Tren Gaya Hidup Sehat, dari Infused Water hingga Diet Mayo

Kini gaya hidup sehat tengah menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Rutinitas yang padat dan juga polusi yang cukup tinggi, hingga akses untuk mendapatkan makanan dan minuman yang sehat membuat orang yang tinggal di perkotaan berlomba-lomba untuk meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih sehat.

Media sosial berperan penting dalam membantu bagaimana cara untuk hidup sehat, lalu apakah cara hidup sehat ini menjadi solusi?
Makanan Sehat

Menurut dr. Itah Sri Utami, selaku lulusan FK UPN & Spesialis Kedokteran Penerbangan FK UI mengatakan, “Saat ini trend yang terjadi bukan lagi 4 sehat 5 sempurna, namun lebih ke arah makanan gizi seimbang. Artinya, kita mengkonsumsi makanan berdasarkan dari kebutuhan dan aktifitas, serta berdasarkan berat badan orang tersebut.”

Bagaimana cara membuat makanan yang sehat? Dan bagaimana pula mendapatkannya? Pertanyaan seperti ini sering muncul setelah gaya hidup sehat merebak di Indonesia. Makanan Sehat adalah makanan yang sarat akan Gizi dan bermanfaat meningkatkan kondisi kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.

Mengetahui hal tersebut, banyak produsen makanan mulai membuat formula yang tepat dan sehat untuk produk-produknya, yang dibuat dari bahan organic bebas gluten dan bebas laktosa. Trend makanan sehat yang sedang trending saat ini diantaranya adalah :

Catering Diet Mayo : Catering ini selalu menyajikan menu-menu yang sehat dan juga tidak menggunakan pestisida, selain itu catering ini menggunakan produk-produk organic dan juga rendah kalori.

Sesuai dengan namanya, Catering Diet Mayo diperuntukan bagi mereka yang sedang Diet dengan cara tidak makan yang mengandung garam dan minuman yang mengandung es sama sekali selama 13 hari berturun-turut. Dalam 13 hari, program Diet Mayo ini mampu membantu menurunkan berat badannya sebesar 7-8 kg berat tubuh. Karena memiliki menu khusus untuk melancarkan program diet, sehingga membuat keseimbangan dalam tubuh menjadi lebih baik.

Biji Chia : Biji Chia adalah merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L, yang berasal dari benua Amerika, khususnya negara Meksiki dan Guatemala, di negara asalnya, Biji Chia dijadikan Super Food terbaik. Biji Chia kaya akan Omega 3, Antioksidan, Protein, dan Kaya Serat.

Menurut penelitian, Biji Chia bermanfaat untuk memerangi Diabetes Melitus, menjaga kekuatan Tulang dan Gigi, menjaga kesehatan Jantung, dan baik juga untuk perkembangan Otak.

Sayuran Kale : Seperti biji Chia, sayuran Kale juga kurang popular di telinga masyarakat Indonesia, namun di benua Eropa, Amerika, dan juga di negara Jepang, sayuran Kale ini sangat favorite karena nutrisi yang terkandung didalamnya sangat tinggi, sehingga banyak yang mengatakan bahwa sayuran Kale adalah Ratu Sayuran.

Sayuran Kale masuk ke dalam sayuran hijau yang sangat disarankan untuk dikonsumsi untuk makanan sehat. Sayuran ini direkomendasikan untuk dikonsumsi demi kesehatan dan bahkan dijadikan keripik. Menurut para ahli, sayuran ini tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak sekalipun, kecuali bagi mereka yang memiliki masalah dengan Kelenjar Tiroin dan Batu Ginjal.

Kandungan Glukosinolate yang terkandung dalam sayuran ini dapat memperbesar kelenjar tiroid dan asam oksalat yang kurang baik untuk penderita batu ginjal.

Buah Kering : Departemen Pertanian merekomendasikan agar anda mengkonsumsi buah kering sebanyak satu setengah sampai dua cangkir setiap harinya. Terkadang anda merasa malas ketika memakan buah dalam kondisi utuh, buah kering ini bisa menjadi solusi karena mengganti konsumsi buah yang harus masuk kedalam tubuh.

Apa manfaat buah kering ini sebagai kategori makanan sehat yang sedang trend? Menurut para ahli menyebutkan bahwa buah kering dapat menormalkan tingkat gula darah karena mampu memperlambat penyerapan Glukosa setelah makan serta serat larut yang bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Buah kering juga mampu meningkatkan ingatan dan mampu menjaga usus besar yang sehat.

Selain makanan sehat yang sedang menjadi trend saat ini, terdapat juga minuman sehat yang sedang popular. Pernahkah anda melihat orang yang membawa botol minuman lalu didalamnya terdapat air beserta buah? Ini disebut Infuse Water.

Infused Water : Infuse Water adalah  air putih biasa yang sudah dicelupkan dan direndamkan beberapa potongan buah-buahan atau herbal. Minumam ini juga dipercaya berkhasiat untuk proses Detoksifikasi sudah menjadi trend dikalangan anak muda hingga orang tua.

Minuman yang dipopulerkan oleh blogger asal Amerika Serikat ini memang cukup mudah untuk membuatnya. Banyak ragam racikan yang dikombinasikan dalam pembuatan Infuse Water. Ada yang menggunakan potongan buah Sitrus seperti Apel, Jeruk, Nanas, Strawberry, dan lainnya.

Namun utamakan buah yang mengandung Vitamin C tinggi, diamkan rendaman buah dalam air selama kurang lebih 2 jam agar sari buahnya lebih terasa.

Itulah beberapa trend gaya hidup sehat dari Infused Water hingga Diet Mayo yang bisa saya sampaikan melalui blog Food Daily. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembacanya. Salam Sehat untuk kita semua!.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Tren Gaya Hidup Sehat, dari Infused Water hingga Diet Mayo.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar