Resep Menciptakan Ikan Bakar Gurame Sederhana Lezat

Resep Membuat Ikan Bakar Gurame - Aneka hidangan dengan materi utama ikan air tawar memang lezat, namun ada satu yang paling Istimewa berdasarkan penulis, mungkin juga berdasarkan pembaca yang sedang mencari resepnya ketika ini. Yakni ikan bakar, yups mengolah ikan dengan cara di bakar dan di tambah dengan aneka bumbu pendukung sanggup menghadirkan cita rasa ikan yang lebih yummy dan nikmat. Makan pun menjadi lahap apalagi kalau benar dalam mengolahnya. Salah satu jenis ikan air tawar yang sangat di rekomendasikan untuk di bakar adalah ikan gurame. Ikan yang populer dengan gurih dagingnya ini memang menjadi ikan favorit oleh sebagian orang.

Hanya saja ikan gurame ini mempunyai harga jual yang cukup tinggi, kita pun harus merogoh kocek yang agak dalam untuk sanggup membelinya. Bayangkan saja harganya sanggup mencapai 40 ribu/kilo bahkan lebih di pasaran. Mungkin untuk kawasan penghasil ikan gurame harganya sanggup di bawah itu. Namun dengan rasa yang sangat nikmat dan kandungan gizi yang banyak, tidak ada salahnya kalau sekali-kali menghidangkan dan mengolah resep ikan bakar gurame untuk keluarga tercinta.

 Aneka hidangan dengan materi utama ikan air tawar memang yummy Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana Lezat

Kandungan gizi yang ada pada ikan gurame cukup bervariasi, mulai dari kalium, protein, vitamin A dan lain sebagainya. Yang lebih penting lagi, ikan gurame tergolong ikan yang mempunyai duri sedikit, sehingga sangat kondusif kalau di konsumsi oleh anak-anak.

Bagi anda yang ingin membuat ikan bakar gurame, perlu bersabar alasannya mengolahnya gampang-gampang susah, apalagi harus menyiapkan banyak sekali perlengkapan mulai dari arang hingga alat pemanggang. Karena dengan memakai arang, ikan bakar yang di hasilkan semakin nikmat dan lezat. Baiklah simak baik-baik resep menciptakan ikan bakar gurame berikut ini.

Resep Membuat Ikan Bakar Gurame Sederhana


Waktu Memasak : 1 Jam
Saran Penyajian : 5

Bahan-bahan :


Bahan :
- 2 ekor ikan gurame besar
- 2 buah jeruk nipis
- 4 sdm minyak goreng

Bumbu halus :
- 4 siung bawang merah
- 2 cm jahe
- 1 sdt garam

Bumbu oles :
- 6 sdm kecap manis
- 3 butir bawang merah, haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 2 sdm minyak goreng, campur semua bahan

Sambal :
- 10 buah cabe rawit/kecil
- 8 buah cabe merah keriting
- 1 buah tomat merah
- 1 sdt gula
- 1 sdt garam

Cara Membuatnya :

1. Bersihkan ikan gurame, sayat bab kanan dan kiri ikan. Lumuri ikan gurame dengan air perasan jeruk nipis.
2. Lalu balurkan bumbu halus di badan ikan merata dan biarkan bumbu meresap selama kurang lebih 15 menit.
3. Sambil menunggu nyalakan arang hingga panas dan bara merah, kemudian bakar ikan gurame hingga matang sambil sesekali diolesi bumbu oles. Angkat kalau ikan sudah matang.
4. Untuk sambal : tumis seluruh materi sambal, kecuali garam dan gula, tumis hingga layu. Angkat dan haluskan bersama gula dan garam.
5. Terakhir sajikan ikan gurame bakar bersamaan dengan sambalnya.
Baca Juga : Resep Membuat Terong Balado Pedas Khas Padang
Itulah resep mengolah ikan gurame menjadi ikan bakar, materi yang di gunakan cukup bermacam-macam namun sanggup di dapatkan dengan praktis di pasar dan toko sayuran sekitar rumah. Sekedar informasi, sebaiknya hidangkan ayam bakar ini ketika semua anggota keluarga berkumpul, alasannya program bakar-bakar bersama keluarga tentu lebih seru dan menyenangkan. Cukup sekian semoga bermanfaat info resep ikan bakar gurame sederhana.