Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil

Buah merupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin. Sehingga, rutin mengkonsumsi buah selama hamil merupakan tindakan yang sangat penting dan sangat dianjurkan untuk kesehatan ibu dan janin yang ada pada kandungan.

Buah sudah terbukti dapat membantu ibu hamil mendapatkan gizi tambahan untuk menunjang tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungan. Terdapat bermacam buah yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, namun beberapa buah berikut ini merupakan rekomendasi yang baik dikonsumsi saat hamil, diantaranya :

Buah untuk Ibu Hamil

Alpukat
Kandungan folat yang terdapat pada alpukat dipercaya dapat menunjang perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin, sehingga dapat mencegah cacat bawaan lahir. Mengkonsumsinya secara rutin akan memberikan efek baik bagi tumbuh kembang bayi.

Baca Juga : Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Mangga
Semua nutrisi penting untuk wanita hamil dapat diperoleh dari buah satu ini. Buah Mangga kaya akan zat besi, vitamin C, A, B6, potasium, dan folat yang memiliki kesamaan fungsi dengan buah Alpukat diatas.

Pisang
Pisang adalah buah yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin selama masa hamil. Hal ini karena pisang mengandung kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh janin. Tidak hanya itu, buah kuning ini juga efektif untuk menghilangkan keram dan kelelahan ibu hamil.

Ceri
Selain mengandung banyak vitamin C, ceri juga menjadi buah yang bagus untuk membantu meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi. Di samping itu, buah Ceri juga mengandung melatonin, hormon yang merangsang pertumbuhan sel, dan membantu untuk tidur.

Pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami masalah dengan kegelisahan dan tidak bisa tidur nyenyak. Namun, dengan memakan buah ceri, kegelisahan dan gangguan tidur tersebut bisa teratasi.

Baca Juga : Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C, folat, serta serat, yang semuanya baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Semangka
Kebutuhan tubuh terhadap air akan meningkat saat memasuki masa kehamilan. Maka dari itu, mengonsumsi semangka adalah cara yang baik agar tubuh tetap terjaga dari dehidrasi. Selain itu, semangka juga dipercaya dapat mengurangi kram otot saat memasuki trimester akhir kehamilan.

Apel
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel selama hamil dapat mengurangi risiko alergi pada bayi ketika dilahirkan nanti. Selain itu, buah ini juga dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh, serta kaya akan vitamin C, A, E, D, dan seng.

Dengan begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam buah, maka sebaiknya mengkonsumsi buah secara rutin untuk kebaikan janin dan juga ibu hamil. Semua tetap dalam porsinya dan tidak berlebihan yaa. Sehat selalu untuk kita semua.

Sumber : Klik Dokter
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar