Skip to main content

10 Manfaat Daun Pepaya Sebagai Pengobat Penyakit

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas tetang manfaat buah pepaya lainnya. Buah pepaya memang memiliki manfaat dan khasiat yang banyak bagi manusia.  Tidak hanya buahnya, dari beberapa penelitian dijelaskan, batang dan daun pada flora pepaya mengandung banyak getah putih menyerupai susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai anti kanker. Manfaat getah pepaya untuk kesehatan di buktikan bouchut secara ilmiah, menyerupai di kutip journal society of biology, yang menyatakan dun pepaya bersifat antitumor dan kanker.

Peran itu di mungkinkan oleh kandungan senyawa karpin, alkaloid bercincin laktonst dengan tujuh kelompok rantai metilen. Lebih dari itu, tak hanya tumor dan penyakit kulit yang di sembuhkan, karpain ternyata juga ampuh menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang menganggu fungsi pencernaan sehingga efektif untuk menekan penyebab tifus.

Daun pepaya juga mengandung banyak sekali macam zat, antara lain vitamin A, B1, kalori, protein, fosfor, besi, dan air. Selain itu, lebih dari 50 asam amino terkandung dalam getah pepaya , antara lain asam aspartat, treonin, serin, asam glutamate, prolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, histidin, lysine, arginin, trithopan, dan sintein. Bahan-bahan tersebut biasanya di padukan dalam materi baku industry kosmetika untuk menghaluskan kulit , menguatkan jaringan semoga lebih kenyal , dan menjaga gigi dari timbunan plak.

Berbagai Manfaat Daun Pepaya Sebagai Pengobatan


Selain bermanfaat bagi kulit , daun pepaya terutama sanggup dipakai untuk kesehatan perempuan antara lain untuk mengobati kepiutihan , demam jawaban nifas , melancarkan haid dan melanckan air susu ibu (ASI). Beberapa penyakit lain menyerupai flu malaria dan demam juga sanggup memanfaatkan daun pepaya sebagai penangkalnya . Nah, berikut ini manfaat daun pepaya dan cara untuk mengobati penyakit :
  1. Jerawat
    Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah renta , lumatkan sambil di beri air, peras . Oleskan sarinya pada jerawat.
  2. Sakit keputihan
    Ambil satu lembar daun pepaya, satu potong akar rumput alang-alang, adas pulosari secukupnya. Selanjutnya, daun pepaya dicincang halus, lalu direbus bersama materi lainnya dengan 1,5 air hingga mendidih dan disaring, lalu diminum satu kali sehari satu gelas dan dilakukan secara teratur.
  3. Mencegah deman nifas
    Sehelai daun pepaya muda dicuci, iris-iris, rebus dengan gula aren dan segelas air hingga airnya tinggal ½. Minum sekaligus segera sesudah melahirkan selama dua hari berturut-turut.
  4. Melancarkan haid
    Dua helai daun pepaya dicuci, tumbuk halus sambil diberi ¼ gelas air, peras beri garam. Minum sekaligus satu kali sehari.
  5. Melancarkan ASI
    Beberapa helai daun pepaya dicuci, layukan di atas api. Hangat-hangat ditaruh di sekeliling payudara.
  6. Malaria dan demam
    Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi setengah gelas, tambahkan air ¾ gelas dan garam, peras dan saring. Minumlah 3 kali sehari, dan lakukan 5 hari berturut-turut.
  7. Menambah nafsu makan
    Sehelai daun pepaya segar dicuci, lumatkan , beri garam dan air bertahap sebanyak ¼ gelas, peras. Minumlah airnya sekaligus.
  8. Malnutrisi
    Satu lembar daun pepaya direbus dengan 1,5 gelas air hingga mendidih, lalu disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminumkan pada balita 2 sendok makan setiap hari.
  9. Flu
    Cuci tiga helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Minum dua kali sehari untuk belum dewasa dan empat kali sehari untuk dewasa.
  10. Batu ginjal (niersteen = Belanda)
    Bahan : 7 lembar daun pepaya.
    Cara menciptakan dan memakai :
    Memakai formula 3-5-7 plus, artinya :
    -Hari pertama, 3 lembar daun yang masih segar di rebus dengan air secukupnya, lalu air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
    -Hari kedua, 5 lembar daun yang masih segar direbus dengan air secukupnya, lalu air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
    -Hari ketiga, 7 lembar daun yang masih segar direbus dengan air secukupnya, lalu air rebusan daun pepaya tersebut diminum 1 gelas sekaligus.
    - Untuk penutupnya ditambah dengan air kelapa muda (degan -jawa), yang dipilih dari buah kelapa hijau.
    Catatan : Bagi yang mengidap hipertensi dilarang minum resep ini, khusus untuk poin 10 (Batu ginjal).
Nah, itulah beberapa manfaat daun pepaya bagi kesehatan atau sebagai pengobatan banyak sekali penyakit. Dan masih banyak lagi manfaat daun pepaya lainnya yang harus anda ketahui. Silahkan baca artikel berikut ini : 8 Manfaat Daun PepayaSebagai Pengobatan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar