Skip to main content

6 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Badan Kita

Pepaya (carica pepaya) merupakan flora yang berbatang tegak dn basah. Pepaya ibarat palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan.  Tinggi pohon pepaya sanggup mencapai 8 hingga 10 meter dengan akar yang kuat. Helaian daunnya ibarat telapak tangan manusia. 

Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bab persis ditengah, akan tampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. Rongga dalam daunnya dipotong melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun luas alasannya buahnya yang segar dan bergizi. 

Mungkin anda sudah bertanya-tanya, jadi apasih manfaat buah pepaya? Nah, buah pepaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.  Selain itu buah pepaya juga dipakai untuk materi rujak, minuman penyegar, agar-agar, selai, kue, dan buah beku.

Baca juga : Manfaat Buah Naga

Di jawa, bunga pepaya juga banyak dijadikan manisan dan daun mudahnya untuk lauk atau jamu. Karpaina, semacam alkaloid yang terkandung didalam pepaya sanggup dipakai untuk mengurangi gangguan jantung. Obati anti-amuba, dan obat peluruh kencing.

Berbagai Manfaat Buah Pepaya Yang Belum Di Ketahui


Hanya sebagain kecil saja yang tahu manfaat dan khasiat buah pepaya. Buah pepaya mengandung banyak sekali jenis enzim, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, viamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E.

Buah pepaya juga memiliki efek terapi yang sangat baik khususnya terapi kecantikan bagi perempuan mirip melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara, dan kekal muda. Dan berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh:
  1. Pelangsing badan
    Buah pepaya punya khasiat untuk menguruskan atau melangsingkan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda sanggup menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut berperan sebagai pengurai lemak dalam badan kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging yang berlebihan. 
  2. Mengencangkan payudara
    Pepaya dipercaya oleh nenek moyang kita dari dahulu sebagai buah yang sanggup mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya sanggup membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan keyal.
    Pepaya juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang meransang pengeluaran hormon perempuan dan meransang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormone tersebut kelenjar susu akan lancer dan bentuk payudara akan ideal.
  3. Awet muda
    Kadar vitamin C dalam buah pepaya dalah 48 kali lipatnya buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga sanggup menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga sanggup mendorong proses metabolism kulit. Pepaya juga baik melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dari pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai kini rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.
  4. Mengatasi kekurangan ASI
    Bahan :  Buah pepaya yang masih hijau (muda) tanpa dikuliti.
    Cara menciptakan : Buah pepaya tersebut di belah menjadi 2 bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian lain memakai cuka.
    Cara menggukan : Air rebusan tersebut di minum 2-3 sendok teh dan dilakukan secara teratur.
  5. Obat reumatik
    Bahan : Buah pepaya, 2 butir telur ayam kampong.
    Cara menciptakan : Buah pepaya di potong penampangnya kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibentuk dengan memotong penampang tadi, ditutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur di dalamnya masak.
    Cara memakai : Telur yang sudah masak tersebut di makan pagi sore. Lakukan secara rutin sehingga sakir reumatiknya mulai berkurang atau hilang.
  6. Obat hait berlebihan
    Bahan : Buah yang masih hijau (muda).
    Cara menciptakan : Direbus dengan air hingga masak.
    Cara memakai : Dimakan dagingnya.
Nah, itulah manfaat buah pepaya bagi kesehatan badan kita. Begitu banyak sekali manfaat dan khasiat buah pepaya, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang harus anda ketahui, ini hanya sebagian saja. Silahkan baca artikel berikut ini : 10 Manfaat DaunPepaya Sebagai Pengobat Penyakit
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar