Skip to main content

Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Kita perlu bersyukur alasannya yakni wilayah kita dilimpahi banyak sekali macam buah tropis. Buah-buahan tersebut sarat komponen gizi dan non gizi yang sangat di butuhkan mengoptimalkan kesehatan tubuh. Salah satu jenis buah tropis yang sangat popular alasannya yakni aroma yang tajam serta rasanya yang anggun keasaman yakni sirsak.

Rasanya yang anggun keasaman itu mengatakan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Bagi yang bahagia sarapan dengan roti, buah sirsak juga sering di tambahkan dalam bentuk selai. Selain mengatakan rasa yang nikmat buah sirsak juga mengatakan manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Pada artikel sebelumnya kami sudah membahas wacana khasiat dan mafaat buah sirsak, dan daun sirsak termasuk juga bunganya. Silahkan baca artikel berikut ini : manfaat buah sirsak

Kata sirsak berasal dari bahasa belanda, yaitu zuurzak. Kata zuur berarti asam, zak berarti kantong. Jadi, secara harfiah di artikan sebagai kantong yang rasanya asam. Di Malaysia, sirsak disebut durian belanda (dutch durian).

Sebutan lain untuk sirsak yakni corossol/cachiman epincux (perancis), saucrapfel (jerman), guanabana/ zapote agrio (spanyol) dalam bahas inggris, buah sirsak dikenal dengan istilah  soursop alasannya yakni rasanya yang anggun keasaman.

Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Buah sirsak memang banyak mengandung zat yang bermanfaat untuk badan kita. Apa saja kandungan dan manfaat buah sirsak bagi kesehatan? Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Kandungan zat gizi dan serat pangan buah sirsak per 100 gram bagian, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak yakni karbohidrat.

Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak yakni gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengan kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Buah sirsak mengandung lemak sangat sedikit (0,3 gr/ 100 gr) sehingga buah sirsak bermanfaat untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatile, terutama asam nitrat, asam malat, dan asam isositrat.

Vitamin yang paling lebih banyak didominasi pada buah sirsak yakni vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah sanggup di penuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksi dan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan badan dan memperlambat proses penuaan dini (tetap abadi muda).

Mineral yang cukup lebih banyak didominasi yakni fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gr. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berkhasiat untuk membentuk tulang yang besar lengan berkuasa serta menghambat osteoporosis.

Keunggulan sirsak terletak  pada kadar sodium  (natrium) yang rendah (14 mg per 100 gr), tetapi tinggi potassium (kalium), yaitu 278 mg per 100 gr. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Nah, itulah manfaat buah sirsak dan daunnya. Kandungan yang terdapat pada sirsak yang sangat baik untuk kesehatan kita. Diartikel lain kami juga membahas wacana khasiat dan manfaatbuah sirsak + resep pengobatan dengan memanfaatkan sirsak baik itu buah, daun ataupun bunganya.Ok. Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan sanggup mengatakan manfaat. Amiin!!!!!!!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar