Cara Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Tubuh kita terdiri dari berbagai organ yang terkadang tidak selalu dalam keadaan sehat sepanjang waktu. Pada saat tertentu, tubuh juga bisa mengalami bermacam gangguan jika kita tidak menjaganya dengan baik.

Salahsatu penyebab yang dapat menyebabkan gangguan dalam tubuh adalah adanya toksin atau racun dalam tubuh, bahkan seringkali dapat merusak kesehatan tubuh kita. Cara menanggulanginya adalah dengan mengetahui akan tanda-tanda bahwa dalam tubuh sedang terdapat racun berbahaya. Sehingga kita pun bisa dengan mudah untuk membersihkannya, caranya adalah dengan Detoksifikasi.
Pengertian Detoksifikasi
Tubuh manusia terbentu dari berbagai macam organ tubuh serta memiliki fungsi bervariasi. Seperti halnya Ginjal, Paru – Paru, dan Hati menjadi benteng pertahanan tubuh terhadap toksin yang menggerogoti kesehatan tubuh.

Dengan adanya racun dalam tubuh, berbagai macam penyakit akan mudah timbul, baik itu jenis penyakit ringan maupun serius. Hal ini terjadi karena daya imunitas tubuh kita tidak lagi mampu mengatasi virus maupun racun yang menyerang. Sehingga, bisa saja secara tiba-tiba tubuh mulai merasa tidak nyaman, kurang bergairah, dan lelah secara tak terduga.

Berikut adalah 8 cara mengeluarkan racun dari Tubuh menurut Food Daily dari berbagai sumber :

1. Puasa
Anda mungkin sering menjalankan puasa. Tanpa anda sadari, sebenarnya hal tersebut juga secara tidak langsung melakukan pembersihan tubuh dari racun saat menjalankan puasa. Puasa ini bisa dilakukan beberapa jam, tidak harus sesuai dengan apa yang selama ini dilakukan oleh umat Muslim, dari Imsak hingga Adzan Magrib.

Selama proses puasa, anda tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Waktu tersebut dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk pembersihan diri serta dapat digunakan tubuh untuk beristirahat sejenak. Ini adalah kesempatan tubuh untuk mengatur ulang fungsinya, pemulihan, dan penyegaran.

2. Minum Air lebih banyak
Tubuh manusia mengandung kurang lebih 80% air, sehingga kita sangat memerlukan air untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Saat anda minum, sebenarnya tidak hanya memuaskan dahaga atau haus, namun juga membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Ketika anda ingin mengeluarkan racun dari  tubuh, anda akan membutuhkan lebih banyak air daripada biasanya. Minumlah 8 hingga 10 gelas air putih per hari. Porsi tersebut sudah cukup untuk menyediakan air untuk tubuh, namun anda perlu menambah konsumsi air saat anda melakukan Detoksifikasi.

Selain itu, sesuaikan kebutuhan air dalam tubuh sesuai dengan aktifitas yang anda lakukan. Jika anda melakukan aktifitas berat, konsumsilah lebih banyak air.

3. Lakukan aktivitas yang dapat mengeluarkan keringat
Salah satu cara tubuh dalam mengeluarkan racun adalah dengan melalui keringat. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri terkandung di dalam keringat yang anda keluarkan. Sehingga, kandungan tersebut tidak mengendap dalam tubuh dan dibuang oleh keringat.


Bagaimana cara mengeluarkan keringat? Anda bisa melakukannya dengan cara berolahraga atau pergi ke untuk bersauna. Olahraga merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh, selain tetap bugar, dapat juga membantu tubuh mengeluarkan racun.

4. Konsumsi Sayur dan Buah
Seperti yang sudah sama-sama kita ketahui, sayur dan buah mengandung banyak zat penting yang dapat membantu fungsi tubuh. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya, anda juga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Kandungan serat dalam sayur dan buah dapat membantu tubuh menghilangkan racun dari tubuh.

5. Jauhkan kebiasaan yang tidak baik
Anda seorang perokok? Sebaiknya hentikan kebiasaan merokok anda. Rokok dan asap yang terhirup pastinya adalah racun bagi tubuh. Begitu juga jika terbiasa minum minuman ber alkohol, sebaiknya juga tinggalkan kebiasaan ini. Alkohol dapat memberatkan kerja hati, ini tentu tidak baik dan organ tubuh akan kesusahan mengeluarkan racun dari tubuh.

Jika Anda penggemar kopi, tinggalkan dulu sejenak untuk menikmati sajian kopi anda setiap harinya. Kopi mengandung kafein yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Ganti minuman kopi anda setiap pagi dengan secangkir Teh Hijau.


Meskipun kopi dan teh sama-sama mengandung kafein, namun jenisnya berbeda. Teh hijau juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan, yang dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

6. Minum Jeruk Nipis Peras setiap pagi
Anda bisa minum Jeniper atau Jeruk Nipis peras setiap pagi saat lambung masih kosong, hal ini dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi sebelum proses dalam tubuh lainnya mulai bekerja.

Air Jeruk Nipis dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh, membersihkan tubuh dari racun, dan juga melancarkan pencernaan. Anda dapat merasakan hasilnya setelah melakukan rutinitas ini dalam jangka panjang.

7. Kurangi Konsumsi Gula
Mengurangi konsumsi gula termasuk pemanis buatan merupakan sebuah usaha untuk mengurangi racun dalam tubuh. Mengkonsumsi banyak gula dapat memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin.

Sebaiknya, pilihlah makanan sumber gula (karbohidrat) yang juga mengandung serat, seperti gandum, oat, dan beras merah, sehingga anda mendapatkan manfaat lebih.

8. Cukup Tidur
Selain berpuasa, tidur merupakan waktu tubuh beserta organ didalamnya untuk beristirahat, sehingga tubuh segar kembali keesokan harinya. Tidur cukup setiap malam dapat membantu tubuh dalam mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh, karena saat tidur organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat bangun.

Kurang tidur juga dapat melemahkan sistem imun, sehingga anda akan mudah terserang penyakit.

Bagaimana? Setelah anda tahu betapa berbahayanya racun dalam tubuh, apakah anda akan meninggalkan kebiasaan buruk anda dan beralih ke hidup sehat untuk kebaikan organ tubuh anda? Itulah Cara Mengeluarkan Racun Dari Tubuh menurut Food Daily yang diambil dari Hello Sehat dan berbagai sumber lainnya. Smoga bermanfaat dan Sehat selalu untuk Kita!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Cara Mengeluarkan Racun Dari Tubuh.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar