Skip to main content

Khasiat & Manfaat Buah Rambutan, Biji, Kulit Sebagai Pengobatan

Tanaman dataran rendah ini ditanam sebagai pohon buah, tingginya sanggup mencapai sekitar 15-25 m dan mempunyai banyak cabang. Bunganya yang bewarna hijau muda, tersusun pada tandan di ujung ranting dan berbau harum. Bentuk buah rambutan berbentuk lonjong, dengan rambut bengkok menempel. Kulit buah bewarna hijau, dan menjadi kuning atau merah apabila buah sudah masak. Sementara biji berbentuk elips, terbungkus buah bewarna putih, banyak mengandung air dan sanggup di makan. Rasa buah pun bervariasi dari asam hingga manis.

Nah, itu yaitu ciri dari buah rambutan, dan tahukah anda apa saja manfaat buah rambutan? Yaa, buah rambutan mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat obat yang tak ternilai harganya. 

Baca juga : Khasiat Buah Sirsak
 
Menurut kajian pakar tumbuhan obat, buah rambutan memuat besi, kalium hingga vitamin C. Dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin). Kadar serta rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah ibarat ini cocok di kosumsi orang-orang yang sedang berdiet menurunkan berat tubuh atau menjaga berat badan.

Bagian tumbuhan ini yang sanggup digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat yaitu kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, sedangkan akar rambutan digunakan untuk mengatasi demam, dan bijinya digunakan untuk mengatasi kencing anggun (diabetes meletus).

Buah rambutan pada tanamantropis ini mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kandungan tannin dan saponin terdapat pada kepingan kulit buah dan daun. Sementara bijinya mengandung lemak dan polifnol. Kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

Khasiat Buah Rambutan, Kulit Dan Bijinya

Rambutan yang memerlukan iklim lembab untuk tumbuh ini, mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Kulit buah dari tumbuhan ini sanggup di gunakan sebagai penurun panas dan obat disentri. Daunnya sanggup menyembuhkan diare dan menghitamkan rambut. Sedangkan biji buah berguna menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik).

Resep Pengobatan Menggunakan Buah Rambutan, Biji Dan Kulitnya


Tuhan itu sudah mempersiapkan dan memperlihatkan yang terbaik untuk kita sebagai manusia, diantaranya yaitu membuat aneka macam buah-buahan yang enak, dan manis. Namun, tidak itu saja, buah-buahan tersebut diberi kelebihan, yaitu bermanfaat dan sanggup dijadikan sebagai obat. Nah, berikut ini beberapa manfaat buah rambutan dan resep pengobatan memakai tumbuhan rambutan :
  1. Disentri

    Kulit buah rambutan (10 buah ) di cuci, kemudian dipotong –potong seperlunya. Lalu ditambahkan 3 gelas minum air bersih, selanjutnya di rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah dingin, saring dan minum 2 kali sehari, masing-masing tiga per empat gelas .

  2. Demam

    Kulit rambutan yang sudah dikeringkan (15 gr) kemudian di cuci. Kemudian ditambah air besih 3 gelas, kemudian di rebus hingga mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing sepertiga kepingan .

  3. Perawatan Rambut

    Daun rambutan secukupnya di cuci, kemudian di tumbuk hingga halus. Sedikit air ditambahkan, sambil diaduk rata hingga menjai gabungan ibarat bubur. Lalu, diperas dan disaring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul di gunakan untuk membasahi kulit kepala. Hal ini dilakukan setiap hari hingga terlihat hasilnya.

  4. Sariawan

    Kulit kayu rambutan (3 rua jari) dicuci, kemudian direbus dengan 2 gelas air higienis hingga tersisa satu gelas. Kemudian digunakan untuk berkumur selagi hangat.

  5. Kencing manis

    Biji buah rambutan juga sanggup dimanfaatkan. Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, yang sanggup memenuhi kebutuhan tubuh dari gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurukan kadar gula dalam darah), sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis.

    Caranya yaitu sediakan 5 biji rambutan kemudian gongseng dan giling hingga menjadi bubuk. Masukkan seluruh debu ke dalam cangkir, seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum kepingan air yang bening sekaligus buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makam sebanyak 1-3 kali sehari, tergantung seberapa tinggi kadar gula dikala melaksanakan terapi ini. Konsumsi tiap hari jikalau perlu.
Itulah manfaat buah rambutan, biji dan daun sebagai pengobatan. Bagaimana dengan anda, sudahkah anda gunakan tumbuhan rambutan sebagai solusi pengobatan? Ok. Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan sanggup memperlihatkan manfaat untuk banyak orang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar