Manfaat Cokelat secara Ilmiah yang terbukti Khasiatnya

Food Daily - Cokelat memang dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang paling digemari di seluruh dunia, terutama sebagai makanan penutup setelah anda menyantap hidangan berat. Tidak hanya rasa dan aromanya yang khas, ternyata cokelat juga menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang dapat dibuktikan secara ilmiah.

Terdapat 3 hal yang perlu anda ingat ketika mengkonsumsi Coklat adalah:
1.Pilihlah coklat yang memiliki kandungan cocoa murni lebih dari 70%
2. Makanlah setidaknya 2-3 potong per hari,
3. Cokelat gak direkomendasikan untuk orang yang memiliki kecenderungan ada batu ginjal

Gambar Coklat
Setelah mengkonsumsi coklat dalam 10 menit, inilah manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh :

1. Memperbaiki mood dan menguatkan ketahanan tubuh. Tryptophan yang terkandung di dalam coklat akan membantu produksi serotonin yang memiliki peran menguatkan ketahanan tubuh serta memperbaiki mood yang rusak. Jadi, jika anda merasa hari anda begitu berantakan dan mengakibatkan mood anda jelek, segeralah konsumsi coklat.

2. Meningkatkan suplai darah ke otak dan melebarkan pembuluh darah. Inilah yang kita butuhkan sebelum kita menghadapi hari ataupun sebelum memulai aktivitas yang butuh berpikir keras. Ini juga berarti, mengkonsumsi coklat dapat mengurangi rasa kantuk karena darah dalam otak terpenuhi.

3. Menormalkan tekanan darah. Fitur vasodilatornya akan mengontrol tekanan darah jadi lebih stabil. Jika anda sedang dalam kondisi yang tegang, anda dapat mengkonsumsi coklat untuk menormalkan tekanan darah anda sehingga anda bisa menjadi lebih rileks.

4. Melindungi gigi kita. Mentega cocoa alami akan menyelimuti gigi dengan lapisan protektif, yang akan mencegah perkembangan bakteri. Namun perlu diingat, bahwa setelah anda mengkonsumsi coklat, imbangilah dengan menggosok gigi agar kesehatan gigi dan mulut anda tetap terjaga.

Setelah pengonsumsian selama beberapa hari, cokelat memiliki manfaat berikut untuk tubuh:

5. Menghindarkanmu dari diabetes. Flavonoid akan meningkatkan level nitrogen oksida di dalam darah, yang akan mengurangi risiko diabetes dengan mengkonsumsi coklat yang cukup, artinya anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan ini, sebab jika tidak, malah akan terjadi hal yang sebaliknya.

6. Meringankan tingkat kecemasanmu. Cocoa akan membantu untuk mengurangi level hormon penyebab stress, sehingga jika anda sedang mengalami stress karena pekerjaan kantor, segeralah mengkonsumsi coklat.

7. Mengurangi keinginanmu untuk jajan manis. Cokelat murni adalah substitusi sempurna untuk jajanan manis yang gak sehat. Rasa khas yang terdapat dalam coklat mampu membatasi rasa ingin anda terhadap sesuatu yang terasa manis di lidah.

Setelah pengonsumsian secara rutin dan dibiasakan, berikut adalah manfaat cokelat :

8. Menyehatkan jantung. Cokelat murni akan mengurangi risiko penyakit-penyakit kardiovaskular. Dengan lancarnya tekanan darah dalam tubuh, tentunya jantung anda akan lebih terjaga karena suplay darah tetap terjaga.

9. Membersihkan pembuluh darah. Selain dapat melancarkan tekanan dalam tubuh, ternyata coklat dapat membersihkan pembuluh darah, ini karena kerja dari kandungan flavonoid dan anti-oksidan di dalamnya.

10. Meningkatkan level intelegensi/kecerdasan. Flavonoid dan magnesium memiliki efek positif terhadap memori kita, karena itulah cokelat adalah jajanan yang sangat baik untuk orang berusia 70 tahun ke atas.

11. Memperlambat proses penuaan. Manfaat ini adalah efek dari bekerjanya anti-oksidan, yang salah satu fungsinya adalah untuk menetralisir radikal bebas sehingga anda akan lebih sehat dan terlihat lebih muda.

12. Membuat anak-anak lebih bahagia. Ibu yang mengonsumsi cokelat murni atau cokelat gelap selama kehamilan akan melahirkan anak-anak yang terbukti lebih gak penakut dan lebih sering senyum.

Kini saatnya untuk menambah stok cokelat murni di rumah. Dengan mengkonsumsinya coklat murni secara rutin, anda akan menikmati berbagai manfaat kesehatan secara maksimal, namun anda tetap harus ingat poin-poin yang harus di perhatikan dalam pengonsumsian cokelat seperti tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Manfaat Cokelat secara Ilmiah yang terbukti Khasiatnya.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar