12 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Pentingnya mengkonsumsi sayuran telah ditanamkan oleh nenek moyang sejak jaman dahulu. Saat ini masyarakat seakan tersadar kembali mengenai hal tersebut dan mulai memahami manfaat dari sayuran setelah sebelumnya dialihkan dengan makanan-makanan instan dan modern. Untuk meyakinkan hal tersebut, mari kita simak manfaat sayuran di bawah ini.

Manfaat Mengkonsumsi Sayur

Manfaat Mengkonsumsi Sayuran Bagi Kesehatan


Selain harganya yang murah atau bahkan dapat tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah, sayuran ternyata juga kaya akan manfaat, terutama bagi kesehatan. Untuk itulah para orang tua selalu menegaskan kepada anak-anak mereka akan pentingnya mengkonsumsi sayuran. Tidak hanya dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan tertentu, akan tetapi juga dapat dikreasikan menjadi jus maupun es krim sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi anak-anak. Adapun manfaat yang dapat diperoleh terutama bagi kesehatan anak-anak namun juga berperan dalam kesehatan orang dewasa adalah:

1. Menyehatkan Pencernaan

Sebenarnya manfaat ini tidak hanya berlaku bagi anak-anak. Namun aktivitas yang padat ditambah nutrisi yang belum dapat diatur sedemikian rupa pemberiannya seperti pada orang dewasa membuat anak-anak lebih mudah terkena masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Sayuran yang tinggi serat ditambah konsumsi cairan yang cukup dapat membantu menyehatkan pencernaan. Inilah salah satu alasan utama pentingnya mengkonsumsi sayuran seperti yang kerap ditampilkan pada iklan televisi, terutama yang berkaitan dengan cara melancarkan buang air besar.

2. Mencegah Kanker

Untuk kasus yang satu ini, pentingnya mengkonsumsi sayuran menjadi hal yang harus disadari semua kalangan karena penyakit kanker terbentuk melalui sebuah proses yang panjang. Kanker tidak serta merta terjadi dan oleh sebab itu kebiasaan mengkonsumsi sayuran harus ditanamkan sejak lama. Adapun sayuran yang dapat mencegah kanker adalah terong ungu, kubis, bayam, dan wortel. Keempat sayuran tersebut dapat menghambat tumbuhnya sel-sel kanker dan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

3. Memusnahkan Radikal Bebas

Tentu banyak sekali efek buruk yang diakibatkan oleh radikal bebas. Berbagai macam penyakit mulai dari yang ringan hingga berat biasanya diakibatkan oleh radikal bebas. Untuk menangkalnya diperlukan sistem imun yang baik dan hal itu dapat diperoleh dari mengkonsumsi sayuran. Bagi anak-anak yang sistem imunnya mudah turun terutama akibat perubahan cuaca dan kelelahan dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi banyak sayuran terutama karena mereka belum mudah diatur untuk mengkonsumsi vitamin secara rutin seperti orang dewasa.

4. Memusnahkan Penyakit Jantung

Siapa saja dapat terserang penyakit jantung. Jenis sayuran yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung adalah sayuran hijau. Sayuran ini dapat diperoleh dengan mudah bahkan tumbuh dengan mudah di sekitar pekarangan rumah. Kandungan yang efektif mencegah penyakit jantung adalah Magnesium, folat, dan Vitamin B. Dengan jantung yang sehat maka pemompaan darah menjadi lancar dan setiap sel dalam tubuh pun tidak akan mengalami kekurangan nutrisi.

5. Menghindari Adanya Kolesterol Jahat

Di Jaman yang serba cepat dan instan ini, konsumsi makanan yang kaya kolesterol sudah umum terjadi terutama akibat penggunaan minyak yang berlebih pada makanan. Kolesterol jahat atau umum disebut LDL memiliki dampak yang besar atas munculnya berbagai penyakit kronis. Salah satunya seperti jantung koroner. Penyakit ini terjadi akibat tersumbatnya aliran darah akibat lemak yang tertahan pada dinding pembuluh darah.

Pentingnya mengkonsumsi sayuran dapat dirasakan bagi para penderita kolesterol tinggi karena setelah mengkonsumsi sayuran biasanya kadar kolesterolnya menjadi turun. Hal ini karena sayuran, terutama yang kaya akan Likopen mampu menangkal kolesterol dan meluruhkannya. Jangan menganggap penyakit ini hanya pada orang dewasa karena saat ini telah banyak kasus anak-anak yang menderita kolesterol berlebih.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tingginya tekanan darah memang umumnya terjadi pada orang dewasa dengan gaya hidup yang buruk. Penyakit ini dapat menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi seperti stroke. Sayuran hijau yang kaya akan Magnesium. Zat ini dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga tetap stabil. Namun jika tekanan darah sudah terlanjur tinggi, maka sayuran yang kaya akan Kalsium dapat membantu untuk menurunkannya. Mentimun merupakan salah satu contoh sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah.

7. Mengurangi Penuaan Dini

Kulit keriput maupun terkesan kendor kini sangat rentan dihadapi seseorang di awal usia 30 tahunnya. Dengan mengkonsumsi sayuran dengan rutin, maka hal tersebut dapat dihindari. Bagian dari sayuran yang berperan dalam fungsi tersebut adalah Vitamin C dan kandungan Kolagennya.

8. Mempercantik Kulit

Pentingnya mengkonsumsi sayuran bagi wanita adalah untuk mempercantik kulit. Bagi wanita muda maupun dewasa, kulit merupakan sebuah aset yang patut dijaga. Bayam merupakan sayuran yang banyak akan zat besi membantu kulit tampak lebih cerah dan tidak pucat. Ini merupakan sebuah daya tarik yang menawan bagi seorang wanita.

9. Menjauhkan Infeksi dan Peradangan

Ketika pergantian musim siapa pun kerap mengalami infeksi pernapasan dan berbagai jenis peradangan. Untuk mengantisipasinya, pilihlah sayuran yang kaya akan kandungan Sulfur seperti Tauge. Dengan demikian Anda sekeluarga akan terhindar dari masalah peradangan.

10. Menutrisi Otak

Otak memegang peranan yang paling penting dalam tubuh manusia. Agar anak-anak tumbuh menjadi pintar, maka konsumsi sayuran tidak boleh dilewatkan terutama seledri dan kemangi. Sayuran ini membantu meningkatkan mood serta membantu menutrisi perkembangan otak. Olahlah kedua sayuran tersebut menjadi sesuatu yang digemari anak-anak. Sedangkan bagi orang dewasa, nutrisi pada sayuran akan memberikan nutrisi yang cukup pada otak untuk mengingat sehingga Anda tidak akan menjadi mudah pikun.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Sayuran

11. Detoks Bagi Tubuh

Rangkaian polusi memberi banyak racun bagi tubuh. Untuk menetralkannya, brokoli memegang peran penting dalam kasus ini. Pentingnya mengkonsumsi sayuran dewasa ini adalah untuk mensekresi racun dalam tubuh. Saat ini sangat sulit menghindari polusi yang ada dan bahkan olahraga pun menjadi sulit dilakukan akibat kesibukan. Oleh sebab itulah mengkonsumsi sayuran menjadi satu-satunya penyelamat dalam hal detoksifikasi pada tubuh.

12. Menjaga Kesehatan Mata

Wortel adalah sayuran yang sudah sangat terkenal dalam perannya menjaga kesehatan mata. Rasanya juga sangat pas pada lidah anak-anak. Kandungan Vitamin A pada Wortel dapat membantu anak-anak mengatasi masalah kesehatan mata. Mencegah sejak dini akan jauh lebih menguntungkan daripada mengobati. Mata lelah pun dapat disembuhkan dengan sayuran terutama akibat penggunaan gadget terlalu lama.

Pentingnya mengkonsumsi sayuran kini menjadi sangat jelas alasannya baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Mulailah menambahkan lebih banyak sayuran pada menu makanan harian Anda. Pastikan juga sayuran diolah dengan benar agar tidak kehilangan kandungan gizinya. Mulailah dari sayuran hijau yang banyak terdapat di sekitar atau menanamnya sendiri tentu akan lebih baik karena lebih sehat akibat tidak adanya penggunaan pestisida. Mengkonsumsi sayuran sudah sepantasnya menjadi menu wajib Anda.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk 12 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Sayuran.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar