10 Keuntungan Mengkonsumsi Buah Secara Rutin

Banyak orang yang enggan atau bahkan malas mengkonsumsi buah, padahal buah-buahan mengandung banyak sekali manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Sayangnya jumlah orang yang menyadari keuntungan mengkonsumsi buah ini sangat sedikit mereka lebih senang mengkonsumsi makanan cepat saji dan berbagai jenis softdrink.

Konsumsi Buah


Keuntungan Dari Mengkonsumsi Buah Setiap Hari


Mengkonsumsi buah secara rutin jauh lebih baik daripada mengkonsumsi daging dan sejenisnya. Berbagai survei membuktikan bahwa seorang vegetarian atau masyarakat yang gemar mengkonsumsi buah memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi. Daya tahan tubuh inilah yang menjadi benteng agar berbagai virus tidak mudah mengancam kesehatan. Berikut adalah beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan apabila rutin mengkonsumsi buah-buahan:

1. Mengatasi  Masalah Obesitas

Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin ternyata dapat mengatasi masalah berat badan. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih, serat yang terkandung dalam buah dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Efek kenyang inilah yang dapat menekan hasrat seseorang untuk terus makan dan ngemil.

2. Menyegarkan Tubuh

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam buah-buahan cukup tinggi jika dibandingkan asupan makanan lainnya. Vitamin sangat memegang peranan penting dalam pembentukan energi sementara mineral berfungsi untuk menjaga sel-sel dalam tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan secara rutin dapat menyegarkan tubuh bahkan menjadikannya lebih enerjik dan bertenaga.

3. Melancarkan BAB

Selain berguna dalam mengatasi masalah berat badan keuntungan mengkonsumsi buah yang selanjutnya adalah terkait dengan pencernaan. Seperti yang sudah diberitahukan di awal bahwa buah mengandung banyak sekali serat. Serat-serat ini dapat membantu melunakkan fases dan melancarkan siklus BAB di kalangan berbagai usia.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan zat antioksidan yang terkandung di dalam buah mampu meningkatkan fungsi otak. Seseorang yang rutin mengkonsumsi buah-buahan segar bebas pestisida cenderung memiliki sistem fungsi otak yang lebih baik daripada orang yang jarang mengkonsumsi buah-buahan. Keuntungan mengkonsumsi buah juga dapat mencegah penyakit alzheimer yaitu penyakit kepikunan. Buah-buahan bersifat menjaga atau melindungi.

Sel-sel otak yang dilindungi akan semakin kuat dan sistem kerjanya dapat lebih meningkat dari biasanya.  Kumpulan vitamin, mineral dan antioksidan ini juga dapat menutrisi otak sehingga otak tidak cepat lelah bahkan menjadikan otak memiliki sistem kerja yang semakin baik. Karena asupan nutrisi yang mencukupi performa otak juga akan semakin maksimal.

5. Menghindarkan Dari Serangan Penyakit Kolagen

Keuntungan mengkonsumsi buah yang belum banyak diketahui adalah dapat menghindarkan diri dari penyakit kolagen. Penyakit kolagen berbeda dari penyakit kulit pada umumnya, jika penyakit kulit disebabkan oleh virus dan bakteri maka penyakit kolagen lebih disebabkan dari asupan makanan. Buah-buahan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat berperan memperbaiki sistem kulit yang rusak karena penyakit kolagen.

Secara perlahan-lahan apabila Anda rutin mengkonsumsi sejumlah buah-buahan secara rutin kulit pun akan turut ternutrisi. Apabila kulit dalam kondisi yang ternutrisi maka dapat dipastikan bahwa kulit tersebut sehat dan akhirnya dapat memproduksi kolagen secara alami dari dalam tubuh. Semakin terpenuhinya kolagen tersebut maka peluang untuk terkena penyakit kolagen akan semakin sedikit.

6. Mengobati dan Sebagai Pencegahan Penyakit Kanker

Siapa sangka ternyata keuntungan mengkonsumsi buah yang paling penting adalah mengobati dan mencegah tubuh dari kanker. Tubuh yang kekurangan asupan nutrisi vitamin dapat dengan mudah dikalahkan oleh virus-virus kanker. Namun sebaliknya jika Anda rutin mengkonsumsi buah-buahan dalam berbagai olahan baik dimakan langsung maupun dijus maka sel-sel penyebab penyakit kanker akan luruh.

Buah-buahan juga dapat menjadi detoks bagi tubuh, segala macam racun dapat keluar apabila Anda rutin mengkonsumsi buah. Semakin kuat tubuh Anda melawan berbagai virus dan penyakit maka semakin kecil pula Anda terserang penyakit kanker dan sejenisnya.

7. Sebagai Sumber Utama Asupan Antioksidan Bagi tubuh

Tanpa adanya asupan antioksidan dalam tubuh, tubuh akan semakin mudah terserang berbagai macam penyakit dan terkontaminasi radikal bebas. Melihat hal tersebut dapat diketahui bahwa keuntungan mengkonsumsi buah adalah untuk meningkatkan kadar antuioksidan dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan antioksidan akan terlihat pucat, lesu, lemah dan tidak bertenaga.

Asupan antioksidan yang tinggi dan aman satu-satunya adalah dari buah-buahan terutama buah yang banyak mengandung vitamin C, Vitamin A dan Vitamin E. Pada dasarnya semua jenis buah-buahan mengandung antioksidan namun kadarnya berbeda-beda dan kadar terbanyak adalah berasal dari buah-buahan yang mengandung ketiga vitamin tersebut.

8. Mempercantik Kulit

Bagi Anda yang ingin memiliki kulit cerah, glowing, sehat dan kenyal ada cara alami yang dapat dicoba tanpa harus menggunakan berbagai macam krim-krim mahal. Cukup dengan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari, semua jenis buah-buahan memiliki efek yang bagus untuk kulit. Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa buah-buahan sebagai penangkal radikal bebas.

Kulit yang sehat harus terlindungi dari luar dan dalam, salah satu perawatan dari dalam adalah dari asupan nutrisi yang diperoleh ketika mengkonsumsi buah-buahan. Bergembiralah bagi Anda yang sudah rutin mengkonsumsi buah-buahan sebab bukan tubuh dan berat badan saja yang menjadi terkontrol melainkan masalah kesehatan kulit juga lebih terawat.

9. Sebagai Pencegah Penyakit Jantung Koroner

Keuntungan mengkonsumsi buah yang sedang banyak diperbincangkan oleh masyarakat adalah dapat mencegah seseorang dari penyakit jantung koroner. Penyakit jantung adalah penyakit yang paling membahayakan dan mematikan, hal ini dikarenakan aliran darah yang tidak lancar dan tersumbat oleh lemak.

Kebanyakan penderita penyakit jantung koroner adalah mereka yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji dan jarang mengkonsumsi buah-buahan. Sebagai upaya pencegahan, apabila Anda rutin mengkonsumsi buah-buahan maka kandungan vitamin dan mineral dari dalam buah akan masuk dalam tubuh dalam jumlah banyak. Vitamin dan mineral serta berbagai macam kandungan lainnya  akan mengalahkan berbagai macam masalah-masalah penyebab gangguan kesehatan.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Buah


10. Tidak Mudah Sakit

Untuk menjaga sistem daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas tidak perlu susah payah mengkonsumsi berbagai suplemen multivitamin. Cukup konsumsi sejumlah jenis buah-buahan secara teratur itu saja sudah cukup untuk membantu Anda terhindar dari serangan penyakit. Sistem daya tahan tubuh seseorang yang senang mengkonsumsi buah berkali-kali lipat lebih kuat dan lebih siap menghadapi berbagai macam virus.

Ketika Anda rutin mengkonsumsi buah-buahan Anda tidak perlu lagi mengkonsumsi berbagai multivitamin tambahan. Asupan nutrisi dari buah-buahan itu sendiri sudah lebih dari cukup untuk melindungi sel-sel di dalam tubuh dari serangan berbagai virus penyakit terutama virus yang membahayakan.

Banyak sekali keuntungan mengkonsumsi buah secara rutin yang akan Anda rasakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itulah mulai dari sekarang biasakan hidup sehat dengan mengatur pola makan 4 sehat 5 sempurna serta pastikan buah-buahan selalu masuk dalam menu makanan sehari-hari.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk 10 Keuntungan Mengkonsumsi Buah Secara Rutin.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar