Skip to main content

15 Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan

Manfaat daun serai untuk kesehatan
Daun serai memang punya segudang manfaat, hal itu sudah bukan belakang layar lagi untuk masyarakat Indonesia. Keberadaan daun serai di memang sudah tak abnormal lagi di negara ini. Daun serai juga sering di gunakan menjadi salah satu bumbu untuk berbagai masakan khas Indonesia. Serai yang juga rempah dan termasuk dalam keluarga Poaceae. Serai memiliki nama ilmiah yaitu Cymbopogon citratus.


Tanaman ini berasal dari negara India cuilan selatan dan juga negara Sri Lanka. Tanaman serai sudah menjadi salah satu materi terkenal di negara Thailand, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia dan juga beberapa negara di benua Afrika dan Amerika untuk keperluan obat dan juga adonan kuliner..

Tanaman serai ini memang memiliki banyak manfaat,salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan, sudah tak  heran kalau flora ini sering di jadikan materi obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit. Beberapa manfaat yang di hasilkan oleh daun serai di antaranya :

1. Anti Kanker

Daun serai mengandung citral yaitu salah satu zat anti kanker yang sanggup membunuh sel kanker. Tapi tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Hal ini sanggup di lakukan dengan meminum air rebusan daun serai / air teh daun serai untuk membantu mengatasi kanker..

2. Diabetes

Meminum  teh serai juga bermanfaat untuk membantu membersihkan / detoksifikasi pankreas dan juga meningkatkan fungsi kerjanya, hal ini akan menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.

3. Anemia

Daun serai mengandung zat besi yang penting untuk sintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Daun serai sanggup membantu mengatasi segala jenis anemia, nah yang paling utama disebabkan dari kekurangan zat besi.

4. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur

Daun serai yang mengandung sifat anti-septik sanggup membantu menghilangkan mikro-organisme jahat yang ada didalam tubuh manusia. Bermanfaat untuk detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.

5. Anti Inflamasi dan Anti Septik

Daun serai yang di buat menjadi jus sanggup dipakai sebagai obat herbal yang penting untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang kanal kemih, lantaran memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-septik.

6. Sebagai Minyak Angin

Kandungan minyak atsiri di dalam daun serai sanggup membantu dalam melaksanakan tindakan balsamic yang sanggup dipakai dalam duduk kasus pada kanal pernapasan. Gejala flu dan demam hirau taacuh sanggup di atasi dengan memakai manfaat daun serai.

7. Detoksifikasi

Daun serai juga memiliki anti-oksidan, anti-septik dan imbas diuretik yang penting untuk dimasukkan dalam diet pada dikala detoksifikasi, lantaran membantu membersihkan juga memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas dan juga meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik yag di hasilkan sanggup membantu mengeluarkan racun secara efektif.

8.  Menurunkan Berat Badan

Meminum teh daun serai sanggup membantu mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Efek diuretik yang di hasilkan sanggup membantu melancarkan BAB dalam volume tinggi, sangat efektif dan cepat, untuk menurunkan berat badan.

9. Insomnia

Insomnia atau sulit tidur biasanya di sebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh. Proses pemurnian dan imbas menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

10. Mengurangi Kolesterol

Zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis yang terkandung di dalam daun serai sanggup membantu mengurangi absorpsi kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.

11. Tekanan Darah Tinggi

Daun serai mengandung potasium yang tinggi yang mendorong diuresis, proses ini membantu menurunkan dan mengatur tekanan darah. \

12. Gastritis atau Mulas

Meminum satu cangkir teh daun serai hangat  dapat membantu mengatasi mulas / gastritis / gangguan pencernaan lantaran kandungan zat asam berlebihan. Mengkonsumsi teh serai ini yaitu salah satu terapi untuk mengurangi kambuhnya perut mulas atau gastritis.

13. Sistem Saraf

Daun serai yang mengandung magnesium, fosfor dan folat yaitu nutrisi penting yang diharapkan untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf. Manfaat daun serai untuk meningkatkan konsentrasi, memori dan kemampuan otak untuk memproses informasi.

14. Tindakan Pemurnian

Efek memurnikan seluruh tubuh ini yaitu manfaat khas dari daun serai, yang sanggup membantu menghilangkan racun dari tubuh dengan meningkatkan pencucian usus besar.

15. Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang terkenal daun serai ini yaitu untuk kesehatan pencernaan, daun serai sanggup mengatur fungsi usus dan motilitas dengan sifat anti-mikroba yang dimilikinya. Zat ini bermanfaat untuk membunuh kuman jahat dan parasit, dan juga mengembalikan bakteri baik didalam usus, sehingga membantu mengatasi duduk kasus pencernaan menyerupai sembelit, diare, kembung usus, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram.

Nah itulah beberapa manfaat daun serai untuk kesehatan, bantu-membantu masih banyak lagi ihwal manfaat dari daun serai yang belum di ulas, mungkin di lain waktu. Semoga artikel ini sanggup memperlihatkan manfaat untuk para pembaca.
Terimakasih sudah berkunjung.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar