Skip to main content

7 Kandungan Senyawa Berguna Yang Terdapat Di Dalam Mengkudu

“ Mengkudu mempunyai banyak zat aktif yang sangat mempunyai kegunaan dalam mencegah dan mengatasi aneka macam penyakit. “

Tumbuhan menguku merupakan flora yang banyak dikenal di daerah aceh dan meyebar ke sumatra, pulau jawa, kalimantan, flores dan irian. Tumbuhan ini banyak mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh. Tahu kah anda apa saja khasiat mengkudu? 

Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas wacana khasiat flora mengkudu lainnya dan cara menghilangkan busuk busuk pada buah mengkudu yang sudah masak atau tua. Silahkan baca artikel sebelumnya : Cara menghilangkan busuk busuk pada buah mengkudu tua


Khasiat Yang Terdapat Di Dalam Tumbuhan Mengkudu


Meskipun baunya sangat busuk, tetapi khasiat flora mengkudu sangat luar bisa. Jika anda ingin menciptakan jus buah mengkudu, sebaiknya ambil lah buah mengkudu yang sudah renta dan baunya sudah busuk, lantaran mengandung senyawa yang mempunyai kegunaan bagi kesehatan. Berikut ini yaitu kandungan senyawa mempunyai kegunaan yang terdapat didalamnya : 
  1. Senyawa Terpenoid
    Senyawa terpenoid yaitu senyawa hidrokorbon isometric yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu sejenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpenoid membantu badan dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

  2. Zat Antibakteri
    Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon telah terbukti sebagai zat antibakteri. Zat-zat yang terdapat di dalam buah mengkudu telah terbukti menerangkan kekuatan melawan golongan kuman infeksi, yaitu pseudonzonas aeruginosa, proteus morganii, staphylococcus aureus, bacillus subtilis dan esherichia coli.

    Pengujian selanjutnya menawarkan bahwa acara zat anti kuman dalam buah mengkudu sanggup mengontrol dua golongan kuman yang mematikan, yaitu salmonella dan shigella. Penemuan zat-zat anti kuman dalam sari buah mengkudu mendukung kegunaanya untuk merawat penyakit bisul kulit, filek, demam dan aneka macam duduk kasus kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.

  3. Asam
    Asam askorbat yang ada di dalam buah mengkudu yaitu sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu anti oksidan yang hebat. Anti oksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas (partikel-partikel berbahaya yang terbentuk sebagai basil samping proses metabolism, yang sanggup merusak materi genetic dan merusak system kekebalan tubuh).

    Asam koproat, asam kaprilat, dan asam kaprik termasuk golongan asam lemak. Asam koproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan busuk busuk yang tajam pada buah mengkudu.

  4. Nutrisi
    Secara keseruluhan , mengkudu merupakan materi masakan yang bergizi lengkap . sebagian besar susila budaya polinesia masa lampau maupun kini , memakai buah mengkudu sebagai masakan utama. Penduduk orisinil kepulauan fasifik selatan mengkonsumsi buah mengkudu untuk sanggup bertahan hidup pada waktu kelparan . demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan polinesia selama perang dunia II di anjurkan untuk mengkonsumsi buah mengkudu untuk menanbah kekuatan dan tenaga.


    Zat-zat nutrisi yang di butuhkan badan antara lain karbohidrat, vitamin, dan mineral esensial nuga terseia dalam buah maupun daun mengkudu . selenium yaitu salah satu pola mineral yang banyak terdapat pada mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.

  5. Scopoletin
    Pada tahun 1993 , peneliti universitas Hawaii berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah mengkudu. Zat-zat scopoletin ini mempunyai khasiat pengobatan, dan sebagai embel-embel para hebat percaya bahwa mengkudu sanggup meningkat serotonin, salah satu zat kimiawi penting di dalam badan manusia.

    Scopoletin berfungsi memperlebar jalan masuk pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu, scopoetin juga telah terbukti sanggup membunuh beberapa tipe baktari, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap pythium sp dan juga bersifat anti-peradangan dan anti alergi.

  6. Zat Antikanker (Damnacanthal)
    Beberapa penelitian terbaru mengkudu dilakukan untuk mengetahui kandungan zat-zat antikanker (damnacanthal). Empat ilmuan jepang berhasil menemukan zat anti kanker pada ekstrak mengkudu dikala mereka sedang mencari zat-zat yang sanggup meransang pertumbuhan struktur normal dari sel-sel asing K-ras-NRK (sel pra kanker) pada 500 jenis ektrak tumbuhan. Ternyata zat antikanker pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.

  7. Xeronine dan Proxeronine
    Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah mengkudu yaitu xeronine. Xeronine dihasilkan juga oleh badan insan dalam jumlah terbatas yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel.

    Xeronine ditemukan pertama kali oleh Dr. Ralph Heinicke (ahli biokimia). Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi mengandung bahan-bahan pembentuk (prekursor) xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar.


    Apa itu proxeronine? Proxeronine yaitu sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino, atau asam nukleat menyerupai koloid-koloid lainnya dengan bobot molekul relative besar, lebih dari 16.000.


    Apabila kita mengkonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam badan akan menigkat. Didalam badan insan (usus) enzim proxeronine dan zat-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Fungsi utama xeronine yaitu mengatur bentuk dan rigiditas (kekerasan) protein-protein spesifik yang terdapat di dalam sel.


    Hal ini sagat penting, mengingat kalau protein-protein tersebut berfungsi asing maka badan kita akan mengalami gangguan kesehatan. Secara keseluruhan khasiat buah mengkudu sangat besar, mengkudu merupakan materi masakan yang bergisi lengkap.
Nah, itulah khasiat flora mengkudu dan kandungan senyawa yang terdapat pada flora mengkudu. Ok. Terima kasih sudah membahas artikel ini. Semoga bermanfaat!!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar