9 Manfaat Penting Makanan Sehat dan Bergizi bagi Tubuh

Pada dasarnya makanan (pangan) merupakan salah satu kebutuhan fitrah manusia untuk dapat bertahan hidup, di samping sandang dan papan. Sumber makanan itu sendiri dapat berupa tumbuhan maupun hewan. Sehingga Manusia akan mengolah berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan tersebut untuk dijadikan sumber makanan.

Namun, makanan yang paling baik bagi manusia adalah makanan yang sehat dan bergizi. Sebab makan yang sehat dan bergizi akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi tubuh manusia itu sendiri. Lalu apa saja manfaat makanan sehat dan bergizi bagi tubuh? Simak rangkuman yang telah Food Daily buat berikut ini.

9 Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi yang Perlu Diketahui


Makanan yang sehat dan bergizi merupakan jenis makanan yang memiliki kadar nutrisi yang seimbang. Paling tidak pada makanan tersebut memiliki nutrisi berupa Karbohidrat, Protein, Lemak, serta beberapa jenis vitamin dan garam-garam mineral.


Misalnya seperti Nasi dengan lauknya Ayam, serta pelengkapnya buah-buahan. Makanan sehat dan bergizi seperti ini akan mendatangkan manfaat yang amat baik bagi tubuh. Berikut 9 manfaat makanan sehat dan bergizi yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Manfaat pertama dari makan yang sehat dan bergizi adalah dapat membantu pertumbuhan tubuh. Ketika Anda berada pada masa pertumbuhan, maka Anda harus mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

Hal ini dikarenakan pada saat itu tubuh Anda sedang membutuhkan nutrisi pertumbuhan dalam jumlah yang banyak. Pada beberapa kasus dapat dilihat bahwa mereka yang tidak memiliki asupan nutrisi yang baik, akan mengalami gangguan pada pertumbuhannya. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan membantu pertumbuhan tubuh Anda tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Organ-Organ Tubuh

Sebagaimana diketahui bawah setiap makanan bergizi dan sehat tentu akan memiliki sejumlah nutrisi yang amat baik bagi tubuh. Salah satu fungsi dari nutrisi tersebut adalah menjaga kesehatan dari organ-organ tubuh.

Misalnya nutrisi berupa vitamin C yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan kulit dan vitamin A yang berfungsi memberi asupan nutrisi pada mata. Dengan kondisi organ tubuh yang selalu terjaga kesehatannya, maka manusia pun dapat beraktivitas dengan normal.

3. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat makanan sehat dan bergizi berikutnya adalah mengatur tekanan darah dalam tubuh. Para ahli dalam dunia kesehatan sepakat bahwa salah satu faktor dalam mencegah tingginya tekanan darah tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Tekanan darah sendiri termasuk salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat.

Terutama mereka yang tidak memiliki pola hidup sehat, misalnya dari aspek makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda yang ingin tetap hidup dengan sehat, senantiasa mengkonsumsi makan sehat dan bergizi.

4. Membantu Mengontrol Berat Badan

Salah satu manfaat makanan sehat dan bergizi yang tidak kalah penting adalah dapat membantu Anda dalam mengontrol berat badan. Hal ini dikarenakan makanan jenis tersebut dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Sehingga segala bentuk nutrisi dapat terserap dengan baik.

Hasilnya metabolik tubuh pun akan berlangsung secara normal, serta tidak meninggalkan tumpukan lemak yang begitu banyak. Tidak adanya timbunan lemak dalam jumlah besar membuat tubuh akan tetap dalam ukuran idealnya. Maka dari itu, bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan berat tubuhnya, mereka disarankan untuk kembali mengatur asupan makanan ke jenis makanan yang sehat dan bergizi.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada dasarnya sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu sistem yang penting bagi manusia. Dengan adanya sistem tersebut, maka setiap individu dapat terhindar dari segala bentuk macam penyakit. Sistem kekebalan tubuh dapat meningkat dengan adanya asupan makanan yang terjaga bagi tubuh.

Tentunya makanan tersebut haruslah yang sehat, serta memiliki kadar gizi yang cukup. Sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut dapat diserap dan diproses oleh tubuh untuk membangun sistem kekebalan yang ampuh melawan berbagai jenis penyakit.

6. Membantu Menjaga Kestabilan Emosi

Manfaat makanan sehat dan bergizi selanjutnya adalah dapat menjaga kestabilan emosi. Pada dasarnya setiap orang memiliki tingkat kestabilan emosi yang beragam. Namun, secara umum kestabilan dari emosi tersebut dapat dipengaruhi dari faktor makanan yang masuk ke dalam tubuhnya.

Sehingga bagi mereka yang tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk akan memiliki emosi yang tidak stabil. Hasilnya mereka akan mudah marah, bahkan mudah stress. Maka dari itu agar senantiasa memiliki emosi yang stabil, ada baiknya Anda memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

7. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

manfaat makanan sehat dan bergizi lainnya yang dapat diketahui adalah membantu meningkatkan daya ingat. Berbicara daya ingat, tentunya akan berkaitan dengan sistem kinerja otak sebagai pusat pengolahan informasi yang diterima tubuh. Dalam kinerja otak tentu membutuhkan sejumlah nutrisi yang dapat menunjang kinerjanya tersebut, seperti vitamin B12.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Makanan

Nutrisi yang baik bagi otak dapat diperoleh dengan mengonsumsi makan yang sehat dan memiliki kadar gizi seimbang. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi memiliki khasiat dalam meningkatkan daya ingat seseorang.

8. Memperbaiki Jaringan-Jaringan Tubuh yang Rusak

Salah satu manfaat dasar dari makan yang sehat dan bergizi ini adalah dapat memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Kerusakan pada jaringan tubuh dapat saja dikarenakan adanya luka maupun faktor abnormal lainnya. Kerusakan tersebut dapat ditanggulangi dengan memberikan nutrisi bagi tubuh, agar mampu meregenerasi jaringan itu sendiri.

Asupan nutrisi tersebut diperoleh dari jenis makanan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Dengan mengonsumsi makanan seperti itu, tubuh mampu memperbaiki jaringan yang rusak tadi dengan jaringan yang baru. Sehingga proses metabolisme tubuh dapat berjalan dengan lancar.

9. Mampu Membuat Manusia Beraktivitas dengan Normal

Manfaat makanan sehat dan bergizi terakhir yang dapat diketahui adalah mampu membuat manusia beraktivitas dengan normal. Pada dasarnya manusia dapat beraktivitas dengan normal bila memiliki asupan energi yang cukup. Energi ini diperoleh manusia dari makanan yang dikonsumsinya sehari-hari.

Makanan yang sehat dan bergizi tentu memiliki energi yang cukup banyak untuk mendukung manusia dalam beraktivitas. Sehingga bagi mereka yang telah menerapkan pola konsumsi makanan yang sehat dan bergizi ini, akan dapat beraktivitas dengan normal setiap harinya.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat makanan sehat dan bergizi yang dapat Anda ketahui. Ada baiknya jika Anda mulai menerapkan pola pengonsumsian makanan yang sehat dan bergizi ini. Terlebih dengan kondisi saat ini yang memiliki potensi cukup besar untuk membuat tubuh Anda drop.

Sehingga Anda perlu mensiasatinya dengan cara mengonsumsi makan yang sehat dan memiliki kandungan gizi yang baik. Tentunya makanan-makanan seperti ini juga harus disajikan secara sehat pula, sehingga tidak mengurangi kadar gizi yang ada di dalamnya. Demikian informasi seputar manfaat makanan ini, semoga dapat berguna dalam menambah wawasan keilmuan Anda.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk 9 Manfaat Penting Makanan Sehat dan Bergizi bagi Tubuh.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar