Skip to main content

Tips-Tips Mencegah Dan Mengatasi Rambut Rontok

Tips-Tips Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok || Rambut yaitu mahkota, sepertinya bukan ungkapan berlebihan. Karena penampilan seseorang akan sangat dipengaruhi dari penampilan rambut. Jika rambut kita hitam lebat berkilau tentu akan menambah indah penampilan kita. Sebaliknya, jikalau rambut kita kusam kotor, basi atau tak terawat akan menimbulkan penampilan kita jadi kurang indah. Lebih-lebih lagi jikalau rambut kita rontok, hingga mengalami kebotakan, maka akan tampak lucu serta kurang menarik.

Hal-hal yang menjadikan faktor penyebab kepala botak
Rambut juga sanggup mencerminkan kesehatan seseorang. Apabila orang tersebut sehat, maka rambutnya akan tampak lebih bersinar dan bersih. Tetapi jikalau orang tersebut sedang mengalami perkara atau kondisi emosinya kurang stabil, maka akan kuat pula pada penampilan rambut. Biasanya rambut akan tampak kusam, kotor tidak terawat, bahkan mengalami kerontokan. Apabila hal ini terus dibiarkan, lambat laun akan terjadi kebotakan. Itu artinya kantung rambut di kepala sudah tidak berfungsi lagi alias sudah mati.

Penyebab rambut rontok
Kebotakan sanggup dialami siapa saja, apakah itu wanita atau laki-laki, apakah berusia muda maupun berusia tua. Sebagian jago menyampaikan bahwa penyebab dari rambut rontok yaitu lantaran minyak berlebih. Minyak ini akan menimbulkan tersumbatnya pori-pori kulit kepala serta menimbulkan kelumpuhan kartung rambut, sehingga lama-kelamaan akan menyumbat akar rambut serta menjadi penghalang bagi tumbuhnya rambut baru.

Oleh alasannya itu, untuk mencegah rambut rontok, kulit kepala harus higienis dari kelebihan sisa-sisa minyak serta sel-sel mati. Sehingga akar rambut sanggup melancarkan ajaran kuliner ke rambut tanpa penghalang. Artinya tidak adanya sumbatan pada ajaran darah di kepala.

Penyebab rambut rontok lainnya yaitu faktor psikis seseorang. Seseorang yang sedang mengalami stres berkepanjangan cenderung mengalami rambut rontok. Karena dikala terjadi stres, maka otot-otot di kulit kepala akan mengerut. Kontraksi otot disekitar kantung rambut ini menimbulkan pasokan oksigen serta makanan-makanan rambut menjadi berkurang akhir ajaran darah di kepala terhambat. Selain itu, akhir dari terhambatnya ajaran darah, maka sisa-sisa metabolisme akan menumpuk, dikarenakan tidak sanggup terangkut kesekitar akar rambut. Hal ini akan menimbulkan rambut rontok. 

Disamping itu, terjadinya rambut rontok juga sangat dipengaruhi faktor makanan, menyerupai diet rendah protein, makan-makanan yang manis secara berlebihan serta kelebihan lemak badan akan menimbulkan akar rambut menjadi rusak. Faktor cuaca serta faktor penyakit, menyerupai adanya nanah di kepingan kulit kepala maupun keracunan obat-obatan juga sanggup memicu terjadinya rambut rontok. Untuk mendapat rambut sehat dan kokoh dibutuhkan perawatan secara terpadu, yaitu dari luar dan dari dalam tubuh.

TIPS-TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI RAMBUT RONTOK
Pada umumnya, orang lebih menentukan cara-cara simpel dalam mengatasi setiap persoalan. Meskipun terkadang, dengan cara itu hasil capaiannya kurang begitu maksimal. Demikian juga dalam hal mengatasi rambut rontok, maka cara penanganannya juga harus terpadu biar akhirnya juga maksimal. Ada dua perawatan dalam mengatasi rambut rontok yang harus dilakukan, yaitu perawatan dari dalam dan perawatan dari luar.

PERAWATAN DARI DALAM UNTUK RAMBUT RONTOK
Sebagaimana manusia, rambutpun membutuhkan asupan gizi biar rambut menjadi sehat dan kuat. Untuk itu kesehatan pada rambut juga ditentukan oleh seberapa banyak asupan gizi kuliner yang kita konsumsi. Karena gizi seimbang merupakan faktor penting bagi pertumbuhan rambut sehat.

Untuk itu mulailah mengkonsumsi kuliner kaya vitamin, baik vitamin A, vitamin B maupun vitamin C. Makanan kaya vitamin tersebut banyak dijumpai pada sayuran-sayuran berwarna hijau serta pada buah-buahan. Makanan mengandung vitamin A menyerupai wortel, pepaya, tomat sangat dianjurkan bagi seorang penderita rambut rontok. Disamping itu kuliner kaya vitamin B menyerupai pada kebanyakan sayur-sayuran hijau menyerupai bayam, kacang-kacangan serta biji-bijian juga dibutuhkan oleh tubuh. Makanan mengandung vitamin C menyerupai jeruk, tomat, melon, anggur juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ditambah lagi kuliner kaya kalsium menyerupai yogurt, tofu, tiram akan membantu kesehatan kulit kepala maupun kesehatan rambut.

Nutrisi penting lainnya bagi penderita rambut rontok yaitu protein, karbohidrat dan lemak. Akan tetapi nutrisi-nutrisi tersebut harus dikonsumsi secara seimbang. Pilihan makanan-makanan berkualitas dengan nutrisi seimbang akan menghasilkan sistem enzim badan bekerja secara efektif. Hal ini akan menghasilkan keseimbangan antara akar rambut dan kulit kepala.

Selain itu, penderita rambut rontok juga harus menghindari serta membatasi makanan-makanan penyebab terganggunya keseimbangan antara rambut dan kulit kepala. Makanan-makanan itu antara lain, menyerupai alkohol, daging merah, goreng-gorengan, kopi, teh, roti dari tepung putih, keju, gula olahan, serta mentega. Batasi pula kuliner kaya lemak biar tidak berlebih.

PERAWATAN DARI LUAR UNTUK RAMBUT RONTOK
Selain perawatan dari dalam, penderita rambut rontok juga perlu mencari alternatif pengobatan untuk mengatasi, atau setidaknya mengurangi rambut rontok. Sebaiknya pilihan materi – materi herba lebih diutamakan dari pada materi – materi kimia, lantaran selain gampang diperoleh, obat – obatan herba lebih kondusif dari imbas samping. Berikut ini sedikit ramuan herba sebagai langkah membantu mengatasi rambut rontok :

1. Kemiri
Sediakan buah kemiri kurang lebih 1/4 kg. Lalu buah kemiri ditumbuk halus. Setelah itu tumbukan halus buah kemiri tadi dimasukkan ke dalam panci. Kemudian ditambahkan segelas air, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu letakkan di atas api sambil diaduk hingga mendidih hingga keluar minyaknya. Setelah itu dinginkan. Sesudah dingin, kemudian peras serta saring dengan memakai kain kasa, biar mendapat minyaknya. Lalu Didihkan kembali minyak itu hingga mengental. Baru sehabis dingin, minyak kemiri tadi digosokkan ke kulit kepala. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam sepekan.

2. Buah asam
Sediakan buah asam yang sudah matang kemudian ambil dagingnya. Campurkan dengan air kemudian diremas-remas, hingga hingga merata. Setelah itu, saring memakai kain kasa. Setelah disaring akan menghasilkan sari buah asam. Lalu sari buah asam tersebut diusapkan ke kulit kepala hingga merata sambil dipijat-pijat. Setelah itu, diamkan sejenak kemudian bersihkan rambut memakai shampo.

3. Kulit semangka
Sediakan kulit semangka yang berwarna putih. Lalu kulit semangka digosok-gosokkan ke kulit kepala hingga merata. Lakukan perawatan ini setiap sore kemudian didiamkan semalam suntuk supaya sanggup meresap. Setelah itu, pada pagi harinya gres rambut dicuci hingga bersih. kerjakan perawatan ini satu hingga dua kali dalam sepekan.

4. Seledri
Sediakan daun seledri tujuh hingga sepuluh tangkai. Daun seledri dibersihkan kemudian ditumbuk hingga halus. Sesudah rambut dibersihkan, hasil tumbukkan daun seledri digosokkan ke rambut hingga kulit kepala hingga merata disertai pijitan-pijitan ringan. Kemudian rambut ditutup dengan memakai topi plastik selama sekitar satu jam atau lebih. Lalu bersihkan kembali dengan air. Kerjakan secara rutin 1 – 2 kali dalam seminggu.

Demikian semoga bermanfaat. (Kampasiana)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar