Skip to main content

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Setiap buah mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan, baik itu dijadikan sebagai obat ataupun untuk menambah stamina, diantaranya yaitu buah mengkudu. Disini kami akan membahas wacana manfaat buah mengkudu untuk kesehatan. 

Tahukah anda apa itu mengkudu? Buah mengkudu atau pohon mengkudu dikenal mulai dari daerah aceh, menyebar ke Sumatra utara, riau, jambi, Palembang, lampung, Sumbawa, pulau jawa sebagian daerah lainnya. 

Buah mengkudu juga dikenal dengan sebutan nama cangkudu, wengkudu, pace, lengkudu, pamarai, kudu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah mengkudu umumnya disebut sebagai magic plant atau pain killer tree lantaran mempunyai manfaat dan khasiat yang banyak untuk beberapa jenis penyakit.

Manfaat Dan Khasiat Buah Mengkudu


Selain kulit akarnya yang dipakai sebagai pewarna untuk menyamak kain, daun muda/pucuk batang juga dipakai untuk sayuran dan obat. Terutama buah tuanya yang sudah masak dipakai sebagai materi baku pembuat jus/sari buah, dengan manfaat sebagai obat yang mujarab.

Dari segi penelitian ilmiah, manfaat buah mengkudu bukan “placebo” atau bohong-bohongan. Serangkai penelitian yang dilakukan oleh banyak laboratoria dan forum penguruan tinggi populer di amerika serikat, pertanda keampuhan komponen berguna yang terdapat di dalam jus buah yang masak. 

Sejak awal tahun 1990-an, jus/sari buah mengkudu yang masak di manfaatkan untuk banyak jenis penyakit, diantaranya yaitu darah tinggi, asam urat tinggi, amandel, rheumatic, diare dan sebagainya.
Beberapa jenis senyawa berguna sebagai obat yang diketahui berada di dalam sari/jus buah mengkudu, antara lain antharaquinone (sebagai anti bakteri/atau anti jamur), terpenten (sebagai peremajan sel), dammacanthel (sebagai pencegah perkembangan sel kanker), xeroine, dan sebagainya hingga ke antioksidan (penetral radikal bebas).

Masalahnya bagi yang gres mengenal buah mengkudu masak yaitu basi busuk yang keluar, itu semua disebabkan oleh buah mengkudu mengandung sejumlah asam antara lain asam askorbat, asam koproat, dan asam kaprik yang menghasilakan basi busuk. Namun, buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan.
Kehadiran asam penghasil basi busuk bersahabat kaitanya dengan kehadiran senyawa yang berguna didalamnya. Kalau asam penyebab basi tidak ada, maka senyawa besar kemungkinan buah mengkudu tidak berguna sama sekali. 

Nah itulah manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Diartikel lain kami membahas wacana khasiat buah mengkudu lebih banyak lagi dan cara menghilangkan basi busuk pada buah mengkudu masak. Silahkan baca artikel berikut ini :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar