Skip to main content

Resep Dan Cara Membuat Camilan Kue Klepon Isi Gula Merah Enak

Resep Cara Membuat Kue Klepon - Siapa yang tidak mengenal camilan anggun yang satu ini, camilan anggun yang mempunyai ciri khas berwarna hijau dengan bentuknya yang mini ini mempunyai sensasi tersembunyi di kala kita menggigitnya.

Yups sensasi tersebut ialah ledakan isi dari klepon itu sendiri. Pada umumnya isian dari klepon ialah gula merah yang sebelumnya sudah di masukkan ke dalam klepon terlebih dahulu.

Dengan begitu dikala di santap, lelehan gula merah akan terasa enak di mulut. Tak heran bila ada tebakan "kue apa bila di gigit balas menggigit" dan jawabannya ialah camilan anggun klepon ini.

Kue yang satu ini sanggup menjadi camilan anggun pembuka di kala berbuka puasa, menyerupai yang kita tahu, dikala berbuka di anjurkan mengonsumsi makanan yang manis-manis, nah kue klepon ini menjadi pilihan yang tepat.

Selain energi akan kembali terisi, perut pun terasa kenyang di karenakan kandungan karbohidrat dari tepung ketan.

 Siapa yang tidak mengenal camilan anggun yang satu ini Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah Enak

Bahan untuk menciptakan klepon sendiri cukup simple dan gampang di dapatkan di pasaran, waktu membuatnya juga cukup singkat dan yang niscaya bagi anda yang masih pemula dalam memasak sanggup mempratekkan sendiri tanpa harus repot-repot.

Baiklah eksklusif saja simak resep menciptakan camilan anggun klepon kentan yang nikmat berikut ini.

Resep Cara Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah


Bahan :

- 300 gram tepung ketan
- 4 sdm air mendidih
- 150 ml santan hangat
- 50 ml air daun suji
- ½ sdm air kapur
- 200 gram gula merah, sisir halus
- 1 butir kelapa yang agak muda, kupas kemudian parut memanjang
- Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Siram tepung memakai air mendidih kemudian aduk rata. masukkan garam, air kapur dan air daun suji sambil dituangi air santan sedikit demi sedikit. Uleni sampai campuran tersebut sanggup dibentuk.

2. Sekarang ambil campuran sebesar kelereng, pipihkan terlebih dahulu kemudian isi dengan gula merah yang telah disisir tadi. Bentuk bulatan dan lakukan langkah ini sampai campuran habis.

3. Berikutnya siapkan air mendidih, masukkan dan rebus bulatan klepon sampai mengapung, ini artinya klepon sudah matang. Angkat dan tiriskan.

4. Campurkan kelapa dengan sedikit garam. Lalu Kukus dengan  diberi daun pandan, sekitar 5 menit.

5. Langkah terakhir, guling-gulingkan klepon yang sudah matang pada kelapa parut kukus.

6. Sajikan klepon di mangkok daun kecil atau sesuai selera.

Baca Juga : Resep Cara Membuat Ayam Crispy Seperti KFC Yang Renyah

Menemukan daun suji mungkin cukup sulit terutama bagi kita yang berada di kota, sehingga sebagai alternatifnya anda sanggup memakai pewarna makanan instan. Gunakan pewarna makanan orisinil yang telah lulus Badan POM semoga kondusif bagi kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Cukup sekian, jangan lupa share artikel ini dan terimakasih sudah membaca Cara Membuat Kue Klepon Ketan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar