Skip to main content

5 Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan || Jagung yakni makanan yang sehat dikonsumsi, bahkan sebagian orang di Indonesia ada yang mengakibatkan jagung sebagai makanan pokok yang menggantikan tugas nasi. Jagung selain dipakai sebagai makanan juga dijadikan sebagai tepung, dibentuk sebagai pop corn, sementara jagung muda direbus sebagai makanan yummy penganti snak. Selain jagung itu ada juga jagung muda yaitu jagung yang belum memiliki biji keras, manfaat jagung muda bagi kesehatan juga tidak sanggup disangkal. 

Terlepas dari manfaat jagung bagi kesehatan, makanan ini memang yummy dimakan apalagi itu yakni jagung manis. Nah, selain manfaat jagung untuk makanan penghilang lapar, jagung juga anggun untuk kesehatan. Apa saja manfaat jagung bagi kesehatan? Berikut ulasannya.


Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh
1. Jagung sebagai sumber kalori
Jagung yakni salah satu makanan yang penuh dengan kalori, kandungan kalori dalam 100 jagung yakni 342 gram. Banyaknya kalori dalam jagung mengakibatkan jagung ini sebagai makanan penting peranan nya dalam pemenuhan kebutuhan pokok manusia, bai itu makanan penganti nasi atau kebutuhan insan akan tepung yang dipakai dalam pembuatan aneka kue. 

2. Mencegah wasir
Manfaat jagung bagi kesehatan selanjutnya yakni sebagai makanan anti wasir. Dalam 1 cangkir jagung saja mengandung 18,4% serat harian yang diperlukan tubuh. Serat yakni kebutahn penting dalam kesehatan yang menciptakan kinerja pencernaan menjadi lancar. Kalau pencernaan tersendat, maka segala hal lainnya ikut tersendat. Maka mengkonsumsi jagung jagung dengan teratur sanggup menjadi makanan pelepas tinja. 

Selain itu, jagung juga berkemungkinan untuk memproduksi asam lambung. Maka direkomendasikan bagi anda untuk mengkonsumsi jagung secara rutin demi pemenuhan serat dan aneka macam nutrisi lainnya.

3. Jagung sebagai sumber antioksidan
Manfaat jagung bagi kesehatan juag tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang banyak dalam jagung. Antioksidan sangat berperan penting dalam badan demi membuang radikal bebas penyebab kanker, penyebab kerusakan kulit sekaligus mencegah penuaan dini. Keberadaan antioksidan sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia, sebab menginduksi apoptosis pada sel kanker, dan menjaga sel non kanker tetap sehat.

4. Melindungi jantung
Salah satu manfaat jagung bagi kesehatan yang besar yakni menjaga dan melindungi kesehatan jantung. Perlindungan ini diberikan oleh jagung sebab kandungan minyak jagung bermanfaat dalam mengurangi resiko aneka macam penyakit kardiovaskuler. 

Minyak jagung yakni metode terbaik dalam menjaga kesehatan jantung. Jadi, mengkonsumsi jantung ternyata besar faedahnya bagi jantung. Namun tetap harus dibatasi supaya tidak kelebihan kalori dalam badan yang sanggup membawaki pada obesitas. Pokoknya segala sesuatu itu dikonsumsi dalam batas wajar, tidak sedikit dan tidak berlebihan.

5. Mencegah kurang darah
Jagung mengandung asam folat dan vitamin B12. Anemia yakni kondisi medis yang terjadi sebab badan kekurangan vitamin ini yaitu vitamin B12. Maka mengkonsumsi jagung akan menawarkan pelengkap folat dan V12 yang diperlukan badan dalam menghasilkan sel darah merah. Selain ini, jagung juga kaya akan zat besi yang merupakan penghasil utama sel darah merah.

6. Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh
Kemudian, manfaat jagung bagi kesehatan yakni sebagai distributor dalam menurunkan kolesterol tubuh. Mengkonsumsi jagung akan mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi peresapan kolesterol dalam tubuh. Ketika kolesterol jahat turun makan dengan sendirinya kolesterol baik akan naik.

Demikianlah manfaat jagung bagi kesehatan secara umum, selainmanfaat yang telah kita sebutkan, masih banyak manfaat lainnya dari jagung untuk kesehatan, sebagai sambungan, insya Allah akan kita jelaskan di lain kesempatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar