadi muntah pada penderita diare. Kandungan sulfat membuat kubis menghasilkan gas lebih banyak dan membuat pencernaan terhambat

Susu
Kandungan laktosa yang terdapat pada susu dapat menyebabkan alergi berupa gejala diare itu sendiri. Untuk itu, tidak dianjurkan mengkonsumsi beragam olahan yang mengandung susu terkecuali yogurt.

Kopi
Meminum kopi dapat menyebabkan diare akut karena terjadi nyeri berlebih pada lambung.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dapat menimbulkan gas dan termasuk makanan bergerak tinggi sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita diare.

Jus Buah
Kandungan fruktosa yang tinggi pada jus buah dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung karena tingginya gas pada pencernaan. Untuk itu sebaiknya tidak mengkonsumsi jus buah ketika diare, kecuali buah tertentu yang memang sudah terbukti dapat menstabilkan kondisi pencernaan dari gejala diare.

Adapun makanan yang harus dikonsumsi saat diare diantaranya

Buah dan Sayuran
Makanan yang dianjurkan saat diare yaitu buah dan sayuran. Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi seperti pisang, wortel, jahe dan apel. Pisang memiliki kandungan Potasium yang tinggi yang dapat mengganti cairan elektrolit yang keluar bersama feses ketika diare.

Mengandung pectin atau Serat Soluble yang berfungsi untuk membantu terserapnya cairan didalam usus dan merangsang gerak isi perut. Inulin merupakan zat prebiotic yang dapat membantu berkembangnya bakteri baik pada usus.Wortel memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pencernaan. Sebaiknya rebus wortel dan melupakannya dengan bubur.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita diare yaitu jahe. Jahe membuat tubuh menjadi hangat. Karena pada saat diare kondisi tubuh tidak stabil sehingga jahe bisa di minum untuk menghangatkan tubuh.

Apel juga bagus untuk makanan yang dianjurkan saat diare karena memperoleh manfaat dari kandungan pectin, glukosa serta zat lain yang mempu mengurangi gejala diare. Usus pada penderita diare terlalu lemah untuk menyerap apel yang dikunyah dalam keadaan segar tanpa diolah atau dihaluskan terlebih dahulu. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat didalamnya mampu mengusir partikel jahat didalam tubuh.

Karbohidrat
Saat anda menderita diare, tubuh anda akan kehilangan banyak energi akibat terlalu sering buang air besar. Oleh karena itu makanan yang dianjurkan saat diare adalah makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, kentang, roti gandum, biskuit dan sereal.

Makanan rendah Serat
Makanan yang dianjurkan saat diare adalah makanan rendah serat. Makanan rendah serat dapat menahan Anda untuk membuang Air besar. Biasanya anda dianjurkan untuk makan yang tinggi serat untuk memperlancar proses pembuangan feses. Makanan yang tinggi natrium adalah makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi.

Seperti yang anda ketahui bahwa dengan meminum oralit Anda dapat mengobati diare. Oralit adalah makanan tinggi natrium yang terbuat dari air hangat, setengah sendok teh gula dan garam. Kadar garam elektrolit ini berguna untuk mengganti ion tubuh yang hilang. Selain itu ada makanan rendah lemak. Makanan yang perlu di hindari adalah makanan bersantai dan gorengan.

Semoga bermanfaat dan Sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan yang dilarang dan dianjurkan saat Diare.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar