10 Peran Vital Air Bagi Tubuh Manusia

Tubuh manusia 70 persen diantaranya disusun oleh air. Air memegang peranan yang amat sangat penting mengingat besarnya komposisinya dalam tubuh. Maka menjadi hal yang sangat penting bagi Anda menjaga keseimbangan dan asupan cairan di dalam tubuh.

Lantas apa saja peran air bagi tubuh sebagai akibat dari besarnya komposisinya dalam tubuh? Apa saja hal yang menjadi akibat besarnya komposisi air dalam tubuh serta apa saja peran air sebagai komponen penyusun utama tubuh manusia?

Peran Penting Air Bagi Tubuh dan Kesehatan


Peran Penting Air Bagi Tubuh

Dalam berbagai panduan gaya hidup sehat selalu disebutkan untuk banyak mengonsumsi air. Bahkan ada yang menyebut jumlah dari 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Mengapa asupan air menjadi sangat penting bagi tubuh? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa air adalah komponen penyusun utama tubuh.

Maka sudah menjadi hal yang pasti untuk menjaga keseimbangannya di dalam tubuh. Apabila komponen utama tidak seimbang tentunya akan berakibat pada keseimbangan tubuh secara umum. Keseimbangan tubuh yang terganggu itu pada ujungnya akan menyebabkan berbagai masalah. Berbagai jenis penyakit pun mudah menyerang hanya karena tidak memperhatikan keseimbangan air dalam tubuh. Nah, apa saja peran penting air akan Anda dapatkan di bawah ini.

1. Membentuk Sel-sel Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tubuh manusia mayoritasnya disusun oleh komponen air. Maka, untuk membentuk kembali komponen-komponen tubuh itu kembali, dibutuhkan banyak masukan air ke dalam tubuh. Termasuk dalam membentuk dan meregenerasi sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Dibutuhkan air dalam jumlah yang banyak untuk melakukan proses tersebut. Selain itu, masih banyak cairan lain seperti plasma darah, cairam lambung, hormone, enzim, dan sebagainya. Semua unsur-unsur tubuh tersebut tersusun dari air dan tentu membutuhkan air dalam pembentukannya.

2. Mengatur Suhu Tubuh

Peran air bagi tubuh lainnya adalah untuk mengatur suhu tubuh. Air dapat menjadi bahan untuk menyalurkan panas dari dalam tubuh ke luar. Penyaluran panas ini dilakukan melalui mekanisme penguapan cairan tubuh.

Selain itu, pengendalian suhu tubuh juga dilakukan dengan mekanisme keringat. Maka tentu untuk melakukan mekanisme keringat ini diperlukan cairan tubuh yang cukup. Karena keringat juga merupakan suatu bentuk cariran tubuh. Untuk dapat menghasilkan keringat atau juga berarti mengeluarkan cairan dari dalam tubuh, diperlukan masukan cairan dalam jumlah yang cukup juga.

3. Penghilang Haus dan Menghindari Dehidrasi

Untuk yang satu ini, sepertinya Anda sudah menyetujuinya sebagai peran air bagi tubuh. Air sudah jelas menjadi solusi atas rasa haus dan dehidrasi. Dehidrasi adalah kekurangan cairan. Maka sudah jelas bahwa mengonsumsi air adalah solusi untuk masalah tersebut.

Mengonsumsi banyak air menjadi hal yang selalu disarankan untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena menjaga keseimbangan cairan adalah kunci dalam menjaga kesehatan. Maka dari itu, hindari tubuh anda dari dehidrasi dengan meminum cukup air setiap harinya.

4. Meningkatkan Energi

Air menjadi salah satu komponen penting dalam metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh berperan dalam mengubah kalori dan komponen lainnya menjadi energi yang siap digunakan. Maka, Anda membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk dapat menghasilkan energi untuk aktivitas.

Kurangnya air dapat menjadikan tidak optimalnya pembentukan energi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan menumpuknya kalori menjadi lemak karena tidak berubah menjadi energi.

5. Mengeluarkan Racun Berbahaya

Beberapa jalur untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh adalah melalui urin atau air kencing dan keringat. Keduanya merupakan cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Inilah peran air bagi tubuh. Air melalui urin dan keringat menjadi pembawa racun dari dalam ke luar tubuh.

Inilah mengapa Anda harus menjaga konsumsi air. Bagaimana mungkin Anda bisa mengeluarkan air untuk membawa racun jika pasokan air di dalam tubuh Anda tidak cukup.

6. Menjaga Ginjal Tetap Berfungsi Baik

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan mengeluarkan zat yang berbahaya dan tidak dibutuhkan melalui urin. Oleh karena itu, menjadi peran air bagi tubuh untuk menjaga agar ginjal tetap berfungsi dengan baik.

Cairan dalam jumlah yang cukup diperlukan oleh ginjal untuk membentuk cairan urin sebagai pembawa racun dan zat tidak dibutuhkan lainnya ke luar tubuh. Jumlah air yang kurang akan menghambat fungsi ginjal hingga menimbulkan masalah seperti batu ginjal.

7. Mencegah Penuaan Dini

Peran air bagi tubuh untuk mencegah penuaan dini berhubungan dengan pengeluaran racun dan zat tidak berguna lainnya dari dalam tubuh. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa mekanisme pengeluaran zat-zat tersebut adalah melalui urin atau keringat.

Semua mekainsme tersebut membutuhkan air dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu, Anda membutuhkan asupan air dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk memperlambat proses penuaan dan mencegah penuaan dini.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak adalah salah satu organ tubuh dengan komposisi air yang paling dominan. Air menjadi komponen penyusun otak hingga 90 persen. Maka, jika Anda ingin memaksimalkan fungsi otak, jagalah asupan air ke dalam tubuh.

Inilah salah satu peran air bagi tubuh lainnya yang cukup penting. Air akan membantu Anda dalam berkonsentrasi. Air juga berperan dalam melancarkan kerja sistem syaraf di dalam otak. Seperti yang Anda ketahui, kerja otak utamanya adalah kerja-kerja sistem syaraf di dalamnya.

9. Membantu Meredakan Demam

Demam adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh dari penyakit. Kenaikan suhu tubuh menjadi cara tubuh untuk membunuh virus dan bakteri yang menyerang. Untuk menangani demam tentu solusinya adalah dengan menurunkan suhu tubuh tersebut.

Air memiliki peran yang penting untuk menurunkan suhu tubuh tersebut seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Air menjadi media yang cukup efektif untuk menyalurkan air dari dalam ke luar tubuh.

10. Menjaga Fungsi dan Kinerja Jantung

Air berperan dalam pengenceran darah agar jantung tidak terlalu berat dalam memompa darah. Air dapat menambah volume darah dan membuatnya tidak kental. Darah yang kental tentu akan menyulitkan jantung dalam memompa.

Baca Juga Artikel Lain Tentang Minuman

Maka air diperlukan untuk menambah volume darah agar tidak kental. Hal ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah. Dengan hal ini maka jantung akan lebih sehat dan jauh dari berbagai risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa pentingnya air untuk tubuh. Air merupakan komponen utama dengan komposisi yang paling besar dalam tubuh. Air juga sekaligus berperan sebagai komponen yang sangat penting bagi kelangsungan beberapa fungsi tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan air di dalam tubuh Anda.

Hal itu mengingat besarnya peran air bagi tubuh. Menjaga keseimbangan air dapat dilakukan dengan mengonsumsi air secara rutin setiap hari dengan jumlah yang cukup. Banyak tenaga kesehatan menyarankan konsumsi air setidaknya 8 hingga 10 gelas setiap harinya. Konsumsilah air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga fungsi-fungsi tubuh tetap berjalan dengan baik.
Loading
Love This Article?

Artikel ini dipost oleh

0 komentar untuk 10 Peran Vital Air Bagi Tubuh Manusia.


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar