Makanan Fermentasi terlama di Dunia

Fermentasi adalah proses pengubahan karbohidrat menjadi asam amino organik atau karbon dioksida dan alkohol menggunakan bakteri, fungi, ragi atau campuran dari ketigabahan tersebut di bawah kondisi anaerobic. Kali ini Food Daily akan membahas mengenai makanan-makanan yang dihasilkan dari proses Fermentasi terlama di dunia :

TAUCO (INDONESIA)
Tauco merupakan makanan yang menjadi Ikon kota Cianjur, buat kalian yang belum tahu, Tauco merupakan Bumbu makanan yang terbuat dari biji Kedelai yang sudah direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan Tepung, kemudian dibiarkan sampai tumbuh Jamur dengan cara di Fermentasi. Setelah itu direndam kedalam air garam selama beberapa minggu sampai bau Tauco nya terasa serta air rendamannya berubah warna.

Sedikit Informasi, Tauco ini bisa disimpan lama sampai bertahun-tahun dan tidak akan basi selama penyimpanannya tidak terkena air mentah serta tidak terkontaminasi dengan bahan orgarnik lainnya.

NUKAZUKE (JEPANG)
Makanan ini adalah makanan sehari-hari orang Jepang. Nukazuke merupakan sajian makanan Fermentasi yang pengolahannya membutuhkan waktu lama yaitu sekitar 3-4 bulan. Isi Nukazuke adalah sayuran yang dicampur dengan ragi sehingga menjadi acar yang asam, asin, dan juga pedas. Kalau soal rasa, Nukazuke mirip sekali dengan Acar yang ada di Indonesia.

KIMCHI (KOREA)
Kimchi adalah makanan asli Korea, salah satu sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas setelah itu di garami dan di cuci. Kemudian sayuran dicampur dengan bumbu yang terbuat dari Udang, Kecap Ikan, Bawang Putih, Jahe, dan Bubuk Cabe Merah.

Apakah anda tahu berapa lama Fermentasi ini dibuat? Lamanya bisa mencapai 1 Tahun loh!. Untuk penyimpanannya perlu disimpan didalam Kulkas khusus untuk Kimchi.

HAKARL (ISLANDIA)
Makanan ini merupakan makanan tradisional dari Islandia yang terbuat dari potongan ikan Hiu yang telah melewati proses Fermentasi khusus. Makanan ini dibuat dengan cara membuang isi perut Ikan dan memotong kepalanya, kemudian dimasukan kedalam lubang pasir yang dangkal serta ditutupi batu, lalu digantung dalam kurun waktu 4-5 tahun.

Namun makanan ini lama kelamaan sudah mulai jarang orang mencobanya karena rasa dan baunya yang menusuk ke hidung.

Itulah beberapa Makanan Fermentasi terlama di dunia menurut Food Daily, jika menurutmu masih terdapat makanan lain, silahkan ditambahkan di komen yaa..
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Makanan Fermentasi terlama di Dunia.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar