Penyebab Penderita Mag Dilarang Memakan Buah Nangka

Nangka adalah buah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengkonsumsi buah tersebut. Ada yang tidak suka buah Nangka karena rasa atau aromanya, namun ada juga yang tidak bisa memakan Nangka karena penyakit mag. Penderita sakit mag dilarang mengonsumsinya.

Mag atau gastritis adalah penyakit radang yang terjadi pada lambung. Gejala mag biasanya seperti nyeri perut bagian kiri atas, mual, muntah, dan perut kembung. Penyebab mag bermacam-macam, bisa terjadi dari beberapa jenis minuman dan makanan, salah satunya adalah buah nangka.
Bahaya Nangka untuk Penderita Mag
Buah nangka mengandung vitamin C dan A yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Buah ini juga mengandung magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan sel darah.
Berikut adalah alasan mengapa orang yang memiliki sakit mag dilarang mengkonsumsi buah Nangka :

Berserat Tinggi
Nangka termasuk buah yang tinggi akan kandungan serat. Penderita mag sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berserat tinggi dikarenakan dapat membuat lambung bekerja ekstra. Hal ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Rasanya Asam
Buah nangka memiliki pH atau tingkat keasaman 5,8. Walaupun tidak terlalu asam, buah nangka masih tergolong asam sehingga dapat merangsang produksi asam lambung yang lebih banyak dan membuat perut penderita mag perih dan nyeri.

Memicu Produksi Gas
Selain itu, buah nangka juga dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran cerna. Sehingga perut Anda akan terasa kembung. Oleh karena itu, sebaiknya penderita mag jangan mengonsumi buah nangka.
Jika Anda menderita sakit mag, sebaiknya hindari makan buah nangka meski dalam kadar yang rendah. Apabila Anda tetap bersikeras, maka jangan kaget jika sakit mag Anda dapat bertambah parah!

Apakah sakit mag bisa disembuhkan?

Jika Anda adalah salah satu penderita sakit mag, tidak perlu khawatir. Penyakit yang satu ini bisa disembuhkan. Tapi yang perlu diingat adalah mengetahui penyebabnya dan mengobatinya dengan benar.

Terdapat dua penyebab sakit mag :

Penyebab organik
Mag organik terjadi karena adanya kelainan anatomi tubuh. Contohnya luka di kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari Úntuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan pemeriksaan endoskopi (menggunakan teropong di saluran pencernaan atas).

Penyebab Fungsional
Mag fungsional terjadi apabila pemeriksaan endoskopi yang dijalani penderita memberikan hasil yang nihil. Atau bisa juga karena tidak tidemukan adanya perlukaan pada organ-organ di saluran cerna. Keturunan (faktor genetik) dan gaya hidup adalah penyebab yang mendasari mag jenis ini.

1. Faktor gaya hidup yang mendasari mag fungsional, yakni:
Pola makan yang tidak teratur, merokok, konsumsi alkohol dan stres

2. Konsumsi makanan yang merangsang peningkatan asam lambung, seperti:
Kopi, sari buah sitrus, susu, makanan yang sangat pedas atau asam,

3. Makanan yang memperlambat pengosongan lambung, seperti
Cokelat, keju, dan makanan berlemak

4. Makanan dan minuman yang mengandung banyak gas, seperti sayur sawi, kol, brokoli, buah nangka dan minuman bersoda

Anda penderita mag organik? Jika pengobatan dilakukan dengan tepat, maka sakit mag tidak akan terjadi lagi.

Bagaimana dengan penderita sakit mag fungsional? Selama Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dan menghindari faktor-faktor pencetus asam lambung meningkat, maka penyakit ini tidak akan kambuh lagi.

Referensi : KlikDokter
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Penyebab Penderita Mag Dilarang Memakan Buah Nangka.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar