Skip to main content

Resep Dan Cara Membuat Terik Daging Sapi Khas Jawa Tengah Super Enak

Resep Terik Daging Khas Jawa Tengah - Terik daging merupakan olahan yang berasal dari provinsi Jawa Tengah.

Sekilah terik daging ini mirip opor ayam yang biasanya di hidangkan di Hari Raya Lebaran, namun terik daging dengan opor ayam terperinci berbeda.

Perbedaannya sendiri dapat di lihat dari materi utama yang di gunakan, dimana terik daging ini memakai daging sapi, sedangkan opor ayam terperinci memakai ayam, yakni ayam kampung.

Daging sapi yang paling cocok dimasak menjadi terik daging ialah daging sapi has dalam, dimana bab ini sangat cocok di jadikan materi baku membuat terik daging alasannya yaitu sifat dagingnya yang praktis empuk dan matang.

Namun apabila memang tidak ada daging sapi has dalam, anda dapat memakai bab daging sapi lainnya, hanya saja apabila daging tersebut mempunyai tekstur yang keras, lebih baik di rebus terlebih dahulu.

Terik daging merupakan masakan yang sangat cocok di padukan dengan nasi hangat, selain itu di makan bersamaan dengan sayur bening bayam juga sangat cocok, semua tergantung dari selera masing-masing. Nah, bagi anda yang tertarik dengan resep terik daging sapi ini eksklusif saja baca resepnya di bawah ini.

 Terik daging merupakan olahan yang berasal dari provinsi Jawa Tengah Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak

Resep Membuat Terik Daging Khas Jawa Tengah Super Enak


Bahan :

- 500 gr daging has dalam, potong 10 bagian
- 250 ml santan kental
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
- 2 batang serai, memarkan
- 3 lembar daun salam
- 3 cm lengkuas, memarkan

Bumbu Halus :

- 4 siung bawang putih
- 6 butir kemiri
- 8 butir bawang merah
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdt jintan
- 1 sdt merica
- 1 cm kunyit
- 3 cm jahe
- 1 sdm garam

Cara Membuatnya :

1. Pertama panaskan minyak goreng di dalam wajan, masukkan semua bumbu halus, lengkuas, daum salam, serai. Tumis hingga layu dan baunya harum.

2. Masukkan daging has dalam, masak hingga daging berubah warna dan terasa sudah empuk.

3. Selanjutnya tambahkan santan kental dan masak terus hingga santan mengering dan dagingnya empuk.

4. Angkat dan siap di sajikan, tambahkan taburan bawang goreng di atasnya biar lebih nikmat.

Baca Juga : Resep Membuat Gulai Kambing Sederhana Yang Lezat

Membuat terik daging memang tergolong gampang, dengan waktu sekitar 1 jaman saja anda sudah dapat menyajikan masakan yummy baik untuk anda sendiri maupun bagi keluarga tercinta. Selain itu terik daging juga dapat di hangatkan berkali-kali biar tidak basi, tentu saja anda dapat menciptakan terik daging dengan jumlah yang agak banyak.

Semoga berhasil ya.. terimakasih sudah membaca ulasan Resep Terik Daging Sapi Lezat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar