Resep Cara Menciptakan Soto Khas Lamongan Sederhana

Resep Cara Membuat Soto khas Lamongan - Soto merupakan olahan yang sangat populer dimana saja terutama di kawasan Jawa Timur yang populer dengan soto lamongannnya. Soto Lamongan ini bekerjsama sanggup di jumpai disetiap kawasan di Jawa Timur tidak hanya di kawasan Lamongan saja. Baik itu di kota Malang, Lumajang, Surabaya dan lain sebagainya gampang mendapat soto jenis ini. Bahkan resepnya sudah turun menurun dan hampir semua orang bau tanah sanggup mengolahnya. Mendapatkan soto pun sangat mudah, hampir di setiap pinggir jalan ada saja yang menjual soto ayam lamongan ini sebagai hidangan andalannya.

Untuk soto lamongan sendiri mengggunakan materi dasar ayam, sanggup juga di katakan sebagai soto ayam. Perbedaan fundamental antara soto ayam dengan soto daging adalah materi campurannya, dimana soto daging pada umumnya memakai daging sapi sedangkan soto ayam memakai ayam baik itu ayam kampung maupun ayam pedaging. Jika anda menginginkan soto dengan rasa yang lebih nikmat maka sanggup memakai ayam kampung sebagai materi utamanya. Karena nantinya kuah kadlu yang di hasilkan terasa lebih nikmat.

 Soto merupakan olahan yang sangat populer dimana saja terutama di kawasan Jawa Timur yang Resep Cara Membuat Soto Khas Lamongan Sederhana

Bagi anda yang masih pertama kali mengolah soto niscaya kebingungan, maka dari itu silahkan baca resep soto lamongan yang akan kami bagikan berikut ini. Jika di rasa kurang paham, alangkah baiknya jikalau anda bertanya eksklusif kepada sanak keluarga yang sanggup membuat, alasannya mencar ilmu dengan praktek eksklusif lebih baik hasilnya.

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Sederhana


Bahan Untuk Soto :

- Ayam 1/4 ekor
- Daun jeruk 2 lembar
- Merica bubuk 1/4 sendok teh
- Serai 1 batang, memarkan
- Gula pasir 1 sendok teh
- Air 1 liter
- Garam secukupnya
- Minyak goreng 700 ml

Bumbu Halus :

- Bawang merah 4 butir
- Bawang putih 2 siung
- Ketumbar butiran 1/2 sendok teh, sangrai
- Kemiri 2 butir, sangrai
- Kunyit 2 cm, bakar dan kupas

Bahan Koya :
- Kerupuk udang 4 buah
- Bawang putih 1/2 sendok makan, goreng

Pelengkap Untuk Soto :

- Nasi putih secukupnya
- Tauge rebus secukupnya
- Soun secukupnya
- Bawang goreng secukupnya
- Irisan daun bawang dan jeruk nipis secukupnya
- Kecap bagus secukupnya

Cara Membuat Soto Lamongan :

1. Siapkan panci, rebus ayam untuk kaldu soto ayam memakai api kecil sampai berkaldu dan matang. Angkat, kemudian saring air kaldunya dan panaskan kembali.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dengan serai dan daun jeruk sampai baunya harum. Lalu angkat dan masukkan ke dalam rebusan ayam tadi. Tambahkan gula pasir, merica bubuk dan garam. Aduk merata, masak sampai bumbunya meresap ke dalam ayam, kemudian angkat ayam.
3. Panaskan minyak dan goreng ayam sampai matang. Angkat kemudian tiriskan. Suwir suwir daging ayam sesuai selera, sisihkan.

Membuat Koya :
4. Haluskan semua materi koya, sisihkan.

Meracik Soto Ayam Lamongan :
5. Masukan nasi putih ke dalam mangkuk, di tambah dengan soun, tauge dan ayam suwir di atasnya. Lalu siram dengan kuah/kaldu soto, taburi daun bawang, bawang goreng dan juga koya di atasnya. Sajikan soto ayam lamongan bersamaan dengan komplemen lainnya(Sesuai selera).
Baca Juga : Resep Cara Membuat Asinan Betawi Khas Jakarta Enak
Itulah resep sederhana dari soto lamongan, memang tidak sederhana yang ada pada goresan pena di atas, alasannya praktek eksklusif terasa lebih sulit. Semoga bermanfaat artikel kali ini dan agar olahan soto lamongan di sukai keluarga tercinta. Terimakasih sudah membaca resep menciptakan soto lamongan.