Khasiat dan Fakta minyak Zaitun

Minyak Zaitun merupakan lemak yang dihasilkan dari buah Zaitun, yaitu tanaman pohon tradisional daerah mediterania. Proses pembuatannya menghasilkan asam lemak yang dianggap sebagai lemak diet yang sehat.

Dengan manfaat baik ini, minyak Zaitung sering digunakan dalam Kosmetik, Obat-obatan, Makanan, Sabun, dan juga bisa digunakan sebagai Bahan Bakar lampu tradisional. Meski berasal dari negara-negara Mediterania, tapi minyak ini banyak digunakan diseluruh dunia.
Minyak Zaitun dibagi menjadi dua jenis, yaitu Extra Virgin Olive Oil dan Virgin Olive Oil. Perbedaan keduanya terletak pada keasaman yang terkandung pada minyak Zaitun. Minyak Zaitun extra virgin olive oil hanya memiliki asam sebesar 1%.

Ini adalah minyak yang berasal dari penekanan pertama buah Zaitun yang dianggap memiliki cita rasa segar dan terbaik. Minyak Zaitun extra virgin olive oil juga berasal dari penekanan pertama dan memiliki sekitar 3% asam.

Dengan mengkonsumsi minyak Zaitun yang memiliki manfaat yaitu baik untuk penderita Alzheimer. Tingkat penyakit Alzheimer juga lebih rendah di negara-negara mediterania, dimana konsumsi minyak Zaitun lebih tinggi dibandingkan tempat lain di dunia.

Selain baik untuk penderita Alzheimer, Radang Pankreas, dan kerusakan Hati, minyak Zaitun juga dapat membantu mengikis penyakit penyebab Radang Usus Besar. Hasil tersebut diperoleh dari penelitian terhadap kurang lebih 25.000 orang yang tinggal di Inggris, dengan rentang usia 40-65 tahun.

Minyak Zaitun juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering dan melembabkannya, karena minyak Zaitun mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit sehingga mudah diserap dengan baik kedalam kulit. Selain itu, minyak Zaitun biasanya tidak menyebabkan alergi, namun tidak disarankan untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

Bahkan menurut penelitian, minyak Zaitun dapat melindungi tubuh dari Kanker Kulit. Zat Antioksidan dan Antiinflamasi yang terdapat pada minyak Zaitun dapat membuat kulit lebih halus dan berseri. Selain dioleskan pada kulit, mengkonsumsi minyak Zaitun juga dapat memberikan manfaat Antioksidan yang berfungsi mengurangi radikal bebas dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi kerutan dan kekencangan pada kulit.

Karena minyak Zaitun yang kaya akan manfaat, minyak ini banyak dipalsukan. Agar anda tidak tertipu, ada cara untuk mengetahui minyak Zaitun asli atau tidak. Caranya adalah dengan menuangkan minyak Zaitun beberapa sendok ke suatu wadah, kemudian perhatikan Konsistensi yang halus untuk membedakannya dengan minyak Sayur. Ketika mencium aroma minyak Zaitun harus memiliki bau seperti buah Zaitun.

Benarkah baik jika mengkonsumsi minyak Zaitun?
Minyak Zaitun baik dikonsumsi karena kandungan lemaknya adalah lemak tidak Jenuh ganda, sehingga baik untuk LDL darah seseorang. Walupun memiliki kadar lemak tidak jenuh ganda, minyak ini mengandung energi yang tinggi, jadi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, kita harus mengurangi lemak yang lain agar tidak kelebihan lemak.

Apa efek samping mengkonsumsi minyak Zaitun secara langsung?
Jika dikonsumsi secara langsung dalam jumlah yang terbatas tidak memiliki efek samping karena memiliki kandungan lemak yang baik. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi akan menyebabkan orang menjadi gemuk karena kandungan energinya yang tinggi. Selain itu sebaiknya minyak Zaitun dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah dan tidak dipanaskan.

Itulah beberapa Fakta dan Khasiatminyak Zaitun menurut Food Daily, jika menurutmu masih terdapat fakta dan khasiat lain, tambahkan dikolom komentar yaa..

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Khasiat dan Fakta minyak Zaitun.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar