Skip to main content

7 Tips Dan Cara Mengatasi Sulit Tidur atau Insomnia

7 Tips Mengatasi Sulit Tidur - Tidur mungkin masalah mudah. Untuk sebagian orang tidur hanya butuh tempat. Kapan pun menghendakinya, dia sanggup segera tidur dengan nyenyak dan berdiri kembali dengan kondisi badan lebih segar.

Tetapi ada sebagian orang justru mengalami hal sebaliknya. Mereka insomnia hingga terjaga semalaman. Meski mempunyai kamar yang nyaman dengan pendingin yang memadai, waktu luang, meski begitu tidur pun tidak bisa.

Penyakit insomnia yang dikenal dengan tak bisa tidur ini memang bukan gangguan sembarangan. Ada yang bilang tak bisa tidur bersama-sama bukan penyakit, la hanyalah tanda-tanda kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur (mudah atau sering terbangun) walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional badan ketika bangun.

Penyebab tak bisa tidur umumnya berupa stres, faktor psikologis, perubahan jam kerja, salah minum obat atau efek obat tertentu dan sebagainya. Meski mungkin banyak yang menganggap tidur problem sepele, kalau sudah menjadi gangguan, kesulitan tidur ini sanggup berbahaya.


Mereka yang kurang tidur sudah terperinci memengaruhi kesehatannya. Selain itu, tidur bersama-sama juga obat.< Oleh sebab itu, kalau insomnia harus dicarikan solusinya. Berikut tips-tipsnya:

Tips Dan Cara Mengatasi Insomnia


1. Pilih Warna Dekorasi Kamar Yang Tepat


Gejala insomnia cara mengatasinya sanggup dilakukan dengan mengganti warna dekorasi kamar dengan warna yang tepat. Menurut sejumlah ahli, warna memengaruhi psikologi orang. Dan kalau seseorang berada di dalam ruangan dengan warna yang tidak sesuai dengan seleranya, hal ini akan memengaruhi contoh tidur seseorang.

Jika resah menentukan warna, hasil riset menyebutkan bahwa warna biru muda atau hijau muda sanggup memperlihatkan imbas relaksasi, tenang, menyenangkan, damai, dan penuh harapan. Warna kalem menyerupai krem, merah muda, sanggup juga menenangkan ketika menjelang tidur.

2. Kasur Yang Tidak Sesuai


Bisa jadi kesulitan tidur sebab problem kasur. Mungkin tak disadari bahwa gangguan itu terjadi sehabis membeli kasur baru. Karena itu ketika membeli kasur mesti dirasakan kira-kira keempukannya cocok atau tidak. Orang yang bobot tubuhnya berat tentu memerlukan kasur yang lebih tebal. Untuk mengetahuinya, cobalah telentang di kasur yang akan dibeli.

Apakah posisi badan nyaman, tidak ada penggalan badan yang mendapat tekanan berlebih. Jika tidak ada tekanan pada penggalan tertentu -rasanya menyerupai kita berdiri- berarti kasur tersebut sanggup menopang tulang punggung dan lekukan badan sehingga ruas-ruas tulang punggung ada pada posisi netral. Hal ini sanggup membantu mencegah gangguan tulang punggung.

3. Kurangi Cahaya Dalam Kamar


Gunakan cahaya redup biar tidur sanggup nyenyak, bahkan kalau dibutuhkan matikan lampunya biar kamar jadi gelap. Karena itu blokir semua sumber cahaya. Pastikan bahwa kita mempunyai gorden atau tirai pada jendela sebab sanggup saja siraman cahaya lampu kendaraan kalau kebetulan posisi kamar menghadap jalan, atau cahaya bulan sanggup membangunkan kita.

4. Pindahkan Jam Dari Pandangan


Ini mungkin hal sepele. Karena kita merasa harus selalu sempurna waktu, kita hingga memasang jam dinding di dalam kamar kita. Namun dengan ukuran yang besar, keberadaan jam itu sanggup mengganggu tidur. Misalnya, sebab jam terbuat dari materi yang berkilau sanggup saja cahaya pantulan yang menimpa jam itu mengarah ke kita sehingga mengganggu tidur.

Atau suara tik-tik-tik di kesunyian malam, sanggup saja jadi gangguan. Belum lagi ukurannya yang besar sehingga gerakan jamnya begitu terlihat. Saat kita telentang menunggu waktu tidur, kita akan tahu berapa usang kita terjaga sehingga makin menciptakan kita stres.

5. Jauhkan Alat Elektronik


Begitu sibuknya hingga kita menimbulkan kamar tidur sekaligus kawasan kerja. Komputer dipasang juga di dalam kamar. Begitu pun dengan televisi. Mungkin kedua alat elektronik ini telah mengganggu tidur kita. Karena itu, kalau hendak tidur matikan alat elektronik terlebih dulu.

Perlengkapan elektronik yang berada di kamar tak hanya dua benda itu. Kita mempunyai telepon seluler di mana kita tak sanggup mengontrol panggilan atau pesan yang masuk. Kadang meski suara nada panggil sudah dimatikan, cahaya berkilat-kilat dari layar handphone itu sanggup mengganggu.

Apalagi ada handphone yang mempunyai lampu standby yang berkedip setiap saat. Karena itu, letakkan alat komunikasi itu pada posisi yang tak akan mengganggu kita tidur.

6. Kamar Anda Berantakan?


Atur lemari dan rak buku sehingga tidak ada tumpukan pakaian dan tumpukan buku tergeletak di sekitar kamar. Pindahkan proyek yang belum jawaban keluar dari kamar tidur yang menciptakan kita stres ketika berkemas-kemas untuk tidur. Kamar yang rapi akan mengakibatkan pikiran tidak berantakan, gangguan pikiran berkurang, dan memudahkan relaksasi.

7. Pentingnya Sirkulasi Udara


Udara yang higienis di dalam kamar memudahkan kita untuk sanggup cepat tidur. Karena itu buka jendela secara terpola untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan gunakan alat pembersih udara. Dan kalau perlu gunakan aromaterapi yang sanggup menciptakan kita lebih tenang.

Jika dengan memakai kiat ringan itu tanda-tanda insomnia masih mengganggu, berarti kita perlu tindakan lebih lanjut. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran memadai biar kita secepatnya sanggup terhindar dari gangguan ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar