Apakah benar kuning telur berbahaya untuk kesehatan?

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa kuning telur sangat jahat bagi jantung, maka untuk menghindari ini, banyak orang yang hanya memakan putih telurnya saja dan membuang kuning telurnya. Namun apakah benar kuning telur sejahat itu pada kesehatan anda?

Faktanya kuning telur memang dapat mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah, jika kadarnya terlalu tinggi dalam darah maka dapat mengganggu kesehatan jantung anda.

Kandungan lain kuning telur justru dapat melindungi kesehatan jantung anda, salahsatu nutrisi yang banyak dikandung dalam kuning telur dan bermanfaat untuk kesehatan jantung anda adalah Kolin. Kolin merupakan nutrisi yang dikenal dapat membantu perkembangan otak dan system syaraf.

Bagi anda penderita penyakit Jantung dan Diabetes disarankan membatasi konsumsi kuning telur, konsumsilah kuning telur paling banyak tiga butir kuning telur saja selama satu minggu. Sedangkan bagi anda yang sehat dapat mengkonsumsi kuning telur hingga tujuh butir kuning telur selama seminggu tanpa perlu khawatir resiko sakit Jantung.

Bukan hanya kulit telur ayam saja yang berbeda warnanya, kuning telur juga ada yang berwarna kuning pucat, kuning tua, hingga orange. Apa penyebabnya? Warna kuning telur ayam dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat pada tanaman dan juga biji-bijian yang menjadi pakan ayam. Secara umum, semakin kuning warna kuning telur ayam semakin kaya nutrisinya.

Warna kuning pucat ini banyak ditemui di Indonesia, sedangkan warna kuning sedang banyak ditemui pada telur kemasan yang ada di pasar swalayan, ini karena telur dihasilkan dari ayam yang diberi pakan teratur dan terukur nutrisinya.

Sementara kuning telur dengan warna orange cantik menunjukan adanya konsumsi Xanthophyll, ini banyak terdapat pada tanaman berwarna hijau dan merah, seperti paprika, kangkung, cabe, serta brokoli yang diberikan sebagai pakan ayam.

Mengenai telur, saya akan memberikan tips memasak dengan bahan telur, yaitu mengenai cara membuat Telur dadar rebus dan telur rebus panjang, nah, bingung kan? Mari simak tutorialnya seperti dibawah ini :


Nah, ternyata telur bisa berbahaya dan bisa juga bermanfaat bagi tubuh kita, kita hanya perlu mencaritahu batasan-batasan dalam mengkonsumsinya. Selain itu banyak sekali olahan makanan yang menggunakan bahan dasar telur. Semoga postingan Apakah benar kuning telur berbahaya untuk kesehatan dapat bermanfaat untuk pembaca..

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Apakah benar kuning telur berbahaya untuk kesehatan?.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar