Republik Jengkol, tempat makan serba Jengkol

Food Daily - Jengkol, siapa yang tidak mengenal makanan tersebut? Sepertinya makanan jenis apapun yang terbuat dari bahan dasar Jengkol terlihat kampungan dan bau. Makanan yang kadang dibenci, tapi begitu dirindukan oleh sebagian orang.  Benci karena dianggap sumber bau mulut dan urin. Namun, dirindukan karena cita rasanya yang "merakyat" dan tak tergantikan.

Beberapa pencinta Jengkol terkadang sulit menemukan Jengkol atau malas mengolah Jengkol karena memang harus pandai mengolahnya agar rasa yang di nikmati pun seimbang dengan memasaknya. Di Jakarta Timur, tepatnya di daerah Kramat Jati terdapat sebuah tempat makan bernama Republik Jengkol, tempat ini menyediakan berbagai macam menu makanan berbahan dasar Jengkol.

Warung makan ini sangat laris karena rasanya yang khas dengan cara mengolah yang baik membuat Jengkol yang disajikan disini juga benar-benar enak dan empuk. Disini, anda bisa menikmati daging Jengkol yang legit dan pulen. Ini dikarenakan jengkolnya sudah direndam semalaman dan dimasak dengan panci bertekanan hingga 1 jam. Perendaman ini berguna untuk membantu pengelupasan kulit jengkol sehingga sudah bersih ketika dimasak.
Gambar Logo Republik Jengkol
Bau dari Jengkol yang biasanya agak menyengat juga tidak berasa. Bahkan setelah memakan Jengkol, anda pun tidak perlu khawatir dengan bau yang akan timbul ketika buang air, karena Republik Jengkol ini mengusung tagline “Kuliner Serba Jengkol, Nikmat Tanpa Bau”. Sesuai tagline citarasa jengkol yang nikmat benar-benar tak bau saat dinikmati.

Masakan Jengkol disini memiliki rahasia, yaitu Jengkol yang di masak adalah Jengkol yang berasal dari Jepara. Jengkol Jepara itu memang yang paling enak dan paling mahal di pasaran, lebih legit rasanya, dan memang benar-benar beda dibanding jengkol lain.

Berbagai macam menu yang di hilangkan di Republik Jengkol diantaranya adalah Jengkol Lada Hitam, Nasi Goreng Jengkol, Mie Goreng Jengkol, Tongseng Jengkol, Semur Jengkol, Rendang Jengkol, Soto Jengkol Betawi, Pasta Jengkol, Balado Jengkol, Rendang Jengkol, Mie Goreng Jengkol, Jengkol Sambal Hijau, bahkan anda bisa menemukan Kopi Jengkol disini.
Gambar Kopi Jengkol
Rumah makan Republik Jengkol cabang pertama yang didirikan oleh Fatoni,  setelah lima tahun memulai usahanya bersama sahabatnya. Gerai pertama Republik Jengkol berada di Jalan Kerja Bakti No 16B, tepat di depan Masjid Jami Attarbiyah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Selain Republik Jengkol, terdapat Republik Jengkol Café yang mengusung tempat makan serba jengkol berkonsep Café. Hal ini dilakukan untuk menggaet kaula muda untuk tidak malu menikmati Jengkol.

Walaupun Jengkol memiliki bau yang menyengat, namun siapa sangka jika Jengkol memiliki beberapa khasiat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi Jengkol, diantaranya :

1. Pembentukan Jaringan Tubuh
Kandungan protein yang tinggi pada Jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Kandungan protein pada Jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

2. Mencegah Anemia
Jengkol juga kaya akan zat besi di mana zat besi ini sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. Anda pastinya tahu bahwa bila tubuh kekurangan zat besi, produksi sel-sel darah merah akan berkurang, akibatnya persediaan oksigen dan zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh seluruh sel dalam tubuh juga akan berkurang.

3. Memperkuat tulang dan gigi
Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang ada di dalam Jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini adalah zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kalsium dan fosfor dapat mencegah tulang keropos (osteoporosis). Jadi, sering mengkonsumsi Jengkol dengan porsi yang cukup dapat membuat tulang pada tubuh anda menjadi lebih kuat.

4. Anti Oksidan
Jengkol mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan vitamin C juga berperan sebagai zat antioksidan.

5. Mencegah Diabetes
Di dalam buah Jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam Jengkolat. Asam Jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah Jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal.

Bagaimana? Setelah tahu bahwa ternyata terdapat tempat makan yang menyediakan berbagai macam makanan serba Jengkol dan beberapa manfaat Jengkol, apakah anda mulai ingin mencobanya? Jika anda hendak ke Republik Jengkol, berikut adalah alamat dan official sosial medianya :

Gambar Cafe Republik Jengkol
Republik Jengkol
Jl. Kerja Bakti No. 16 (Depan Masjid Jami Attarbiyah)
Kramat Jati, Jakarta Timur

Republik Jengkol Café
Jl. Raya Bogor KM.24 No.27 (Samping Pool Blue Bird)
Cijantung, Jakarta Timur

Fanpage Facebook : Republik Jengkol

Harga menu Jengkol di Republik Jengkol ini berkisar antara Rp 18.000 - Rp 24.000 belum termasuk nasi putih. Jam buka warung makan Republik Jengkol mulai dari pukul 11.00 - 22.00 WIB. Silakan datang dan nikmati Jengkol enak dan mantap di Republik Jengkol.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Republik Jengkol, tempat makan serba Jengkol.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar