Manfaat dan Kandungan yang terdapat dalam beras Hitam

Beras Hitam memang kurang popular dibandingkan dengan beras Merah, palagi beras Putih yang setiap hari menjadi konsumsi wajib bagi masyarakat Indonesia. Menurut hasil penelitian dari peneliti asal Universitas Sebelas Maret oleh Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto MSc, beras hitam terbukti mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, salahsatunya adalah Antosianin. 

Antosianin bagi tubuh kita berfungsi sebagai Antioksidan dan Antikolesterol. Dalam beras Hitam, kandungan Antosianin dalam beras Hitam mencapai 200-400mg/100gr. Kandungan ini bahkan lebih tinggi jika dibandingnkan dengan beras Merah.
Selain itu, beras Hitam juga mengandung Zat Besi yang jumlahnya tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan Zat Besi yang terkandung dalam beras Putih. Kandungan ini sangat potensial untuk menangani Defisiansi Zat Besi yang banyak terjadi di negara berkembang.

Kandungan lain yang terdapat dalam beras hitam antara lain adalah Serat, Vitamin E, dan memiliki kadar Gula rendah. Disamping kaya akan Nutrisi, nasi yang berasal dari beras Hitam enak dan sangat pulen jika dibandingkan dengan beras Putih. Perlu diingat bahwa Beras Hitam sangat berbeda dengan Ketan Hitam, baik dari segi aroma, tekstur, maupun rasa. 

Namun kayanya manfaat akan beras Hitam tidak sebanding dengan persediaannya dipasaran kareana varietas padi Hitam belum popular dikalangan petani Indonesia. Cara memasak beras Hitam sedikit berbeda dengan beras Putih, tapi tidak terlalu berbeda dengan beras Merah. Caranya adalah sebagai berikut :

Pertama, siapkan beras Hitam dalam wadah, bersihkan beras Hitam dengan air, remas-remas sebentar, bilas lalu ulangi dua sampai tiga kali. 

Kedua, rendam beras Hitam dalam air yang kira-kira tingginya seukuran satu ruas jari, lalu rendam selama tigapuluh sampai enampuluh menit. 

Ketiga, setelah selesai direndam, buang air rendaman, lalu ganti dengan air baru. Perbandingannya adalah 1 mangkuk beras Hitam membutuhkan tiga mangkuk air agar nasi yang dihasilkan tidak keras. 

Keempat, masak nasi Hitam di Rice Cooker dan tunggu beberapa saat hingga matang. Setelah matang, beras Hitam siap untuk dinikmati.

Warna Hitam beras berasal dari lapisan Bekatul atau yang sering juga disebut sebagai Aleuron, sedangkan bagian bulir berasnya atau Rice Kernel mengandung Pigmen Antosianin yang berwarna ungu, dengan intensitas tinggi, maka warna beras menjadi ungu pekat mendekati Hitam.     

Apakah kandungan Zat Besi Beras Hitam lebih banyak dari Beras Putih?
Jika dilihat dari komposisi tabel pangan Indonesia, justru beras Putih memiliki kandungan Zat Besi lebih banyak dibandingkan dengan beras Hitam. Walupun kandungannya lebih tinggi, namun keduanya memiliki jumlah Zat Besi yang sangat kecil.

Jadi dapat dikatakan bahwa beras Putih, beras Merah, dan beras Hitam bukan merupakan sumber dari Zat Besi, jadi tujuan mengkonsumsi ketiga jenis beras tersebut adalah bukan untuk memenuhi kebutuhan Zat Besi.

Apa beda kandungan Gizi beras Hitam dibanding beras Putih dan Merah?
Kandungan yang paling jelas adalah terdapat pada Seratnya. Dalam proses pengolahannya beras Hitam tidak terdapat pengulitan, jadi zat Gizinya masih lengkap, seratnya masih tinggi, dan vitamin yang terkandung dalam kulitnya juga sangat tinggi.

Jadi bisa dikatakan bahwa beras Hitam itu unggul dalam hal kandungan Serat, kandungan Vitamin B kompleks, dan beberapa Mineral, serta warna Hitam pada beras Hitam berfungsi sebagai Zat Antioksidan.

Apakah baik mengkonsumsi beras Hitam setiap hari?
Walupun memiliki kandungan seperti apa yang disebutkan diatas, ternyata tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi beras Hitam setiap harinya, karena terdapat nilai kekurangannya juga yaitu beras Hitam mengandung Zat Asam Fitat.

Zat ini dapat menghambat penyerapan Zat Besi dan Kalsium, jadi jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan Zat Besi dan Kalsium bersama beras Hitam, maka Zat Besi dan Kalsium yang ada tidak akan terserap sempurna.

Itulah manfaat dan kandungan yang terdapat dalam beras hitam menurut Food Daily, jika menurutmu masih terdapat manfaat ataupun kandungan lain dalam beras hitam, silahkan ditambahkan ke kolom komentar yaa..

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Manfaat dan Kandungan yang terdapat dalam beras Hitam.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar