Skip to main content

Khasiat Buah Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Badan Menurut Kandungannya


Buah Jeruk nipis dikenal semenjak dahulu dan begitu juga dengan manfaatnya. Baik itu untuk kesehatan kecantikan, maupun untuk resep kuliner dan masih banyak lagi keuntungannya dibidang lain. Seperti, yang diungkapkkan oleh Dr. Setiawan Dalimartha, yang merupakan aggota SP3T DKI Jakarta bahwa air buah jeruk nipis sanggup dipakai sebagai masakan, minuman, materi pembuat asam sitrat dan juga sanggup membersihkan karat pada logam dan kulit yang kotor, serta adonan jamu.

Dari segi obat alami, khasiat buah jeruk nipis yakni menghilangkan sumbatan vtal energy, puluruh dahak, obat batuk, peluruh kencing dan keringat serta membantu melancarkan proses pencernaan.
Pada buah jeruk nipis sendiri mengandung minyak terbang limonene dan linalool, serta flavonoid, menyerupai poncirin, hesperidine, rhoifiolin dan naringin.

Sedangkan kandungan pada buah jeruk nipis yang sudah masak yakni synephrine dan N-methyltyramine, selain selain asam sitrat, kalsium fasfor, zat besi dan vitamin A, B1, C. Asat sitrat sendiri berguna sanggup mengatasi kekambuhan pada pasien pasca opresi watu ginjal.

Beberapa Khasiat Jeruk Nipis Dan Cara Memanfaatkannya

Berikut ini yakni beberapa tips dari Hj.Sarah Kriswanti, dan Dr,Setiawan Dalimartha dari HIPTRI (Himpunan Pengobatan Tradisional dan Akupuntur Indonesia), dalam memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat alami dalam membantu menyembukan aneka macam penyakit. Silahkan baca khasiat buah jeruk nipis berikut ini dan cara pengunaanya.

1. Ambeien
Jeruk nipis berguna menyembuhkan penyakit ambeien, caranya yakni basuh higienis 10 gram akan pohon jeruk nipis, kemudian direbus dengan 1 liter air selama ½ jam, disaring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

2.  Amendel
Cara pengobatan amandel mengunakan jeruk nipis yakni dengan memanfaatkan kulit jeruk nipis di potong-potong dan direbus dengan 2 gelas air sampai tersisah lebih kurang ¾, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur 3 sampai 4 kali sehari. Lalukan secara rutin.

3. Anyang-Anyangan
Khasiat buah jeruk nipis lainnya adalah  mengobati penyakit anyang-anyangan. Caranya yakni dua buah jeruk nipis higienis diperas untuk untuk diambil airnya, diberi gula secukupnya dan segelas air panas. Aduk dan diminum sekaligus sekali sehari.

4. Batuk
Ambil air perasan 1 buah jeruk nipis, dicmpurkan dengan 1 sendok makan madu  dan garam, aduk sampai rata. Saringannya diminum 2-3 kali sehari sampai batuknya sembuh.

5. Batuk Disertai Influenza
Cara pengobatan : Ambil 1 buah jeruk nipis masak yang banyak mengandung air dan dipotong kemudian diperas, tambahkan air panas, tambahkan air kapur sirih ½ sdt dan aduk rata. Minumlah sehari 2 sendok makan.

6. Bau Badan
Sebagai sanggup mengobati aneka macam penyakit, buah jeruk nipis juga sanggup menghilangkan bacin badan. Caranya yakni dengan memotong jeruk nipis besar menjadi dua bagian, olesi bagaian irisan jeruk nipis dengan kapur sirih tipis-tips saja. Selanjutnya olesi irisan jeruk nipis tersebut pada bagain bacin badan, sperti ketiak sehabis mandi. Biarkan selama 5 menit, bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin pagi dan sore sampai anda merasa puas.

7. Batu Ginjal
Nah, bagi anda yang bermasalah dengan ginjal juga sanggup memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat alternative, menyerupai watu ginjal. Caranya yakni dua buah perasan air jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum sehabis makan malam. Lakukan setiap hari selama 10 hari.

8. Difteri
Kahsiat buah jeruk nipis juga sanggup mengobati penyakit difteri. Caranya yakni dua buah jeruk nipis diperas airnya + madu secukupnya dan tambahkan dengan 1 gelas air panas. Digunakan untuk berkumur-kumur selama dua menit ketika masih hangat, kemudian diminum. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam & Flu
Bagi anda atau anak anda yang mengalami deman atau flu juga sanggup memanfaatkan buah jeruk nipis sebagai pengobatan. Caranya yakni dengan meyaipkan satu buah jeruk nipis diperas, tambahkan 3 siung bawang merah yang sudah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu oleskan pada kening penderita.

Atau anda juga sanggup mengunakan cara ke dua, yaitu dengan mengambil perasan iar jeruk nipis yang sudah dipanggang dan tambahkan 1 sdm madu, kemudian diminum.

Demikianlah khasiat buah jeruk nipis yang sanggup anda gunakan sebagai pengobatan. Selain untuk kesehatan tubuh, jeruk nipis juga bermanfaat sebagai kecantikan kulit, diet dan masih banyak lagi yang lainnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar